kewirausahaan, pendidikan, pernikahan, ibu hamil, teknologi informasi>

7 hal ini akan membantumu menghilangkan bau ketiak



Menghilangkan bau ketiak

Bau ketiak seringkali membuat kita jadi salah tingkah dan akhirnya kurang percaya diri. Apalagi ketika kita sedang menghadiri acara khusus atau sedang kencan dengan gebetan. Daripada bingung terjebak di situasi seperti itu, simak dulu yuk cara menghilangkan bau ketiak supaya kamu bisa lebih pede dalam menjalani aktivitasmu!

Menurut para ahli, pria berpotensi lebih besar mengalami bau ketiak tak sedap atau bromhidrosis dibandingkan wanita. Faktor penyebab terjadinya bau pada ketiak ini juga sangat beragam, mulai dari aktivitas yang dilakukan, jumlah produksi hormon berlebih pada tubuh, dan lain-lain.

Tapi, jangan karena hal diatas tadi lalu kamu jadi bersikap masa bodoh pada bau badanmu ya, percayalah itu tidak keren!

Jadi, langsung aja kita bahas faktor-faktor apa saja yang membuat bau ketiak muncul dan cara menghilangkan bau di ketiakmu supaya bisa tampil keren seharian!

1. Kelebihan Kelenjar Apokrin

Kelenjar apokrin ini adalah kelenjar yang bertanggung jawab atas aroma unik yang dimiliki tiap orang, termasuk bau ketiakmu.

Hasil sekresi hormon setiap orang berbeda-beda dan itulah yang menyebabkan aroma tubuh setiap orang pun juga berbeda-beda.

Faktor yang mempengaruhi sekresi hormon diatas antara lain, Jenis kelamin, usia, makanan yang dikonsumsi, kualitas kesehatan, serta gaya hidup.

Pola hidup yang tidak sehat dan jenis makanan dengan aroma yang kuat bisa jadi salah satu pemicu bau tak sedap muncul ditubuhmu. Hati-hati ya…

2. Aktivitas yang berlebihan

Aktivitas yang berat dan berlebihan tentu memicu produksi keringat yang berlebihan atau hiperhidrosis. Jika keringat berlebih dibiarkan begitu saja, akan mempercepat pertumbuhan bakteri yang akhirnya menyebabkan bau ketiak tak sedap.

Maka dari itu kita harus rajin dalam merawat diri supaya terhindar dari bau ketiak.

3. Pakaian ketat atau terbuat dari bahan tertentu

Ketika cuaca panas, menggunakan pakaian dari bahan fleece, wol, corduroy, dan flanel akan membuatmu gerah dan berkeringat secara berlebihan. Hal tadi tentu saja menyebabkan bau ketiak muncul karena faktor nomor 2 yang sudah dijelaskan tadi.

Sama halnya dengan pakaian ketat, jenis pakaian ini menyebabkan kulit susah untuk bernapas dan membuatnya berkeringat yang menyebabkan bau.

4. Kurang tepat dalam merawat dan menjaga kebersihan ketiak

Terkadang kita terlalu malas untuk mencukur bulu disekitar ketiak karena berpikir “orang-orang tidak akan melihat ini”.

Tapi taukah kamu kalau bulu ketiak adalah salah satu dari beberapa faktor pemicu bau tak sedap di ketiakmu?

Hal ini disebabkan karena Kotoran dan keringat dari aktivitasmu seharian terperangkap diantara lipatan-lipatan ketiak dan tentu saja bulu disekitarnya. Hal itu membuat mikroorganisme rentan berkembang biak di ketiakmu dan menyebabkan bau.

Menggunakan deodorant, mencukur bulu ketiak atau membersihkan daerah sekitar ketiak setiap hari dapat menghilangkan bau ketiak tak sedap dan menjaganya tetap bersih dari bakteri serta mikro-organisme lain.

5. Tidak membersihkan pakaian dengan benar

Pakain yang kotor atau lembab dapat menyebabkan aroma tak sedap pada tubuh.

Oleh sebab itu kamu harus memperhatikan apa yang kamu pakai ya apalagi saat musim hujan…

Kenapa begitu? Karena pakaian yang kurang bersih dan tidak kering adalah tempat terbaik bagi bakteri untuk tumbuh. Tau kan apa yang terjadi kalau ada bakteri yang berkembang biak ditubuhmu? Yap, selain menyebabkan penyakit bakteri juga menyebabkan bau tak sedap muncul.

6. Hot flashes

Pernah merasakan sensasi panas disekitar wajah, leher, dan dada saat sedang stress? Nah kondisi inilah yang disebut Hot Flashes.

Hot Flashes biasanya memicu produksi keringat yang berlebihan apalagi oleh wanita yang mengalami menopause.

Supaya terhindar dari Hot Flashes hindari makanan dengan gizi yang tidak seimbang seperti fast food dan usahakan untuk tidak stress berkepanjangan.

Baca juga : 10 Cara Membantu Anak Menangani Stres di Sekolah

7. Obesitas atau berat badan berlebih

Berat badan berlebih atau dikenal dengan istilah obesitas disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat atau konsumsi makanan tinggi lemak berlebihan.

Orang dengan kondisi ini memiliki lipatan lemak dalam jumlah yang banyak. Hal itu membuat tubuh rentan berkeringat dan jadi tempat bersarangnya bakteri penyebab bau ketiak tak sedap.

Setelah mengetahui 7 penyebab terjadinya bau ketiak menyengat dan bagaimana cara mencegahnya, semoga kamu jadi makin Pede dan nggak minder untuk melakukan yang terbaik dihari ini ya! Semangat terus!




Indonesia Kuat – Kang Jais (Official Video Music)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*