kewirausahaan, pendidikan, pernikahan, ibu hamil, teknologi informasi>

10 Cara Ampuh Meningkatkan Pengunjung Website



Kamu punya website dengan artikel banyak namun sepi pengunjung? Saya pernah mengalami, dan ini memang sangat menyedihkan. Perjuangan siang malam tapi hasilnya tidak memuaskan. Berbagai upaya untuk meningkatkan pengunjung website pastinya juga sudah dilakukan.

Lantas bagaimana solusinya?

Kuncinya, jangan enggan untuk berbenah agar website menjadi lebih baik.

Di artikel ini saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana cara meningkatkan pengunjung website. Website yang dulunya sepi, kini semakin hari semakin ramai dikunjungi, bahkan trafik cukup stabil.

meningkatkan trafik kunjungan website
Salah satu situs saya yang sempat terbengkalai, setelah dioptimasi kunjungan dapat meningkat.

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika akan meningkatkan pengunjung website. Hal yang paling penting adalah tentang cara berpikir kita, diantaranya :

  • Jika dulu berpikir “Seberapa banyak kata kunci yang harus dimasukkan dalam artikel?”, sekarang lebih banyaklah berpikir tentang “Apa yang benar-benar dibutuhkan pengguna situs saya?”
  • Jika dulu berpikir “Seberapa banyak backlink yang harus menaut ke situs saya?”, sekarang mulailah bertindak “Bagaimana untuk bisa memperbaiki kontent agar nyaman dan menyenangkan untuk dibaca?”
  • Jika dulu berpikir “Seberapa banyak kata yang harus ditulis dalam satu artikel?”, sekarang mulailah berpikir “Bagaimana supaya kualitas kontent situs saya lebih berkualitas dari situs lainnya?”

Konten, Konten, dan Konten..! Konten adalah raja.

Berilah pembacamu konten yang bermanfaat, unik, berharga, dan menarik. Jika kamu mampu memberikan konten yang menarik bagi para pembaca, tentu Google juga akan tertarik untuk memberi sumbangan trafik ke situsmu.

Sudah siap berubah menjadi lebih baik? Mari perbaiki website :

1. Koreksi dan Buatlah Konten Website agar Lebih Berguna

Konten yang komprehensif

Membuat kontent dengan tujuan utama agar berguna bagi manusia memang akan membutuhkan pemikiran yang lebih. Butuh data pendukung yang valid, butuh tata bahasa yang nyaman untuk dibaca, butuh strategi untuk bisa meyakinkan dan mempengaruhi pembaca agar mereka mau dan kecanduan membaca artikel di situsmu.

Lain halnya jika tujuan utama kamu hanya untuk mesin pencari atau tujuan utamanya hanya untuk mengumpulkan uang dari iklan. Copy-paste artikel, edit sana-sini, selesai. Dan ini akan menjadikan situs yang sangat buruk dalam memberi pengalaman bagi pembaca.

Jika itu yang sudah terjadi, segera perbaiki artikel di situsmu.

Buatlah daftar artikel yang bisa diperbaiki, setelah itu edit dan lengkapi dengan data-data pendukung sehingga pembaca benar-benar bisa mendapatkan manfaat dari artikel yang telah dibuat.

Jika semua artikel sudah diperbaiki, untuk selanjutnya tulislah artikel baru yang benar-benar bermanfaat.

2. Konten yang Komprehensif

Website mudah diakses

Konten website yang fokus dalam satu tema tertentu namun lengkap, meliputi seluruh aspek, dan menyeluruh, merupakan kunci sukses untuk membuat situs web yang hebat.

Jika pengguna terpenuhi kebutuhannya dan telah puas dengan tulisan-tulisan yang telah disajikan di website, tidak menutup kemungkinan mereka akan datang kembali ke situsmu, bahkan akan merekomendasikan ke orang lain.

Berhentilah memeriksa statistik saat membuka dashboard website, mulailah periksa halaman websitemu satu-persatu mana yang bisa dilengkapi, baik dengan menambah informasinya, foto, infografik maupun menambah tampilan video yang relevan dengan bahasan artikelnya.

Jangan enggan untuk membaca buku, surat kabar, maupun situs lainnya untuk bisa melengkapi data-data dalam artikelmu. Gunakan seluruh sumberdaya yang ada seoptimal mungkin.

Gunakan link artikel terkait yang relevan untuk memperkuat artikel utama. Link terkait ini selain dipandang baik oleh mesin pencari, juga sangat berpengaruh pada pembaca untuk ikut membaca artikel lain sehingga dapat  meningkatkan pengunjung website.

(Baca juga : Tips Menambahkan Gambar di WordPress Agar Optimal)

3. Konten Dapat Memecahkan Masalah Secara Efektif

Konten dapat memecahkan masalah secara efektif

Mesin pencari Google, menurut saya sendiri memang sengaja diciptakan untuk mereka yang sedang mencari solusi. Apapun permasalahannya.

Setiap orang di dunia ini memiliki masalahnya masing-masing. Dari sekian banyak masalah yang dihadapi manusia, tentu ada yang mengalami masalah yang sama, bahkan permasalahan tersebut bisa dikelompokkan. Mulai dari permasalahan yang sepele hingga masalah yang rumit.

Jangan bermimpi bisa mengatasi semua masalah semua orang. Cukup pilih salah satu tema masalah, kemudian bahas sampai tuntas. Mulai dari akar masalah, cara mengatasi masalah, hingga cara-cara untuk dapat terhindar dari masalah.

Contoh sederhananya, ada banyak orang yang memiliki masalah tentang keuangan keluarga. Dari satu tema tentang keuangan keluarga saja sebenarnya bisa ditulis menjadi sekian ribu artikel. Mulai dari peluang usaha, tips aneka investasi keluarga, mengelola keuangan, cara kerja sampingan, dan lain sebagainya.

Dari banyaknya permasalahan kehidupan yang ada, kamu bisa memilih salah satu tema yang paling menarik dan kamu kuasai. Jika kamu benar-benar menguasai materi yang akan dibahas, tentu akan lebih mudah mengurai dan memberi solusinya.

Satu contoh lagi, website yang kamu baca ini fokus pada mengatasi permasalahan yang terkait tentang pengelolaan situs dengan CMS WordPress.

4. Pilih Keyword dengan Pencarian Tinggi

Pilih keyword dengan pencarian tinggi

Google memiliki data yang falid tentang apa yang dicari setiap orang di dunia melalui mesin pencarinya. Melalui kata kunci (keyword) tertentu, seseorang mencari solusi atas permasalahannya. Dan kamu juga bisa tahu kata kunci apa yang paling populer.

Ada dua tool yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui keyword apa yang paling populer dan isu apa yang sedang menjadi trending topik.

Kamu bisa menggunakan :

  1. Keyword Planner
  2. Google Trends

Dengan kedua tool tersebut, kamu bisa memilih kata kunci secara tepat untuk bahan menulis di situsmu.

Jika situsmu dirancang untuk situs referensi akan lebih efektif menggunakan Keyword Planner. Namun jika situsmu dirancang menjadi situs berita, akan lebih baik menggunakan Google Trends.

5. Tampilan Website Lebih Sederhana

Tampilan website lebih sederhana
Contoh layout tampilan website

Yang dibutuhkan para pembaca saat menelusuri situs adalah informasi, baik yang berupa teks, gambar maupun video.

Susunlah semua informasi tersebut sesederhana mungkin sehingga tidak mengganggu fokus dalam membaca. Warna minimalis dan layout sederhana justru lebih banyak diminati oleh pengunjung website.

Desain web yang minimalis biasanya akan menonjolkan kontent yang disajikan, mengurangi elemen situs yang tidak perlu, dan lebih jelas.

6. Website Mudah Diakses

Memuat halaman lebih cepat

Buatlah website yang mudah diakses daripada web pesaing. Kemudahan akses ini terkait dengan navigasi yang ada di halaman situs.

Posisikan setiap kategori artikel di tempat yang mudah terlihat. Tampilkan iklan sewajarnya saja sehingga tidak mengganggu pembaca menikmati tulisanmu.

Memberi kemudahan akses bagi pembaca akan membuat peringkat situs web Anda lebih baik di mata mesin pencari.

7. Memuat Halaman Lebih Cepat

upayakan web dapat memuat halaman lebih cepat

Jangan sampai kehilangan pengunjung hanya gara-gara loading website kamu lemot. Wbsite lemot tak hanya karena faktor sinyal saja, namun ada banyak hal yang bisa mempengaruhi website jadi lambat.

Ada banyak hal yang biasanya menghambat kecepatan loading website, diantaranya :

  • Penggunaan gambar yang terlalu besar
  • Kualitas server ataupun hosting yang digunakan
  • Template website yang buruk
  • Akses overload karena terlalu banyak pengunjung
  • Terlalu banyak menggunakan plugin
  • Halaman Redirect
  • Kode HTML, CSS, dan Java Script yang tidak dioptimasi
  • Tidak menggunakan CDN
  • Chache tidak aktif
  • Web font
  • Dan lain-lain

Silahkan dicek dulu kecepatan loading websitemu dengan menggunakan PageSpeed Insights dan GTmetrix. Kedua tool ini bisa membantumu mengetahui kenapa websitemu lemot. Dari kedua situs tersebut juga akan diberikan beberapa solusi pemecahannya.

8. Fungsional untuk Beragam Perangkat ( Responsive)

meningkatkan pengunjung website harus fungsional untuk beragam perangkat

Semakin berkembangnya teknologi informasi saat ini, beragam perangkat telah diciptakan untuk bisa mengakses situs web. Mulai dari Personal Computer (PC), Laptop, Netbook, Tablet dan telepon cerdas.

Dari semua perangkat yang ada tersebut memiliki ukuran monitor yang beragam. Untuk itulah usahakan untuk membuat tampilan web yang responsive sehingga bisa diakses dengan baik oleh semua perangkat.

Untuk menguji website kamu responsif atau tidak, bisa dicek melalui beberapa situs ini :

Khusus untuk perangkat mobile, saat ini telah dikembangkan open source AMP  (Accelerated Mobile Pages) yang menjadikan website lebih baik dan cepat untuk perangkat seluler.

Dengan menggunakan AMP sangat memungkinkan untuk membuat situs yang memiliki performa tinggi, cepat, dan konsisten di berbagai perangkat dan platform distribusi.

Jika kamu memperbaiki situsmu agar dapat diakses dengan baik di semua perangkat, maka secara otomatis kamu sedang berupaya meningkatkan pengunjung website kamu.

9. Meningkatkan Pengunjung dengan Memanfaatkan Media Sosial

Meningkatkan pengunjung website dnegan berinteraksi di Media Sosial

Website dan media sosial bisa diibaratkan sebuah pasangan suami istri yang bisa saling melengkapi.

Melalui beragam media sosial yang ada saat ini, kamu bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan pengunjung di website andalanmu.

Cari follower sebanyak-banyaknya, berikan informasi yang bermanfaat melalui media sosial, tampilkan link artikel websitmu.

Jika melalui media sosial informasi yang kamu berikan berhasil menjadi viral, maka tidak lama lagi trafik organik dari mesin pencari akan ikut berdatangan. Dari situ Google akan menilai kalau konten dalam situsmu memang dibutuhkan oleh banyak orang.

10. Ikuti Pedoman Google webmaster

Meningkatkan pengunjung websit dengan google webmaster

Salah satu hal yang wajib kamu lakukan untuk meningkatkan pengunjung website adalah dengan mendaftarkan dan mengikuti semua pedoman Google Webmasters.

Google Webmaster Tools adalah seperangkat alat digital yang disediakan gratis oleh Google untuk membantu dalam memahami apa sebenarnya yang terjadi pada website. Dengan alat ini kamu bisa mengirimkan semua informasi tentang websitemu sehingga Google akan mengindex semua artikelmu dengan baik.

***

Silahkan dipraktekkan sekarang juga. Nikmati semua prosesnya…




Kuat Tanpa Sambat – Kang Jais (Official Video Music)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*