kewirausahaan, pendidikan, pernikahan, ibu hamil, teknologi informasi>

Cara Bikin Blog di Blogspot untuk Pemula. Lengkap

cara bikin blog yang mudah untuk pemula

Istilah blogging, atau ngeblog, sebenarnya sangat terkait dengan dunia literasi di jagat maya. Dulunya banyak orang bikin blog hanya untuk curhat, sharing pengalaman dan blog hanya berfungsi sebagai catatan pribadi saja. Seiring dengan mudahnya akses teknologi informasi, fungsi ngeblog saat ini sudah kian beragam. khususnya untuk mencari pundi-pundi dolar di internet. Tidak sedikit, blogger yang kini telah meraup keuntungan miliaran rupiah dari hasil tulisannya.

Cari uang di internet hanya bermodal kuota paketan, bukan hal yang mustahil dilakukan. Apalagi layanan platform blog gratis juga disediakan oleh para raksasa perusahaan IT yang ada saat ini. Sebut saja blogger.com milik mbah google. Meski barang gratisan, namun ternyata juga cukup ampuh sebagai sarana untuk mengais rejeki di dunia online.

1. Ingin Memulai Ngeblog? Ini yang Harus Dilakukan,

memulai ngeblog dengan mudah

Memulai ngeblog bagi sebagian orang memang terlihat susah, hal ini mungkin disebabkan ketidaktahuannya tentang bagaimana harus memulai, padahal untuk membuat blog sebenarnya sangat mudah.


Asal ada niat, semua kendala untuk ngeblog pasti bisa diatasi dengan baik. Saat ini fasilitas untuk bisa terkoneksi dengan jaringan internet sudah semakin mudah, bisa menggunakan komputer, laptop, bahkan hanya bermodal telepon genggam pun bisa memulai ngeblog.

Ada banyak cara dan gaya untuk bisa membuat blog. Untuk hasil yang optimal, beberapa langkah yang harus diperhatikan sebelum memulai ngeblog diantaranya adalah :

a. Menentukan tujuan blog

Segala sesuatu pada dasarnya tergantung niat, begitu pula jika ingin memulai ngeblog. Ada banyak tujuan seseorang membuat blog.

Sebagaimana kertas kosong, siaapun bisa memanfaatkan blog tersebut untuk berbagai tujuan.

Blog bisa digunakan untuk sekedar sarana curhat, bisa digunakan untuk sarana promosi produk, bisa untuk jualan, bisa untuk membuat propaganda dalam menyampaikan sesuatu pendapat, bisa dijadikan sebagai sarana berbagi ilmu pengetahuan, bahkan dengan blog bisa digunakan untuk mesin pencari uang di internet.

Menentukan tujuan ngeblog sedari awal memang sangat penting. Dengan kepastian tujuan inilah seorang blogger bisa menentukan arah tujuannya, yakin dengan keputusan yang diambil, sehingga bisa mencintai proses ngeblognya secara konsisten.

Tak dapat dipungkiri, Ngeblog memang akan membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan pikiran. Untuk itulah, tetapkan tujuan yang pasti saat memulai ngeblog.

b. Memilih topik yang akan dibahas dalam blog

Selain pilihan tujuan yang banyak, salah satu hal yang tidak kalah penting adalah menentukan topik bahasan yang akan ditulis di blog yang akan dibuat. Topik ngeblog ini sering disebut niche blog.

Ada banyak niche yang bisa dipilih jika ingin memulai ngeblog. Mulai tema-tema umum seperti berita, hingga pilihan tema lain yang sesuai dengan minat dan bakat yang dikuasai.

Menekuni hobi sambil menulis bisa menjadi pilihan menarik, begitu juga dengan pekerjaan yang selama ini ditekuni juga bisa ditulis di blog. Materi-materi bahasan yang dekat dengan kita, bisa menjadi modal besar untuk menulis.

c. Memilih platform yang ngeblog paling cocok

Setelah menentukan tujuan dan topik blog, langkah selanjutnya adalah dengan menentukan platform blog yang akan digunakan. Platform blog disini terkait dengan berbagai layanan yang dapat kita manfaatkan untuk ngeblog. Beberapa layanan ngeblog gratis yang tersedia saat ini diantaranya misalnya platform Blogger.com, WordPress.com, dan Tumblr.com.

Dari setiap platform gratis yang tersedia tersebut, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika Anda ingin ngeblog lebih serius, bisa juga menggunakan platform blog berbayar, yakni dengan menyewa hosting dan domain dari pihak ketiga.

d. Berani memulai ngeblog, berarti harus berani menulis

Membuat blog itu memang mudah, satu tantangan terbesar yang sering dihadapi oleh para blogger pemula adalah keberanian menulis secara konsisten.

Mulailah menulis artikel sesuai dengan kemampuan yang ada dulu. Buatlah target tulisan, misalnya sehari satu, seminggu satu atau sebulan seratus tulisan. Menulislah sesuatu yang sesuai dengan passion, tujuan dan topik blog yang telah tentukan.

Kemampuan menulis seseorang biasanya juga sangat tergantung dari kemampuan membacanya. Apa yang tercurah dalam tulisan biasanya merupakan segala pengalaman yang pernah masuk ke otak kita.

Untuk memperkuat tulisan yang ada, upayakan untuk banyak membaca, melihat, dan berbincang dengan orang lain. Bahan bacaan bisa bermacam-macam, bisa membaca buku, majalah, koran, maupun blog orang lain.

e. Pertimbangkan kemudahan navigasi dan tampilan blog

Kemudahan navigasi dan tampilan blog, juga menjadi faktor penting untuk memberi kenyamanan pada para pengunjung. Artikel-artikel yang telah ditulis upayakan untuk mudah dibaca, warna yang nyaman dimata, dan tata letak yang baik.

Buatlah kategori artikel berdasar kelompok tema. Hal ini berguna untuk mempermudah pengunjung untuk mencari artikel lain yang terkait. Untuk mendapatkan tampilan dan navigasi yang optimal, Anda bisa mengganti tamplate blog dan memasang widget.

***

2. Membuat email di Gmail.

Kebutuhan manusia untuk bisa berhubungan dengan orang lain saat ini bisa melalui beragam cara, salah satunya melalui email. Selain dapat digunakan sebagai alat untuk berkirim pesan, membuat email juga dapat digunakan untuk mendaftar berbagai akun media sosial seperti facebook, twitter, dan yang lainnya. Dengan email seseorang juga dapat menggunakannya untuk membuat website, melakukan transaksi online, sebagai alat verifikasi dan masih banyak lagi.

Banyak sekali situs yang menyediakan email gratis saat ini, yang paling populer misalnya situs Yahoo.com dan produk milik Google yang bernama Gmail. Untuk kali ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana untuk bisa mendaftar akun email di Gmail. Kenapa Gmail?? Karena bagi saya gmail memiliki banyak keuntungan, selain bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan yang sudah disebutkan diatas, menggunakan akun Gmail secara otomatis juga akan dapat memanfaatkan berbagai layananan produk Google lainnya seperti Google Plus, Youtube, Blogger, Google Awords dan juga Google Adsense yang dapat dijadikan sebagai mesin pencari uang di dunia maya.

Beberapa langkah untuk membuat email dengan akun Gmail diantaranya seperti di bawah ini :

a. Masuklah ke halaman Gmail dengan mengetik gmail.com di browser. Setelah masuk ke halam tersebut maka tampilannya akan seperti pada gambar di bawah ini.

halaman depan gmail

 

b. Pilihlah tombol warna merah dengan tulisan “Buat Akun” di sudut kanan atas halaman. Setelah itu akan muncul kotak-kotak isian yang harus diisi dengan lengkap.

mendaftar gmail

c. Isikan nama pada kolom paling atas. Untuk mendaftar akun email di Gmail saya sarankan menggunakan nama asli, baik untuk nama depan maupun belakangnya, hal ini penting jika suatu saat akun email ini akan digunakan untuk mendaftar Google Adsense.

d. Isi kolom “Pilih nama pengguna anda” dengan nama email yang akan digunakan. Nama ini kalau bisa mudah diingat, mudah dibaca, semakin pendek semakin baik, dapat berupa nama lembaga atau perusahaan, dan lebih baik lagi jika menggunakan nama asli. Menggunakan nama asli dalam akun email biasanya seseorang akan lebih dipercaya ketika melakukan berbagai transaksi online, selain itu seseorang akan lebih mudah untuk mengingatnya.

e. Buatlah kata sandi untuk email yang dibuat, usahakan kata sandi merupakan kata yang unik yang terdiri dari minimal 8 karakter. Agar tidak mudah dibajak oleh orang lain, gunakan campuran huruf, angka, dan simbol dalam sandi. Jangan menggunakan kata sandi yang mudah ditebak, misalnya nama anak, tanggal lahir dan informasi pribadi yang mudah dilacak lainnya. Setelah mendapatkan kata sandi yang cocok dan mudah diingat, kemudian konfirmasi ulang pada kolom berikutnya.

f. Isi kolom tanggal lahir yang sesuai dengan kartu identitas (KTP/SIM/dll), hal ini akan menjadi penting ketika suatu saat dibutuhkan untuk klaim akun jika terjadi sesuatu hal.

g. Pilihlah gender anda, laki-laki atau perempuan.

h. Isikan nomor ponsel anda untuk memperkuat kepemilikan akun, karena jika tidak diisi nantinya juga akan diminta lagi untuk konfirmasi kepemilikan akun melalui nomor ponsel.

i. Jika sudah punya akun email lainnya, isikan pada kolom “Alamat email Anda saat ini”, jika belum mempunyai email amak kosoongkan saja.

j. Ketik teks pada kolom sesuai dengan gambar yang ada diatasnya, pilih lokasi negara, kemudian beri tanda centang pada persyaratan layanan dan kebijakan privasi google, Klik Langkah berikutnya dan Anda akan masuk di halaman verifikasi dengan nomor ponsel yang anda masukkan

k. Pilih salah satu opsi pengiriman kode verifikasi, bisa melalui pesan SMS ataupun dengan panggilan suara. Untuk mempermudah pilih saja pesan teks (SMS) kemudian klik Lanjutkan.

l. Setelah anda masuk di halaman ini secara otomatis anda akan mendapatkan pesan di ponsel berupa kode angka. Isikan nomor verifikasi 6 digit tersebut pada kolom kotak yang ada. Klik lanjutkan, dan Anda akan ditawari untuk membuat Google+, yakni salah satu media sosial milik Google.

m. Unggah foto Anda dengan cara klik “tambah foto”,  kemudian klik “buat profil anda”. Jika langkah-langkah ini sudah dilakukan secara lengkap, Anda akan mendapat ucapan sambutan “selamat datang” dari Google.

n. Klik “lanjutkan ke Gmail” untuk masuk ke halaman depan email Gmail yang menjadi akun Anda saat ini.

Demikian mudahnya membuat email dengan akun gmail. Dengan membuat email di Google ini, teman-teman dapat menggunakan akun Gmail untuk membuat blog dan sekaligus memanfaatkan Google Plus sebagai media promosi produk Anda.

***

3. Menggunakan Akun Gmail Untuk Membuat Blog.

Memiliki akun email di Gmail memang memiliki banyak keuntungan, salah satunya misalnya bisa dimanfaatkan untuk membuat blog.  Ngeblog selain dapat digunakan sebagai media curhat, berbagi informasi, dan berjualan produk, blog juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk mencari penghasilan dengan mendaftar ke Google Adsense.

Apapun tujuannya dalam membuat blog, yang pasti Google telah memberikan layanan ini secara cuma-cuma alias GRATIS. Jika kawan-kawan ingin memanfaatkan layanan ini juga tidaklah terlalu rumit, cukup dengan mendaftar dengan akun gmail yang sudah dibuat, kawan-kawan semua dapat menulis apapun dengan leluasa.

Langsung saja, berikut ini langkah-langkah untuk membuat blog :

a. Masuklah ke akun blogger dengan alamat https://blogger.com, maka akan muncul penampakan halaman seperti di bawah ini.

halaman depan blogger

b. Setelah masuk di halaman yang seperti di atas maka pilih “Creat Your Blog”, kemudian  email berikut kata sandi. Kata sandi ini sama persis dengan sandi saat mendaftar email di Gmail. Jika kata sandi sudah yakin benar, klik tombol “masuk” dan teman-teman akan melihat tampilan gambar di bawah ini.

membuat judul blog

c. Di halaman ini akan muncul beberapa kolom dan menu, salah satunya yaitu menu “Buat Blog” yang letaknya sebelah kanan bawah, menu inilah yang harus dipilih untuk membuat blog baru.

d. Dalam membuat blog baru, langkah pertama kali yang harus disiapkan adalah nama blog yang unik yang akan digunakan sebagai judul blog. Judul blog yang baik adalah mudah diingat, penggunaan kata yang lebih pendek, dan keseusuaian judul blog dengan tema/kontent yang akan diangkat. Dalam menentukan tema semakin fokus pada satu permasalahan tertentu biasanya akan semakin baik.

e. Jika nama sudah ditentukan pastikan juga alamat blog belum digunakan oleh orang lain, karena jika nama tersebut sudah digunakan maka kita tidak bisa lagi menggunakan kata tersebut sebagai alamat blog kita.

f. Pilihlah template sesuai kebutuhan sebagai sebuah “wajah” yang akan tampil ketika akan dibaca oleh pengunjung. Mantabkan pada satu pilihan, karena dengan bergonta-ganti template blog akan berdampak buruk pada SEO (Search Engine Optimization).

g. Untuk melihat tampilan blog baru yang telah selesai dibuat silahkan klikk tombol “Lihat Blog” di bagian atas, maka tampilan akan sesuai dengan template yang dipilih.

Selamat, Anda punya blog baru…! Memang tidak sulit membuat blog, bagi sebagian besar blogger pemula kesulitan utama justru biasanya terletak pada intensitas untuk menulis. Semakin sering menulis tentu akan semakin banyakk pengunjung yang mampir di blog yang telah dibuat. Selamat menulis,

***

4. Cara Mudah Membuat Menu Di Blogger.

Setelah kita dapat menggunakan akun Gmail untuk membuat blog di Blogger, tampilan beranda biasanya terlihat kosong. Untuk itu perlu membuat menu agar para pengunjung bisa mendapatkan berbagai informasi yang mereka butuhkan di blog kita. Ada dua jenis menu yang bisa dibuat dalam blogger, yaitu menu yang berupa halaman statis dan menu halaman dinamis.

Menu halaman statis biasanya berisi halaman profil, halaman kontak, halaman Privacy Policy, halaman Disclaimer atau lainnya. Sedangkan menu untuk halaman dinamis biasanya terdiri dari arsip blog berdasarkan kategori atau label. Dalam menu halaman dinamis ini apabila kita melakukan update blog pada kategori atau label tertentu secara otomatis pada halaman kategori tersebut akan ikut ter-update.

a. Menu Halaman Statis

Untuk membuat menu halaman statis beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah :

1. Masuklah ke halaman blogger Anda, kemudian pilihlah menu “Tata letak”

menu tata letak blogger

2. Setelah masuk, Anda akan dibawa pada halaman pengaturan tata letak bloger. Disinilah Anda dapat dengan leluasa mengatur tampilan blog dengan menambahkan, menghapus, dan mengedit gadget blog hanya dengan meng-klik dan menyeret gadget yang sudah disediakan.

3. Pilihlah menu “Tambah Gadget” yang melintang di atas posting blog jika menu halaman statis ingin ditampilkan di atas postingan, atau bisa juga pilih menu di samping posting, atau dibawahnya, semua tergantung selera Anda.

4. Setelah itu akan muncul berbagai pilihan yang bisa dimasukkan ke dalam widget. Cari dan pilih ikon “Laman” untuk menampilkan daftar halaman mandiri di blog.

5. Lakukan konfigurasi daftar halaman yang akan ditampilkan di beranda depan blog dengan cara mencentangnya. Jika sudah kemudian tekan tombol “Simpan”

Konfigurasi daftar halaman

6. Menu halaman statis pada blog sudah selesai. maka tampilan menu di halaman beranda akan seperti di bawah ini.

b. Menu Halaman Dinamis

Untuk membuat menu dinamis pada blogger sebenarnya caranya hampir sama dengan cara di atas, perbedaanya hanya terletak pada proses mengganti ataupun melakukan penambahan link label saat konfigurasi halaman (poin 5). Adapun langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Siapkan dulu alamat URL label yang ingin ditampilkan. Untuk mendapatkan alamat URL tersebut, setidaknya Anda harus sudah membuat postingan terlebih dahulu dan memberikan label dalam artikel yang dibuat.

2. Alamat URL label pada blogspot biasanya memiliki struktur yang sama, untuk itu Anda bisa menggunakan alamat ini dengan mengganti nama blog dan label yang sudah diberi tanda warna biru. https://situsdesa.blogspot.com/search/label/ternak

3. Masuklah ke halaman konfigurasi laman (sama degan poin nomor 5 membuat menu statis), kemudian pilih “+Tambahkan tautan eksternal”.

4. Isikan nama menu dan alamat URL label pada kolom yang tersedia, kemudian simpan.

5, Simpan konfigurasi laman, maka menu dinamis sudah jadi. Jika langkah-langkah sudah dilakukann dengan benar maka penampakan halaman beranda blog akan seperti di bawah ini :

Tutorial membuat menu dinamis dan statis ini hanya merupakan teknis membuat menu saja, untuk masalah penempatan tata letak menu sangat tergantung pada selera masing-masing orang.

***

5. Membuat Dan Memasang Favicon di Blogger.

Membuat dan memasang favicon di Blogger ataupun situs web meski merupakan hal sepele namun penting dilakukan. Hal ini bisa dijadikan sebagai alat pembeda antara web satu dengan yang lainnya saat pengunjung membuka situs kita. Perbedaan tersebut akan tampak di bagian tab-tab pada browser yang digunakan.

Favicon sendiri merupakan singkatan dari Favorite Icon, pada dasarnya favicon merupakan sebuah identitas yang digunakan pada website. Identitas ini bisa berupa logo web, logo perusahaa, logo lembaga ataupun lainnya.

Faficon memiliki bentuk segi empat sama sisi yang biasanya berupa file yang berektensi .ico. Adapun ukuran favicon pada umumnya 16x16px, 32x32px, 64x64px, 128x128px dan lain-lain. Untuk membuatnya juga cukup mudah, jika gambar sudah ada tinggal merubahnya di situs iconmaker seperti di icoconvert.com, xiconeditor.com dan masih banyak lagi.

Ada banyak manfaat dengan membuat Favicon, selain bisa digunakan dalam web ataupun blog, favicon juga bisa dipakai untuk memberi tanda pada folder-folder di windows explorer komputer kita. Banyak orang memasang favicon di website mereka karena hal ini bisa menjadi satu cara untuk memperkuat brand image perusahaan ataupun lembaga melalui situs web yang dibuat. Jika web atau blog tersebut milik perseorangan, favicon ini bisa dijadikan sebagai alat untuk memperkuat citra web tersebut.

Membuat Favicon pada Blogger

Ketika kawan-kawan sudah memilki blog di bogger, memasang favicon cukuplah mudah, karena file yang dibutuhkan tidak harus berekstensi .ICO namun cukup menggunakan file JPEG ataupun PNG. Berikut langkah-langkahnya :

1. Siapkan gambar icon yang akan dipasang. File icon tersebut usahakan memiliki ukuran panjang dan lebar yang sama dan besarnya file gambar tidak lebih dari 100KB.

2. Masuklah ke Dasboard blogger.com dan pilihlah tata letak.

menu tata letak blogger

3. Anda akan masuk ke halaman tata letak, kemudian pilihlah menu “EDIT” di kotak favicon yang terletak di bagian kiri atas.

4. Pilih file ikon yang sudah disiapkan dan upload, kemudian simpan.

5. Langkah terakhir simpan setingan tata letak blog dengan menekan tombol “Simpan Setelan” di sebelah kanan atas dasboard.

Lihatlah hasil favicon yang telah diupload dengan mengunjungi halaman beranda blog ataupun di salah satu postingan.

***

6. Cara Memasang Logo Di Blog.

Memasang logo di blog ataupun situs web bisa menjadi satu cara untuk meningkatkan citra perusahaan dan juga website yang dibuat. Dengan logo inilah identitas web ataupun perusahaan akan dapat dibedakan dengan lainnya. Diferensiasi memang satu hal yang penting ditengah-tengah kuatnya persaingan yang ada saat ini, ya.. “Menjadi Beda” memang perlu dilakukan, dengan apapun caranya.

Logo merupakan sebuah identitas visual perusahaan, lembaga, organisasi, situs web atau apapun, yang dapat digunakan untuk program marketing dan branding. Biasanya logo dibuat sebagai penanda sekaligus simbol keunggulan dan kualitas (Baca juga : Membuat Logo Gratis dan Keren di Internet, Ini Situsnya).

Memasang logo di blog bukanlah sesuatu yang sulit jika kawan-kawan sudah mempunyai logo. Beberapa hal yang dapat dilakukan diantaraya adalah :

1. Siapkan gambar logo dalam bentuk file JPEG ataupun PNG dengan ukuran maksimal 100kb. Ukuran logo yang ideal untuk dipasang pada blog pada umumnya maksimal lebar 300px. Kalau saya sendiri biasanya menggunakan logo dengan ukuran lebar gambar 250px, besar file 20KB dan menggunakan file PNG. Salah satu alasan kenapa menggunakan file PNG adalah karena dengan file ini bisa meng-upload gambar logo dengan latar (background) yang transparan.

2. masuklah ke dasbor blogger dan pilihlah tombol “Tata Letak”

menu tata letak blogger

3. Pilihlah menu “Edit” pada halaman tata letak.

pilih edit pada header

4. Isilah Judul Blog, Deskripsi Blog dan Upload gambar logo yang telah disiapkan. Selain bisa mengupload gambar baru, Anda juga diberi pilihan untuk menambahkan gambar logo dari situs lain dengan memasukkan URL gambar logo.

memasang logo di blog

5. Pilih salah satu cara penempatan logo. Kalau saya biasanya memilih “Selain judul dan keterangan” karena saya hanya ingin menampilkan logo saja tanpa teks.

6. Klik simpan, dan jangan lupa dengan menekan tombol “Simpan Setelan” pada pojok kanan atas halaman tata letak. Lihat hasilnya, jika langkah-langkah diatas sudah dilakukan tentu logo bisa tampil di halaman depan blog.

tampilan logo di beranda trknya

Memasang logo di blog sudah selesai, namun masih ada satu pekerjaan lagi yang harus dilakukan yakni menyesuaikan backgroud blog dengan logo-nya agar terlihat serasi. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Silahkan masuk ke dasbor blogger dan pilih menu “Template”

pilihlah menu template

2. Pilih tombol “Sesuaikan”

pilih sesuaikan

3. jika sudah masuk di halaman Perancang Template Blogger, pilihlah menu “Tingkat Lanjut” yang berada di urutan paling bawah >> Pilih menu “Latar” >> Pilihlah warna pada “Latar Header”. Pemilihan warna yang baik adalah yang mampu menonjolkan warna logo agar jelas dilihat..

edit background di perancang template blog

4. Silahkan lihat ke beranda blog, warna latar belakang sudah sesuai dengan pilihan Anda.

***

7. Mengganti Template Blogger.

Mengubah tema blog ini secara otomatis juga akan mengubah semua tampilan halaman, baik warna, jenis font yang digunakan, struktur data, tampilan di beranda, halaman dalam postingan, dan lain sebagainya.

Untuk mengganti template pada blogger ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni dengan merubah template dasar yang sudah disediakan mesin blogger dan dengan menggunakan template eksternal yang dibuat dengan cara mengganti script HTML pada blog.

a. Merubah template dasar pada blogger

Mengganti template blogger dengan cara merubah template dasar bawaan blog memang lebih mudah dilakukan. Pihak blogger sudah menyediakan berbagai macam pilihan template yang bisa digunakan. Keuntungan mengganti dengan cara merubah template dasar ini adalah hampir semua template yang tersedia  merupakan template responsif, yaitu template yang kompatibel terhadap semua media penayangan, baik di dekstop komputer, tablet, android, hanphone dan lain-lain. Untuk merubah template dasar pada bloger berikut langkah-langkahnya :

1. Masuklah ke dasbor blogger dan  pilih menu “Template”

pilihlah menu template

2. Pilih menu “Sesuaikan” untuk merubah template dasar pada blog

pilih sesuaikan

3. Setelah Anda masuk pada halam ini, Anda akan diberi banyak pilihan untuk merubah tampilan blog yang dibuat. Menu-menu yang terdapat dalam kotak hitam bagian atas merupakan beberapa opsi yang bisa digunakan untuk mengantur tampilan blog, sedang dibagian bawah merupakan preview blog yang akan diatur.

halaman-sesuaikan-pada-blog

4. Aturlah perancangan blog tersebut sesuai dengan yang diinginkan. Mulai dari bentuk templatenya, latar belakang, kesesuaian lebar blog, tata letak dan setingan tingkat lanjut lainnya.

6. Jika pengaturan sudah sesuai dengan keinginan, maka simpan dengan cara menekan tombol “Terapkan ke Blog” yang terletak di sudut kanan atas.

b. Mengganti template dengan menggunakan template eksternal

Ada banyak sekali situs yang menyediakan template blogger dengan beragam bentuk visualnya, baik yang berbayar maupun yang disediakan secara cuma-cuma alias gratis. Untuk mencarinya juga cukup mudah, tinggal masukkan kata kunci “Template Blogger” di mesin pencari google,maka akan muncul banyak situs yang menyediakan template-template tersebut.

Template yang disediakan oleh berbagai situs tersebut biasanya pengunjung juga akan diberi banyak sekali pilihan. Masing-masing template biasanya juga diberi fasilitas tombol “Demo” ataupun tombol “Preview” untuk melihat kinerja template secara langsung. Jika Anda sudah cocok dengan templatenya silahkan Download saja. Untuk memasang di blog, begini caranya :

1.  Setelah kita mendownload template blog, biasanya file yang didownload tersebut masih dalam bentuk file kompresi yang berekstensi .zip, untuk itu extract dulu file tersebut di salah satu folder komputer Anda.

2. Masuklah ke halaman Template dan pilihlah menu “Edit HTML”

pilih menu edit html

3. Hapus semua script HTML pada halaman blog yang ada.

hapus semua script

4. Bukalah file theme yang sudah di-download, file ini biasanya berekstensi .xml dan bisa dibuka dengan notepad. Copy semua script HTML yang ada kemudian paste-kan pada pada halaman blog yang sebelumnya telah dihapus.

5. Tekan tombol “Simpan Template” pada bagian atas script untuk menyimpan perubahan template.

simpan template

Jika langkah-langkah diatas sudah dilakukan dengan benar, maka dalam mengganti template blog di blogger sudah selesai. Silahkan cek tampilan blog baru Anda sekarang.

***

8. Membuat Halaman Privacy Policy.

Privacy Policy atau yang sering disebut dengan Kebijakan Privasi merupakan salah satu halaman di sebuah situs web ataupun blog yang berisi dokumen untuk menjelaskan berbagai ketentuan yang dibuat oleh pemilik web untuk para pengunjung. Dalam halaman Privacy Policy tersebut biasanya juga berisi berbagai pernyataan terkait cara dan bagaimana pemilik situs mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan mengelola data pengunjung.

Membuat Privacy Policy memang sangat penting jika ingin menekuni dunia website khususnya yang terkait langsung dengan penyebaran informasi dan bisnis online ataupun internet marketing. Situs periklanan seperti Google Adsense-pun sangat membutuhkan privacy policy ini sebagai acuan bahwa web/blog yang dibuat tersebut benar-benar terjamin dan akan dikelola dengan baik sehingga dapat berkesinambungan.

Dengan membuat halaman Privacy Policy pemilik web juga membuka peluang untuk dapat berkomunikasi denngan visitornya terkait kontent web yang dibuatnya, siapa admin yang dapat dihubungi, melalui alamat email mana, dan hal-hal lainnya misalnya terkait penggunaan kokie dan iklan di web.

Untuk membuat halaman Privacy Policy di Blogger.com, kawan-kawan bisa membuat dengan langkah-langkah berikut :

1. Masuklah ke halaman blogger dan pilih “Laman”

2. Pilih “Laman Baru” pada menu yang tersedia.

3. Buatlah judul halaman Privacy Policy

4. Buatlah ketentuan-ketentuan yang ingin disampaikan kepada para pengunjung web/blog dalam halaman tersebut. Jika ingin membuat secara mudah berbagai kebijakan privasi yang secara umum terdapat di jagat maya, teman-teman dapat memanfaatkan situs penyedia Privacy Policy Generator di web privacypolicyonline.com.  

5. Isilah Kolom-kolom yang terdapat padda Privacy Policy generator tersebut sesuai dengan data-data web yang Anda miliki. Keterangan Kolom yang diminta adalah :

  • Your Site Title : Isilah dengan Judul Situs web/blog milik Anda
  • Your Site Url : Isilah alamat situs web/blog yang biasanya dimulai dengan Http maupun www.
  • Caontact Link : Merupakan alamat tautan berupa alamat email yang bisa dihubungi
  • Email Adress : Alamat email yang bisa dihubungi
  • Info Cookies : Pilih Yes atau No, kalau pengalaman saya biasanya pake Yes.
  • Info Advertiser on Your Site : Isikan pihak-pihak pengiklan yang melakukan kerjasama dengan situs Anda, silahkan centang pada checkbox yang tersedia. Kalau penulis sendiri hanya menggunakan Google Adsense dan Other

6. Pilih tombol “Generate Policy” jika teks privacy policy akan dipastekan ke halaman web kita, atau pilih Generate HTML jika ingin mengkopi teks dalam bentuk kode HTML. Kalau saya sendiri biasanya menggunakan pilihan kedua karena didalmnya sudah terdapat pengaturan-pengaturan seperti besar-kecilnya font, tanda miring, bold dan lain-lain.

7. Setelah kode HTML sudah didapatkan silahkan di copy, kembalilah ke halaman Blogger Anda, dan pilihlah mode halaman menjadi HTML. Kemudia kode html di-paste-kan dalam halaman blog.

8. Langkah terakhir klik tombol Publikasikan di sebelah kanan atas halaman blog Anda. Apabila langkah-;angkah tersebut sudah dilakukan maka saat ini Anda sudah mempunya halaman Privacy Policy di blogger.

Untuk melengkapi berbagai data-data website, selain halaman privacy policy juga masih diperlukan halaman lain yang tidak kalah penting untuk dibuat, yakni membuat halaman Disclaimer di blog, Halaman Kontak, Halaman Profil dan Daftar Isi situs atau yang sering dikenal dengan nama Sitemap.

***

9. Membuat Halaman Disclaimer.

Membuat halaman Disclaimer di blog ataupun website penting untuk dilakukan, hal ini sama pentingnya dengan  membuat halaman Privacy Policy yang dapat digunakan untuk memberikan aturan main antara pemilik web ataupun blog dengan para pengunjunganya.

Meski sama-sama berisi dokumen yang berisi aturan main, perbedaannya terletak pada fungsinya. Jika halaman Privacy Policy berisi dokumen berupa pernyataan yang mengungkapkan beberapa atau semua cara mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan mengelola data pengunjung, sedangkan Disclaimer berisi dokumen yang menjelaskan tentang persetujuan antara kita dan pengunjung saat mereka mengakses website atau blog kita.

Dalam membuat halaman Privacy Policy dan halaman Disclaimer akan lebih baik jika ketentuan-ketentuan didalamnya dibuat sendiri sesuai dengan kebutuhan. Meski demikian namun tak sedikit pula para blogger yang menggunakan jasa di beberapa situs yang dapat membuat kontent Disclaimer secara otomatis.

Untuk blogger pemula (seperti saya) menyusun halaman Privacy Policy dan Disclaimer memang masih menggunakan situs pembuat teks Disclaimer otomatis. Hal ini  saya lakukan karena point-point yang terdapat didalamnya sudah cukup mewakili akan kebutuhan aturan main di situs yang saya buat. Mungkin saja kelak jika situs ini sudah membutuhkan aturan main yang lebih lengkap maka halaman Privacy Policy dan  Disclaimer bisa dibuat lebih lengkap dan detil.

Membuat halaman Disclaimer secara otomatis memang mudah, beberpa langkah yang bisa dilakukan diantaranya adalah :

1. Kunjungi halaman situs https://www.easyriver.com/free_disclaimer.htm, maka akan muncul kotak-kotak isian seperti di bawah ini :

2. Isilah data situs Anda dalam kotak yang tersedia, data-data yang wajib Anda isikan diantaranya :

  • Site Name : yaitu nama situs yang akan diberi halaman Disclaimer
  • Company name : Beupa nama perusahaan ataupun lembaga yang mengelola situs
  • Country : Negara asal dimana situs tersebut dibuat
  • Email Adress : Alamat email situs ataupun pendaftar/pemilik situs.

3. Setelah semua sudah diisi dengan lengkap maka klik tombol “Make my disclaimer”, maka teks Disclaimer situs Anda sudah Jadi.

4. Silahkan baca dengan teliti, jika ada hal-hal yang perlu dirubah silahkan dirubah sendiri.

5. Copy halaman tersebut dan paste di halaman Disclaimer di situs Anda.

***

10.  Menulis artikel di blog.

Ada banyak fitur editor yang perlu dikenali dan dipahami para blogger pemula, hal ini penting agar dalam proses menulis bisa lebih mudah dan hasil optimal.

Berbagai fitur yang disediakan dalam halaman postingan blogspot, sebenarnya cukup sederhana dan mudah. Beberapa fitur tersebut berguna untuk menata artikel yang akan diposting, baik postingan yang berupa gambar, tulisan, maupun diagram.

Secara garis besar, fungsi dan kegunaan fitur-fitur editor yang ada di blogspot sebenarnya tidak jauh berbeda dari fitur-fitur yang terdapat pada microsoft office seperti halnya Ms. Word. Icon-iconnya juga hampir sama.

Langsung saja, Ini Cara Menulis Artikel di Blogspot,

Silahkan buka blog yang telah Anda buat di blogger.com, kemudian pilih tombol oranye “Entri Baru” di bagian atas.

mulai menulis di blogger

Setelah anda masuk di halaman artikel blogspot, Anda akan disuguhi berbagai fasilitas dan fitur-fitur untuk menulis. Adapun fungsi dan kegunaan fitur tersebut diantaranya :

Cara Menulis Artikel di Blog

1. Merupakan kolom judul entri baru pada blogspot. Di kolom ini tulislah judul artikel yang akan dibuat.

2. Menu Compose berfungsi menampilkan tulisan sesuai dengan aslinya, sedangkan menu HTML bisa dipilih jika ingin menampilkan kode HTML di artikel yang dibuat. Anda bisa mengedit tampilan artikel menggunakan kode HTML di kolom HTML ini.

3. Kelompok menu ini berfungsi untuk mengedit teks artikel yang akan di buat. Jika diurutkan dari kiri, fungsi menu-menu tersebut :

  • Font : yakni untuk memilih jenis huruf yang akan digunakan
  • Font Size : berfungsi untuk mengatur besar-kecilnya huruf dalam artikel
  • Format : untuk menampilkan format huruf seperti heading (H2), subheading (H3), dan minor heading (H4). Pemberian heading pada teks biasanya berfungsi seperti Bold, menegaskan bahwasanya kata tersebut merupakan sesuatu yang penting. Heading biasa digunakan untuk sub judul artikel.
  • Bold ( B ) : untuk mempertebal huruf pada postingan
  • Italic ( I: untuk membuat huruf miring, biasanya digunakan untuk istilah/bahasa asing dalam artikel.
  • Underline ( U ) : untuk memberikan garis bawah pada salah satu atau beberapa kata dalam artikel,
  • Strikethrough ( ABC ) : berfungsi untuk memberi garis horisontal pada tengah huruf, cara ini biasa digunakan apabila ada tulisan yang di update tanpa harus menghapus tulisan lama.
  • Text Color : Memberi warna pada teks artikel
  • Text Background Color : untuk memberikan latar belakang pada kata/huruf

4. Kelompok fitur nomor empat, merupakan fitur yang digunakan untuk media. Adapun fungsinya :

  • Link : untuk menambah dan mengurangi link internal maupun eksternal pada blog.
  • Insert Image : untuk menambahkan gambar pada postingan blog.
  • Insert a video : untuk menambahkan video ke halaman.
  • Emoticon : untuk menambahkan special characters.
  • Insert Jump Break : biasa digunakan untuk memotong postingan pada homepage blog.

5. Fitur-fitur ini berfungsi untuk mengatur format dan paragraf artikel yang dibuat;

  • Alignment : mengatur posisi rata kiri, rata tengah, dan rata kanan sebuah paragraf.
  • Numbered List : untuk memberikan nomor urut otomatis pada kelompok kalimat maupun paragraf.
  • Bullet List : berfungsi hampir sama dengan Numbered list, tapi bukan berupa angka, yakni dengan simbol.
  • Quote : biasa digunakan untuk membuat petikan kalimat, biasanya kalimat yang diberi quote ini akan lebih menjorok ke tengah.
  • Remove Formating : untuk membersihkan semua format yang ada dalam artikel blog.
  • Check Spelling : untuk mengecek tulisan yang salah ketik dan tak sesuai dengan bahasa baku.

6. “Setelan Entri” berfungsi untuk megatur postingan artikel yang akan tayang di blog. Beberapa pilihan fitur ini diantaranya adalah :

  • Label : Berfungsi untuk membuat kategori artikel pada blog. Satu artikel bisa diberi beberapa label, hal ini bisa berfungsi juga untuk mengklasifikasikan topik artikel.
  • Jadwal : Berfungsi untuk menjadwal terbit artikel.
  • Tautan Permanen : Digunakan untuk melampirkan Link pada artikel
  • Lokasi : Berfungsi untuk menentukan dimana lokasi anda saat membuat artikel tersebut.
  • Roda gigi (Pilihan) : terdapat beberapa pilihan untuk memoderasi komentar pembaca, mode tulis HTML dan Baris Baru.

7. Kelompok tombol ini berfungsi untuk menerbitkan, menyimpan, menguji/pratinjau dan menutup postingan.

  • Publikasikan : Berfungsi untuk menerbitkan artikel sekaligus menampilkannya di internet.
  • Simpan : Berfungsi untuk menyimpan artikel di draft. Tulisan yang disimpan di draft bisa dilanjutkan menulis di lain waktu.
  • Pratinjau : Berfungsi untuk melihat tampilan artikel di blog sebelum dipublikasikan.
  • Tutup : Berfungsi untuk menutup halaman “Post Editor”

***

11. SEO atau Search Engine Optimization di Blogspot.

Meningkatkan SEO Blogspot menjadi satu hal yang penting dan banyak dilakukan oleh para blogger untuk meningkatkan trafik kunjungan ke blognya.

SEO (Search Engine Optimization) adalah proses pengoptimalan jumlah pengunjung blog yang berasal dari lalu lintas organik atau hasil indeks halaman search engine (SERP). Semakin tinggi artikel yang berada di halaman utama SERP, maka biasanya akan semakin besar pula jumlah kunjungan ke blog.

Untuk mendapatkan SEO blogspot yang terbaik, sebagian besar blogger akan saling berebut untuk ada di halaman utama search engine. Maka tak heran banyak bloger yang juga jago dalam memodifikasi blogspot. Memang sampai detik ini layanan platform blogger bisa diutak-atik secara bebas, baik pada desain blog maupun performanya.

Berikut ini merupakan tips SEO blogspot yang bisa Anda coba. Meski menggunakan optimalisasi search engine dengan cara-cara natural, namun hasilnya lebih aman.

a. Template Blog SEO friendly.

Membuat SEO blogspot agar menjadi terbaik, salah satu jalan yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan template blogger yang sudah dirancang SEO Frienly.

Saat ini sudah banyak pengembang template blogger yang menyediakan kualitas terbaik, ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

Dari sekian banyak template yang beredar, biasanya akan masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahannya. Adakalanya sebuah template blogger memiliki tampilan yang menarik, namun jika ditilik dari segi SEO ternyata loadingnya lambat, artinya dari sisi SEO lemah. Untuk itu sebagai blogger harus jeli memilih.

b. Percepat loading blog

Salah satu template blogger yang baik secara SEO satu diantaranya adalah loading web ringan. Semakin ringan halaman diloading berarti semakin baik.

Cara terbaik untuk menguji sebuah halaman blogg ringan atau tidak, bisa dicek dengan menggunakan situs GTmetrix.com dan juga Google page speed. Dari kedua web inilah sebuah halaman situs bisa diketahui berbagai kelemahannya.

Halaman situs yang ringan akan mempermdah spider untuk meng-crawling dan mengumpulkan informasi data-data situs. Adapun beberapa hal yang dapat menghambat loading blog/website diantaranya adalah file javascript, CSS,  dan file gambar dengan ukuran besar.

c. Memberikan Meta tags pada blogspot

Meta tags merupakan serangkaian kalimat dalam bentuk kode html, dimana dengan meta tags tersebut mesin pencari akan mengindek sebuah halaman web. Beberapa meta tag yang paling banyak dibutuhkan untuk memperkuat SEO diantaranya adalah meta description (deskripsi blog/website) dan meta key (keyword artikel). Selain kedua meta tags tersebut juga akan lebih baik jika dilengkapi dengan meta author dan meta update.

d. Gunakan keyword pada judul blog

Memberikan keyword atau kata kunci yang diletakkan pada judul blog menjnadi salah satu cara meningkatkan SEO blogger agar mampu nangkring di halaman pertama mesin pencari. Selain pada judul keyword ini juga harus ada dalam alamat URL, paragraf pertama artikel, beberapa keyword di pertengahan artikel, dan juga di akhir paragraf terakhir artikel.

e. Letakkan judul posting di depan nama blog

Meletakkan judul postingan di depan nama blog bisa menjadi cara untuk mendukung optimasi SEO Blogspot. Secara default, template Blogger biasanya nama blog akan berada di depan judul posting, dan ini tidak begitu baik untuk kinerja SEO. Untuk mengecek, silahkan buka salah satu halaman artikel blog kemudian lihatlah bar pada browser.

Jika nama blog berada di bagian depan judul artikel, maka biasanya judul artikel bisa terpotong di mesin pencari. Hal ini sangat buruk untuk kenyamanan pembaca, pengunjung yang membaca judul di mesin pencari akan kesulitan memahami judul artikelnya.

f. Percepat peng-indeks-an search engine

Bagi blog-blog baru, biasanya google akan lebih lama untuk mengindek sebuah postingan. Salah satu cara untuk mempercepat proses pengindekan adalah dengan submit URL ke mesin pencari. Dengan cara ini, artikel yang telah ditulis akan diindek google dengan cepat, bahkan beberapa menit setelah di-submit.

g. Optimalkan Link building untuk seo Blogspot

Link building adalah proses mencari inbound link dari website lain ke web kita. Link di situs orang lain yang menuju ke halaman kita akan sangat membatu untuk mengoptimalkan SEO blogspot.

Ada banyak cara untuk membangun link, bisa dengan cara bertukar link dengan blog lain, bisa dengan mendaftarkan blog dan artikel di social bookmark, ataupun dengan cara berkomentar di blog orang lain (blogwalking).

Untuk melakukan link building, buatlah backlink yang berkualitas, yakni dengan berkomentar di blog-blog ber-pagerank tinggi. Perbanyak backlink yg mengarah ke blog/website, namun jangan nyepam kesana-kemari. Anda bisa membangun backling setidaknya 3-5 kali sehari. Keuntungan Link building ini selain bisa meningkatkan visitor blog juga akan menambah popularitas blog di mata mesin pencari.

***

12. Mendaftar di Google Webmaster.

Google Webmaster adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh Google untuk mengoptimalkan kinerja website maupun blog di mesin pencari Google. Jika Anda menginginkan blognya ingin cepat ke-index dan memantau kesehatan maupun perkembangan situs, alat ini wajib digunakan oleh blogger.

Memanfaatkan fasilitas Google Webmasters Tool untuk meningkatkan trafik di blog, memang butuh ketelitian dan perhatian yang cukup inten. Berbagai fitur disediakan google agar setiap halaman blog yang Anda miliki dapat terpantau dengan baik dan semakin ramah dengan mesin pencari.

Jika blog Anda ramah dengan mesin pencari, maka blog akan mudah terindex di mesin pencari, mudah nangkring di halaman pertama google, mudah mendapatkan pengunjung dan pada ujungnya akan dapat meningkatkan penghasilan Anda.

Google Webmaster Tool ini bisa digunakan oleh siapa saja yang memiliki website/blog. Baik blog yang gratis maupun yang berbayar, dan bisa digunakan untuk hampir semua platform blog, entah itu blogspot, wordpress, ataupu yang lainnya.

Setelah Anda membuat blog dan menulis artikel, segera saja daftarkan blog tersebut ke Google Webmaster Tool. Ini langkah-langkahnya :

a. Silahkan masuk ke situs Google Webmaster Tool dengan akun gmail Anda

mendaftar google webmaster

Jika Anda memang pengguna baru, maka harus memasukkan email dan password akun google Anda, Setelah itu akan dibawa masuk ke halaman Search Console Google.

b. Masukkan nama blog/website, kemudian klik “Add a Property”

memasukkan-blog-ke-google-webmaster halaman search console[/caption]

Setelah Anda memasukkan nama website yang didaftarkan, proses selanjutnya adalah memverifikasi kepemilikan website / blog Anda.

c. Verifikasi kepemilikan situs.

verifikasi situs di google webmaster Halaman verifikasi situs[/caption]

Untuk dapat memverifikasi kepemilikan situs, Anda disarankan untuk memasukkan kode HTML melalui beberapa pilihan cara.

Cara pertama yang disajikan oleh Google adalah dengan mendownload file HTML yang berisi kode verifikasi. Setelah didownload, Anda harus meng-upload-nya ke situs yang Anda miliki, kemudian klik tombol “Verify” yang terletak di bagian bawah.

Jika ingin mem-verifikasi dengan metode lain, silahkan masuk di bagian tab “Alternate methods”. Ada empat pilihan yang bisa Anda lakukan, yakni dengan menggunakan tag HTML, Domain name provider, Google Analytica, dan Google Tag Manager. Bagi Google, apabila Anda hanya memilih satu cara verifikasi saja sudah bisa berhasil, dan Anda bisa langsung memanfaatkan semua fasilitas Google WEbmaster Tool.

Jika Anda menggunakan platform blogspot, verifikasi bisa dilakukan dengan menggunakan tag HTML. Silahkan copy kode HTMLnya, kemudian paste ke halaman html template blog dibawah kode <head>. Setelah itu kembali ke webmaster dan klik “Verify”.

d. Mendaftarkan Peta Situs ke Google Webmaster

Setelah website sudah diverifikasi, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan peta situs, yakni kumpulan url yang berguna untuk memberi tahu Google dan mesin telusur lain tentang organisasi konten situs. Perayap web mesin telusur (Googlebot) akan membaca file ini untuk merayapi situs Anda.

Untuk mendaftarkan peta situs, masuklah ke halaman Dashboard >> Klik Nama situs >> Crawl >> Sitemaps.

menambah peta situs

Kemudian masukkan peta situs padakolom yang tersedia. Alamat peta situs biasanya dalam format .xml.

memasukkan peta situs

Jika Anda memiliki website berbayar, maka wajib hukumnya membuat peta situs tersebut. Caranya dengan memanfaatkan plugin atau dengan membuat peta situs dengan bantuan Sitemap Generator yang banyak beredar di internet.

Jika Anda adalah pengguna blogger, Anda cukup menambahkan kode “feeds/posts/default?max-results=400” di akhir nama blog Anda.

Setelah Anda mendaftarkan peta situs, silahkan pantau terus perkembangan situs Anda di Google Webmaster. Demikianlah langkah-langkah dan cara bikin blog bagi pemula, Semoga bermanfaat.

Baca juga :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*