Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil tak hanya Mitos

oleh
manfaat air kelapa muda

Seperti kita ketahui bersama, air kelapa dapat menghilangkan dehidrasi dan sebagai obat alami lainnya. Tapi adakah manfaat air kelapa untuk ibu hamil?

Tentu saja ada, karena kelapa merupakan buahan yang multifungsi.

Air kelapa merupakan salah satu sumber bahan yang kaya akan elektrolitnya.

Air kelapa juga memiliki kandungan klorida, kalium dan magnesium yang tinggi. Sedangkan kandungan gula, natrium dan protein tidak lah terlalu tinggi.

Kalium dapat membantu dalam mengatur tekanan darah dan fungsi jantung. Air kelapa juga mengandung kalsium, serat dan vitamin C yang sudah kita tahu sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Minuman isotonik yang alami sama tingginya dengan elektrolit dalam tubuh, air kelapa membantu mengurangi dehidrasi dan kelelahan dengan mengisi kembali kandungan garam yang hilang dalam tubuh.

Penggunaan air kelapa biasanya digunakan negara-negara tropis sebagai larutan oralit untuk mengatasi serangan diare.

Air kelapa pada dasarnya tidak memiliki kandungan lemak dan kolesterol nol persen.

Anda dapat meminum minuman yang bergizi ini untuk memuaskan dahaga, bukan meminum minuman yang mengandung soda atau gula yang akan membuat anda kembali haus.

Air kelapa merupakan diuretik alami yang dapat meningkatkan aliran urin dan dapat juga mencegah datangnya infeksi saluran kemih (ISK).

Kandungan air Kelapa juga dapat membantu meringankan sembelit, meningkatkan fungsi usus dan meningkatkan kesehatan usus. Ini sangat direkomendasikan bagi yang sering mengalami asam lambung dan bisul.

Sembelit, pencernaan yang lambat dan perut mulas adalah masalah yang umum selama kehamilan. Air kelapa dapat membantu meringankan sampai batas tertentu.

Dengan manfaat yang begitu banyak maka tidak heran, air kelapa sangat disarankan untuk ibu hamil.

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Pada kenyataannya, air dari kelapa muda memang mengandung berbagai zat yang berbeda dari air yang terdapat pada buah lainnya.

Air kelapa muda  terbukti sangat bermanfaat bagi ibu yang sedang hamil. Zat yang terkandung di dalamnya secara tidak langsung akan menciptakan kesehatan bayi setelah lahir.

Hal ini memang banyak beredar di masyarakat meskipun belum ada penelitian yang menghubungkan air kelapa muda dan ibu hamil. Akan tetapi ternyata adanya kandungan zat di air kelapa muda, ini yang dapat membantu anda menjaga kesehatan selama kehamilan.

Adapun lima manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil adalah :

1.  Adanya Kandungan Elektrolit Alami

Air kelapa muda adalah cairan yang kaya akan kandungan kalsium, kalium, elektrolit, klorida, magnesium, riboflavin, dan juga sodium.

Sebagai isotonik alami yang kaya mineral dan memiliki elektrolit cair yang sama dengan kandungan cairan di dalam tubuh, tentu saja, air kelapa sangat berguna untuk menghindari dehidrasi dan sangat cepat untuk memulihkan stamina.

Ibu hamil membutuhkan lebih banyak air dibandingkan orang lain yang berada dalam keadaan normal.

Dehidrasi selama kehamilan akan menyebabkan masalah kesehatan diantaranya sakit kepala, edema, kram, bahkan dapat mengurangi kontraksi yang mengakibatkan persalinan prematur.

Elektrolit seperti kalium dan natrium dalam kelapa muda membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mencegah dehidrasi.

Selama kehamilan, tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup, dan kelapa muda dapat menjadi alternatif yang baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Kelapa muda dapat membantu meredakan gejala mual dan muntah yang umum terjadi pada ibu hamil. Elektrolit dalam kelapa muda membantu mengembalikan keseimbangan elektrolit dalam tubuh yang terganggu akibat mual dan muntah.

Kelapa muda juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin B-complex, serat, dan antioksidan. Nutrisi ini dapat mendukung kesehatan umum ibu hamil dan membantu memenuhi kebutuhan gizi selama kehamilan.

2.  Memiliki Diuretik alami

Kelapa muda memiliki sifat diuretik alami

Kelapa muda memiliki sifat diuretik alami yang dapat membantu meningkatkan produksi urine dan membantu menghilangkan kelebihan cairan dalam tubuh.

Pada beberapa kasus, kandungan diuretik alami dalam kelapa muda dapat memberikan beberapa manfaat bagi ibu hamil.

Air kelapa berfungsi sebagai diuretik alami yang steril. Air kelapa muda terbukti memperlancar proses pembuangan urin dan membantu membersihkan saluran kemih.

Hal ini tentu saja diyakini mengeluarkan zat racun  atau racun yang dihasilkan tubuh dan mencegah infeksi  pada saluran kemih yang umum terjadi pada ibu hamil.

Selama kehamilan, beberapa ibu hamil mungkin mengalami retensi cairan yang menyebabkan pembengkakan pada tangan, kaki, atau wajah.

Konsumsi kelapa muda dapat membantu mengurangi retensi cairan dengan meningkatkan produksi urine dan memfasilitasi proses pengeluaran cairan berlebih dari tubuh.

Pada beberapa kasus, ibu hamil dapat mengalami tekanan darah tinggi, seperti preeklampsia.

Kelapa muda memiliki kandungan elektrolit yang seimbang, seperti kalium dan natrium, yang dapat membantu menjaga keseimbangan tekanan darah dalam tubuh.

Efek diuretik kelapa muda juga dapat membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi pada ibu hamil, terutama pada bagian kaki, tangan, atau wajah.

Meskipun kelapa muda memiliki sifat diuretik alami yang bermanfaat, penting untuk tetap mengonsumsinya dengan bijak dan dalam batas yang wajar.

3.  Sebagia Anti Penyakit

Kelapa muda memiliki beberapa kandungan nutrisi

Kelapa muda memiliki beberapa kandungan nutrisi dan sifat yang dapat memberikan manfaat kesehatan, termasuk pada ibu hamil.

Meskipun tidak ada bukti langsung bahwa kelapa muda dapat secara khusus berfungsi sebagai anti-penyakit, konsumsi kelapa muda dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan yang dapat mendukung kesejahteraan ibu hamil.

Air kelapa muda mengandung senyawa asam laurat, sejenis asam yang dapat membantu melawan berbagai penyakit.

Asam laurat yang cukup melimpah dalam air kelapa sama dengan yang ditemukan dalam ASI.

Ini memiliki kesamaan karakteristik sebagai antijamur, antibakteri dan antivirus. Ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi dari virus berbahaya seperti herpes dan HIV, protozoa giardia lamblia bahkan dapat menghindari bakteri dan klamidia heliokobater.

Vitamin C yang terkandung dalam kelapa muda dapat berperan dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kekebalan tubuh yang baik sangat penting selama kehamilan untuk melindungi ibu dan janin dari penyakit dan infeksi.

4.  Membantu Pencernaan Selama Kehamilan

Air kelapa muda mengandung serat alami yang dapat membantu memperlancar gerakan usus dan mencegah sembelit.

Ini penting selama kehamilan, karena perubahan hormon dapat mempengaruhi pergerakan usus dan menyebabkan sembelit.

Khasiat air kelapa sudah terbukti meningkatkan fungsi pencernaan orang dewasa maupun anak-anak.

Air kelapa muda mengandung air alami yang tinggi dan elektrolit seperti kalium dan magnesium. Mengonsumsi air kelapa muda pada ibu hamil dapat membantu menjaga hidrasi tubuh yang optimal, yang penting untuk fungsi pencernaan yang sehat.

Selama kehamilan, plasenta akan menghasilkan jenis hormon yang disebut progesteron, yang dapat memperlambat lambung sehingga pencernaan kontraksi otot melambat. Dan air kelapa terbukti membantu meningkatkan kecepatan proses pencernaan.

Beberapa ibu hamil mungkin mengalami gejala seperti heartburn atau reflux asam lambung. Air kelapa muda memiliki sifat alkalin yang dapat membantu menetralkan keasaman lambung dan meredakan gejala tersebut.

Nutrisi yang terkandung dalam air kelapa muda dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Hal ini penting selama kehamilan untuk memastikan nutrisi yang optimal bagi ibu dan perkembangan janin.

Baca juga : Jangan Sampai Sikecil Tak Suka Air Putih

Tentang Penulis: Anna Subekti

Gambar Gravatar
Ibu rumah tangga yang suka berbagi cerita tentang kehidupan rumah tangganya, suka curhat tentang anak-anak, suami dan kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.