kewirausahaan, pendidikan, pernikahan, ibu hamil, teknologi informasi>

Pilih SMA atau SMK? Jangan Pernah Ragu Menentukan Pilihan

memilih sekolah secara tepat butuh informasi dari koran

Buat Kamu yang saat ini masih bingung, bimbang dan ragu memutuskan pilihan akan masuk sekolah SMA atau SMK, terus saja membaca artikel ini hingga selesai, semoga dapat membantu dalam memutuskan pilihan hidup yang selama ini membuatmu gelisah dan menghantui tidurmu 🙂

Kok pilihan hidup? Iya, karena keputusanmu hari ini akan menentukan perjalanan nasibmu dikemudian hari. Apalagi hal ini menyangkut berbagai hal yang akan Kamu pelajari di sekolah nanti. Sekali salah dalam mengambil keputusan, biasanya akan berakibat fatal, kecewa itu pasti, tidak bersemangat belajar, sekolah hanya akan menjadi rutinitas yang membosankan. Prestasi? Jangan harap.

Pilih SMA atau SMK? Ini yang harus kamu lakukan :

1. Ketahui perbedaan SMA dan SMK

Sistem Belajar Mengajar SMA atau SMK
Kegiatan belajar-mengajar di lab bahasa/wikipedia

Hal pertama yang perlu Kamu lakukan untuk bisa memilih dengan tepat adalah dengan mengetahui perbedaan secara jelas apa yang akan Kamu pilih. Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki perbedaan yang cukup banyak, diantaranya adalah :

  • SMA memberikan kemampuan akademik, sedangkan di SMK Kamu akan mendapatkan keterampilan yang spesifik.
  • Sekolah di SMA lebih banyak belajar tentang teori, sedangkan di SMK lebih banyak belajar dengan praktek.
  • SMA dituntut untuk bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi (wajib), sedangkan lulusan SMK dirancang untuk siap kerja (untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan, lulus SMK bisa menempuh pendidikan lebih tinggi).
  • Pilihan jurusan disetiap SMA hampir sama, sedangkan di SMK pilihan lebih variatif.
  • Biaya SMA lebih murah dibandingkan SMK.
  • Peluang kerja lebih banyak lulusan SMK daripada lulusan SMA.

2. Lihat kemampuan dan cita-citamu

lihat bakat dan cita-citamu sebelum memlih SMA atau SMK
Lihat cita-citamu sebelum menentukan pilihan/pixabay.com

Setelah Kamu mengetahui perbedaan antara SMA dan SMK, maka tugas kamu selanjutnya adalah melihat bakat dan minat yang Kamu miliki. Bakat ini terkait dengan kemampuan yang ada pada dirimu. Tanya pada diri sendiri, potensi apa yang bisa dikembangkan. Jika kamu lebih suka mengembangkan hobi yang terkait dengan keterampilan maka SMK lebih tepat untuk dipilih, namun jika Kamu lebih suka mendalami ilmu-ilmu murni (misal IPA, IPS, Bahasa, dll) memilih SMA akan lebih baik.

Minat sama halnya dengan ketertarikan akan sesuatu hal, lebih besarnya lagi dia akan menjadi cita-cita. Apa yang menjadi cita-citamu, melalui sekolah yang kau pilih, Kamu akan dapat menggapainya. Misalnya, jika kamu ingin jadi ilmuwan, tentara, dokter, maka sekolah SMA lebih baik. Jika Kamu ingin segera bekerja mendapatkan uang, ingin menjadi pengusaha atau ahli dibidang keterampilan tertentu, SMK bisa menjadi pilihan terbaik.

Idealnya, bakat akan berhubungan dengan minat, sehingga akan lebih mudah memutuskan ingin melanjutkan sekolah dimana. Namun seringkali tidak semua orang yakin bakatnya akan sesuai dengan apa yang dicita-citakan. Misalnya saja, orang yang memiliki bakat menyanyi belum tentu tertarik jadi penyanyi, orang berbakat olah raga belum tentu tertarik untuk menjadi atlet, dan lain sebagainya. Hal-hal seperti inilah yang harus dibicarakan dengan orang lain.

3. Konsultasi dengan orang yang dipercaya

memilih sekolah Konsultasi dengan orang yang dipercaya
Bicaralah dengan orang yang dapat dipercaya/pixabay.com

Melihat kemampuan diri sendiri memang bukan perkara mudah, untuk itu perlu pertimbangan orang lain yang bisa dipercaya agar bisa menemukan bakat yang ada dalam diri sendiri. Berbicara tentang bakat, terkadang kita sendiri tidak tahu namun orang lain tahu, kadang kita tahu orang lain tidak tahu, yang paling bagus adalah kita tahu dengan bakat kita dan orang lain juga tahu.

Jangan enggan berbicara dengan orang lain tentang bakat yang kita miliki, tanyakan pada merka tentang berbagai potensi yang mungkin bisa kamu kembangkan. Tanyalah pada orang-orang yang dapat dipercaya, bisa tanya pada orang tua, curhat pada sahabat, maupun konsultasi pada guru.

4. Gali informasi, perbanyak referensi

memilih sekolah secara tepat butuh informasi dari koran
Banyak baca informasi untuk bisa memilih dengan tepat/pixabay.com

Untuk dapat memilih dengan tepat kemana harus melanjutkan sekolah, jangan hanya terpaku pada satu sumber informasi. Carilah berbagai informasi yang relevan dengan bakat maupun minat. Informasi tersebut bisa melalui buku, majalah, internet, atau menanyakan pada orang-orang yang lebih pengalaman.

Teknologi informasi saat ini semakin mudah untuk diakses, hampir semua sekolah saat ini memiliki website. Kunjungi situsnya, lihat fasilitas yang ada, berapa biayanya, dan lain sebagainya. Dengan informasi yang cukup, maka akan lebih mudah memilih dan menyesuaikan kemampuan yang ada.

5. Tentukan pilihan secara tepat

Tentukan pilihan sekolah secara tepat
Memilih sekolah secara tepat/flickr

Setelah mengetahui perbedaan SMA dan SMK, mengetahui bakat dan minat, sudah dikonsultasikan dengan orang-orang yang dapat dipercaya, dan sudah mendapatkan informasi tentang sekolah, maka langkah terakhir adalah dengan menentukan pilihan secara tepat.

Jangan ragu untuk memutuskan pilihan, karena apa yang Kamu pilih saat ini akan berdampak pada kehidupan dimasa yang akan datang. Sukses menentukan pilihan saat ini adalah sukses untuk masa depan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*