Pengembangan Diri

Tugas HRD (Human Resource Development) Dalam Perusahaan

software HRD lengkap

HRD (Human Resource Development) merupakan salah satu jabatan yang memiliki posisi penting dalam perusahaan. Ia berhubungan langsung dengan sumber daya manusia bagi perusahaan.

Seorang HRD biasanya akan mendapatkan otoritas tinggi di manajerial perusahaan untuk mengambil kebijakan karyawannya.

HRD atau yang sering disebut bagian pengembangan sumber daya manusia, kadang juga di sebut bagian Personalia, ataupun kepegawaian.

Adapun tugasnya adalah memetakan dan menyaring sumber daya manusia (SDM) dalam suatu perusahaan.

Selain itu ia bertugas melakukan pengelolaan dan pengambangan SDM yang ada dalam perusahaan tersebut.

SDM adalah aset perusahaan.

Merekalah yang menggerakkan perusahaan sehingga dapat berjalan dengan baik.

SDM yang dimaksud bisa mulai dari pegawai bagian produksi, distribusi, pemasaran, manajerial dan lain sebagainya.

Semakin baik SDM yang ada di perusahaan tentu akan semakin baik pula kinerja perusahaan.

Dari situlah, HRD menjadi salah satu bagian penting di setiap perusahaan.

Mengelola sumber daya manusia menjadi salah satu tugas HRD
Mengelola sumber daya manusia menjadi salah satu tugas HRD (ilustrasi) /cc/Jason Tamez

Secara rinci, tanggung jawab dan tugas HRD dalam perusahaan adalah sebagai berikut :

1. Mengelola dan mengembangkan SDM

HRD memiliki tanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) dalam perusahaan.

Beberapa hal yang dilakukannya diantaranya proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan sumber daya manusia serta pengembangan kualitas sumber daya manusia dalam perusahaan.

Bahkan bagi seorang HRD ia juga bertangggung jawab pada hal-hal yang berhubungan dengan absensi karyawan, perhitungan gaji, bonus dan tunjangan.

Baja juga : Fungsi Manajemen Dalam Menjalankan Usaha

2. Membuat sitem Human Resource

Membuat berbagai sistem Human Resource dalam perusahaan sehingga seluruh sumber daya dalam perusahaan mampu bekerja secara efektif dan efisien.

Hal ini dapat dilakukan dengan membuat SOP (Standard operating procedure), pembagian job description, berbagai workshop dan training, pengembangan sistem perusahaan, dan lain sebagainya.

3. Rekrutmen, promosi dan transfering karyawan

Sebagai bagian personalia, salah satu tugas HRD adalah bertanggung jawab penuh dalam proses rekrutmen karyawan dalam perusahaan.

Proses ini mulai dari mencari calon karyawan, melakukan wawancara kerja hingga seleksi karyawan perusahaan.

Jika dianggap perlu, seorang HRD juga bisa melakukan promosi, transfering dan demosi pada karyawan.

Membuat kontrak kerja karyawan serta memperbaharui masa berlakunya kontrak kerja juga menjadi salah satu tanggung jawab HRD.

4. Pembinaan SDM

Melakukan kegiatan pembinaan, pelatihan dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan kemampuan, potensi, mental, keterampilan dan pengetahuan karyawan yang sesuai dengan standar perusahaan.

Baca juga : 14 Prinsip Manajemen Menurut Henry Fayol (1925)

Sebagai salah satu orang yang bertanggung jawab penuh terhadap sumber daya manusia di perusahaan, HRD juga mempunyai tugas untuk melakukan tindakan disipliner pada karyawan yang melanggar peraturan atau kebijakan perusahaan.

Baca Juga : Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Perusahaan


Warning: Attempt to read property "term_id" on bool in /home/tumz2839/public_html/wp-content/themes/flex-mag/functions.php on line 999
1 Comment

1 Comment

  1. HRD Training Indonesia

    3 Juli 2017 at 09:13

    Menarik sekali artikelnya …

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top