kewirausahaan, pendidikan, pernikahan, ibu hamil, teknologi informasi>

Jangan sampai bau ketiak mengganggu karirmu. Ini 5 tips supaya tetap wangi



bau ketiak

Siapa yang nyaman jika memiliki aroma tubuh yang kurang sedap?  Tentu saja tidak ada. Bau ketiak atau aroma tidak sedap dari tubuh kita bisa membuat orang tidak percaya diri. Merasa malu jika harus bertemu orang lain. Tentu ini sangat menganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi untuk anda yang sedang mengejar karir. Meniti karir harus didukung dengan rasa percaya diri yang kuat.

Nah, agar masalah bau ketiak tidak menganggu karir, ada baiknya anda memahami cara mengatasi bau ketiak. Sebelum itu, ada baiknya kita pahami dulu darimana bau ketiak/bau badan berasal.

Menurut situs klikdokter.com, bau badan dapat terjadi jika terdapat perpaduan antara bakteri pada kulit dengan keringat. Keringat bisa muncul dari kelenjar keringat saat tubuh berada dalam posisi kepanasan. Seperti yang kita ketahui bersama, semua bagian tubuh bisa menghasilkan keringat. Keringat merupakan cairan tubuh yang keluar melalui pori-pori kulit. Namun, keringat yang keluar melalui ketiak mengandung lebih banyak protein dan lemak. Jadi bisa menghasilkan aroma tubuh yang lebih kuat dibandingkan anggota tubuh lain.

Nah, jika sudah memahami sumber masalah dari bau ketiak, kita bisa memilih tindakan yang tepat untuk mengatasinya.

Cara Menghilangkan Bau Ketiak agar selalu wangi

Agar bisa beraktivitas tanpa kehilangan percaya diri, berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bau ketiak yang bisa Anda coba:

  1. Kebersihan tubuh yang paling utama

Tubuh yang bersih bisa mengontrol bau ketiak. Kuman dan bakteri tidak akan hinggap pada tubuh yang bersih. Bakteri dan kuman akan mati jika anda mandi dengan sabun. Mandilah setidaknya sehari dua kali agar pertumbuhan bakteri dalam tubuh anda bisa berkurang. Jika diperlukan, gunakan sabun khusus anti bakteri agar bisa menekan pertumbuhan bakteri.

  1. Gunakan deodoran

Pastikan anda mengeringkan badan setelah mandi. Setelah itu gunakan antiperspiran atau deodoran pada ketiak. Deodoran sangat efektif untuk menghabmat pertumbuhan bakteri. Deodoran berfungsi membuat kulit menjadi asam, sehingga pertumbuhan bakteri bisa ditekan.

  1. Pastikan mengenakan pakaian yang menyerap keringat.

Katun dan linen merupakan pakaian yang bisa menyerap keringat dengan baik. Dengan menggunakan pakaian ini, keringat bisa diserap sehingga tidak menjadi sarang pertumbuhan bakteri. Usahakan seseringmungkin mengganti pakaian anda jika pakaian anda basah oleh keringat. Bakteri dan kuman tidak mudah berkembang di kulit yang terjaga kering dan tidak lembab.

  1. Menjaga pola makan

Banyak makanan yang bisa mempengaruhi bau kete. Ada dua hal yan harus anda pahami mengenai makanan yang bisa menimbulkan bau badan, yakni makanan yang menambah bau badan dan makanan yang mengurangi bau badan.

Makanan yang mengakibatkan bau ketek

Makanan yang membuat bau ketek lebih menyengat adalah makanan yang pedas dan beraroma tajam, misalnya bawang, petai, jengkol atau kari. Makanan ini membuat bau badan lebih menyengat. Selain itu, alkohol juga mempengaruhi bau keringat.

Makanan yang mengurangi bau ketiak

Untuk mengurangi menghilangkan bau ketiak, anda bisa rutin mencoba makanan dibawah ini;

  • Sayuran hijau

Sayuran hijau sangat penting untuk meningkatkan asupan nutrisi. Dengan nutrisi yang cukup mampu mengurangi bau badan yang tidak sedap. Sayuran hijau yang bisa diandalkan untuk mengurangi bau badan tidak sedap antara laun bayam, selada air, kangkung dan lobak. Sayuran hijau sangat kaya akan klorofil. Klorofil sangat baik untuk kesehatan, salah satu manfaatnya mampu menetralkan senyawa yang mengakibatkan bau bada. Jika anda mengalami kekurangan sayuran hijau, bau badan bisa muncul.

  • Makanan tinggi serat

Jenis makanan yang memiliki kandungan serat tinggi misalnya kacang polong, lentil dan biji-bijian. Makanan ini juga sangat bagus untuk membantu mengurangi bau ketiak. Namun, apapun jenis makanan anda, pastikan asupan serat cukup agar pencernaan anda tetap sehat. Makanan yang kaya akan serat lebih mudah dicerna oleh tubuh. Nah, makanan yang lebih cepat dicerna lebih sedikit keluar melalui keringat.

  • Buah sitrus

Buah sitrus seperti jeruk dan lemon mengandung asam tinggi yang mampu mendorong aliran air ke seluruh tubuh. Proses ini dapat meminimalkan racun penyebab bau badan. Untuk mencegah bau badan, anda bisa minum air jeruk/air lemon setiap pagi.

  • Teh herbal, teh hitam dan teh hijau

The herbal mampu meningkatkan sistem kerja pencernaan menjadi lebih baik.

  • Cuka apel

Cuka apel dapat membantu menghilangkan bau ketek. Cuka apel juga sangat efektif untuk menghilangkan bau kaki, terutama jika digunakan sebagai obat luar. Cuka apel dapat membunuh bakteri karena mengandung asam asetat dan fenolat yang melimpah.

  • Parsley dan peppermint

Tak hanya membuat aroma tubuh menjadi lebih wangi, kombinasi parsley dan peppermint ampuh menghilangkan bau nafas tak sedap. Untuk melawan bau badan dengan memanfaatkan dua jenis dedaunan ini, Anda cukup mengapikasikan parsley dan peppermint pada makanan yang akan konsumsi.

  1. Mencukur bulu ketiak secara teratur

Tips yang terakhir, anda bisa mencukur bulu ketiak secara rutin. Bulu ketiak bisa menahan penguapan kering, sehingga ketiak menjadi lembab. Ketiak yang lembab menjadi sarang bakteri, mereka bisa berkembang biak dengan sangat cepat.

Demikian tadi berbagai tips supaya bau ketiak tidak lagi mengganggu karir anda. Jika cara tersebut belum efektif, konsultasikan dengan dokter agar mendapat perawatan.

 




Kuat Tanpa Sambat – Kang Jais (Official Video Music)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*