6 Sumber Daya Penting yang Harus Dioptimalkan dalam Usaha

Sumber Daya Penting yang Harus Dioptimalkan

Dalam dunia wirausaha, mengelola sumber daya dengan baik adalah salah satu faktor kunci untuk mencapai kesuksesan dan pertumbuhan bisnis. Dengan mengelola sumber daya secara efektif, hal ini akan dapat membantu mengoptimalkan kinerja operasional, memperkuat keunggulan kompetitif, dan mencapai hasil yang memuaskan. Terdapat kerangka yang terkenal dengan nama “6M” untuk menggambarkan sumber daya penting dalam sebuah … Baca Selengkapnya

Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Perusahaan

manajemen Sumber Daya Manusia dalam perusahaan

Perusahaan menciptakan produk untuk menusia, mesin-mesin dibuat oleh manusia, produk dibuat oleh manusia, dan dikelola oleh manusia. Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor utama yang menggerakkan perusahaan. Sebagai salah satu faktor strategis dalam perusahaan, peran Manajemen Sumber Daya Manusia dapat menentukan maju tidaknya dan hidup matinya sebuah perusahaan. Ada banyak ahli yang telah mendefinisikan tentang … Baca Selengkapnya

7 Macam Manajemen Usaha Yang Perlu Anda Tahu

Prinsip-manajemen-disiplin-menjadi-kunci

Manajemen usaha merupakan salah satu upaya mengatur segala hal dalam menjalankan usaha sehingga dapat mencapai tujuan-tujuan yang diharapkan. Proses pengaturan usaha memang penting agar roda usaha dapat berjalan dengan lancar dan mampu mencapai target-target yang telah direncanakan. Dengan menjalankan manajemen usaha yang baik, tentu dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan dalam sebuah usaha. Berbagai ilmu manajemen … Baca Selengkapnya

Inilah Tugas Manajer Keuangan Dalam Perusahaan

Manajer-Keuangan-Dalam-Perusahaan

Seorang yang memiliki jabatan manajer keuangan dalam perusahaan tentu memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak jauh berbeda dengan manajer-manajer lainnya. Perbedaanya hanya terletak pada hal yang ditangani, yakni masalah manajemen keuangan. Seperti yang dirumuskan oleh George R. Terry, fungsi manajemen terdiri dari Planning, Organizing, Actuating, Controlling (POAC). Bagi manajer keuangan tentu juga memiliki tugas-tugas untuk membuat … Baca Selengkapnya

Tugas HRD (Human Resource Development) Dalam Perusahaan

software HRD lengkap

HRD (Human Resource Development) merupakan salah satu jabatan yang memiliki posisi penting dalam perusahaan. Ia berhubungan langsung dengan sumber daya manusia bagi perusahaan. Seorang HRD biasanya akan mendapatkan otoritas tinggi di manajerial perusahaan untuk mengambil kebijakan karyawannya. HRD atau yang sering disebut bagian pengembangan sumber daya manusia, kadang juga di sebut bagian Personalia, ataupun kepegawaian. … Baca Selengkapnya