Logo Google, Mesin Pencari Terpopuler

logo google yang dilekatkan-pada-latar-belakan-ruang-resepsionis

Untuk saat ini hampir semua orang yang sudah mengenal dunia internet tentu akan sangat akrab dengan mesin pencari google yang dikelola oleh Google Inc., sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang khusus melayani beragam jasa dan produk Internet.

Sebagai sebuah perusahaan raksasa yang hampir menguasai semua lini jagat maya, tentu ada banyak hal yang bisa kita pelajari darinya, salah satunya adalah tentang logonya.

Logo google pertama kali diciptakan tahun 1998 lalu oleh Sergey Brin, ilmuwan komputer dan internet yang merintis Google bersama dengan Larry Page, orang yang saat ini masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia. Pada awal pembuatannya Sergey Brin menggunakan program desain grafis GIMB, sebuah open source yang dapat digunakan untuk retouching gambar dan editing image.

Logo Google dibuat saat menjelang akhir sebelum produk mesin pencari tersebut diluncurkan. Pada awal-awal peluncurannya, pada logo terdapat sebuah kalimat Google does not do horoscopes, financial advice or chat, namun karena berbagai pertimbangan, kalimat yang panjang tersebut kemudian dihilangkan dan hanya menggunakan kata Google.

Logo yang sering kita lihat saat ini merupakan hasil pengembangan dari seorang perempuan cantik bernama Ruth Kedar, ia bukanlah karyawan ataupun orang dalam Google, namun seorang perancang grafis sekaligus guru desain di Stanford University.

ruth kedar - desainer logo google
Ruth Kedar – Desainer logo Google

Sejak pertama logo diciptakan, logo Google telah mengalami beberapa kali perubahan, meski tidak begitu signifikan. Disetiap perubahan yang terjadi secara visual hampir sama, tetap menggunakan merek dagang yang sama serta huruf berwarna-warni tanpa menambahkan atribut apapun.

Hingga saat ini logo Google menggunakan font Catull, salah satu jenis huruf serif gaya lama yang dirancang oleh Gustav Jaeger untuk Berthold Type Foundry pada tahun 1982. Karakter dari huruf ini adalah menyatukan elemen tradisional dengan serif dan tak meninggalkan elemen modern dengan beberapa lengkungannya. Hal ini sesuai dengan prinsip pencarian oleh search engine Google yang mana mesin pencari tersebut digunakan untuk mencari informasi di masa kini dan masa lampau.

Desain logo Google dari masa-kemasa
Desain logo Google dari masa-kemasa

Selain logo utama yang dapat kita temukan sehari-hari, Google juga selalu merilis berbagai bentuk logo untuk dimunculkan selama 24 jam dalam mesin pencarinya. Bentuk-bentuk logo tersebut bukan hanya berupa gambar diam, namun juga berupa gambar-gambar animasi yang berbentuk lucu dan unik. Untuk dapat melihat aneka macam logo-logo versi lain ini silahkan kunjungi www.google.com/doodles.

Logo-logo lucu ini sering disebut Google Doodle yang dapat diartikan sebagai kegiatan mencorat-coret atau menggambar tanpa tujuan. Logo-logo ini biasanya akan muncul dalam waktu-waktu tertentu, seperti perayaan hari besar ataupun hari lahirnya tokoh-tokoh tertentu di dunia. Mungkin saja sudah ribuan logo doodle diciptakan Tim Doodler untuk halaman google di seluruh dunia sejak 1998 lalu.

Baca juga : Membuat Logo Untuk Brand Perusahaan, Ini Caranya



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*