Membuat Poster Sebagai Media Promosi Film

oleh
real poster film

Banyak media promosi yang bisa digunakan untuk mengenalkan produk/jasa ke masyarakat, salah satunya adalah poster film.

Membuat poster sebagai media promosi saat ini masih populer, meski beberapa kalangan sudah menganggap poster sebagai media konvensional.

Setiap media promosi sejatinya memiliki kekuatannya masing-masing dalam mempengaruhi publik, tak terkecuali poster film.

Banyak informasi yang bisa disampaikan melalui media ini, informasi tersebut tidak hanya lewat tulisan,  tetapi juga lewat gambar maupun foto.

Dalam membuat poster sebagai media promosi film biasanya penggunaan kata-kata lebih singkat, padat, jelas dan mampu menarik perhatian publik, selain itu unsur visual berupa ilustrasi adegan film lebih dominan.

Pengertian poster dari Wikipedia bahasa Indonesia, Poster atau plakat adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar.

Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.

Poster bisa menjadi sarana iklan, pendidikan, propaganda, sosialisasi dan dekorasi.

Selain itu bisa pula berupa salinan karya seni terkenal.

Cat poster biasa juga disebut cat plakat karena meniliki sifat yang pekat, sifatnya datar cocok untuk menggambar dekoratif.

Tips  membuat poster untuk promosi film :

  1. Pokok utama penyampaian pesan atau informasi dari sebuah poster adalah dari tulisan dan gambar. Kombinasikan gambar dan tulisan dengan proporsional. Jangan terlalu banyak mengunakan  jenis font agar mudah dibaca dan gunakan gambar maupun foto yang unik untuk ilustrasi agar lebih dapat mencuri perhatian.
  2. Gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti dengan kalimat yang singkat, padat, jelas dan berisi agar pesan dapat tersampaikan dengan baik.
  3. Jangan terjebak penggunaan gambar yang terlalu banyak, pilihlah satu atau dua obyek gambar sebagai pusat perhatian yang mewakili tema cerita film.
  4. Jangan terlalu banyak menggunakan kombinasi warna, gunakan warna-warna yang selaras namun menonjol antar font dan gambar. Pemilihan kombinasi warna yang tidak tepat dapat terkesan ruwet dan semprawut.
  5. Saat membuat poster sebagai media promosi film, posisikan saat membuat sebagai orang umum yang akan dijadikan sebagai target penonton, tempatkan ego dan selera kita secara tepat saat membuat.
  6. Gunakan prinsip desain yang terdiri dari ; Keseimbangan (balancing), Alur baca (Movement), Penekanan (Emphasis), Kesatuan (Unity), dan Kesan (Specific Appeal)
  7. Gunakan bahan yang bagus, tidak mudak rusak atau sobek.
  8. Sesuaikan ukuran poster tersebut dengan tempat pemasangan dan target pembaca.

Poster film selain mempunyai fungsi sebagai media promosi juga bisa berfungsi sebagai identitas film, untuk itulah dalam membuat poster sebagai media promosi harus dipertimbangkan secara matang agar dapat berkomunikasi secara efektif, mampu menunjukan identitas yang kuat sekaligus bisa menjadi suatu bentuk karya seni.

Baca juga :

Contoh Poster Film :

angels demon

captain-america-poster

Membuat Poster Sebagai Media Promosi - The Raid

poster interstellar movie - namafilm

poster superman

sang-pemimpi

the-hobbit-desolation-of-smaug-12

thor-the-dark-world-international-poster

 

Tentang Penulis: Joko Narimo

Gambar Gravatar
Blogger kambuhan yang juga aktif mengelola perpustakaan Tumpi Readhouse, pernah sekolah seni dan desain, kadang menjadi pegiat fotografi dan film komunitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.