kewirausahaan, pendidikan, pernikahan, ibu hamil, teknologi informasi>

Tips Membeli Domain dan Hosting untuk Website Perusahaan

membeli-domain-hosting-membuat-website-perusahaan

Di era teknologi informasi yang semakin canggih saat ini, membuat website bisa dibilang sudah harus menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh perusahaan. Selain bisa dijadikan sebagai media informasi perusahaan, website juga bisa digunakan untuk berbagai kepentingan usaha, misalnya untuk promosi, meningkatkan citra perusahaan dan lain-lain.

Tidak bisa dipungkiri, masyarakat era sekarang semakin banyak yang menggunakan media internet untuk mencari berbagai informasi. Tak terkecuali untuk memenuhi berbagai kebutuhannya, seperti berinteraksi dengan orang lain, mencari referensi produk, hingga melakukan belanja online.

Pentingnya Membuat Website Perusahaan

Bagi sebuah perusahaan, membuat website memiliki banyak keuntungan. Berikut ini adalah beberapa kegunaan dan fungsi website bagi perusahaan :

1. Website sebagai media informasi

Website sebagai media informasi perusahaan/CC/ransomtech
Website sebagai media informasi perusahaan/CC/ransomtech

Membuat website bagi perusahaan memiliki keuntungan cukup besar, salah satunya adalah untuk mempermudah dalam memberi informasi kepada publik yang lebih luas. Informasi ini bisa tentang produk dan layanan yang ditawarkan, bisa berupa pengumuman-pengumuman, profil perusahaan, kontak yang bisa dihubungi (email, nomor telepon, ataupun alamat surat yang jelas) dan lain sebagainya.

Website bagi perusahaan bisa dijadikan sebagai media untuk menyampaikan informasi yang benar-benar akurat, tepat dan bisa menjadi cara cukup praktis. Apalagi didukung dengan penggunaan berbagai media sosial yang saat ini bisa diakses secara gratis. Dengan media sosial inilah informasi dapat disebar secara luas dan cepat, sehingga bisa menjadi viral yang semakin lama informasi semakin mudah untuk diketahui banyak orang.

2. Website untuk berinteraksi dengan pelanggan

Membuat website untuk berkomunikasi dan berinteraksi/cc/ransomtech
Membuat website untuk berkomunikasi dan berinteraksi/cc/ransomtech

Selain digunakan sebagai media komunikasi, membuat website juga bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi secara langsung dengan para pelanggan atupun pengunjung situs. Beberapa perusahaan yang terbuka biasanya akan melengkapi websitenya dengan fasilitas chating, bisa menggunakan yahoo messenger atau aplikasi lainnya.

Fasilitas berupa aplikasi chating ini biasanya akan dimanfaatkan dengan baik oleh para pelanggan untuk berkomunikasi secara langsung dengan perusahaan. Mereka bisa saja menanyakan berbagai hal mengenai produk yang ditawarkan, ingin menjalin kerjasama, ingin memesan produk, dan juga melayangkan komplain jika pelanggan merasa tidak puas dengan layanan perusahaan.

3. Membuat website untuk meningkatkan pendapatan perusahaan

Meingkatkan pendapatan melalui bisnis online/cc/Brett_Hondow
Meingkatkan pendapatan melalui bisnis online/cc/Brett_Hondow

Bisnis online saat ini memang bisa dibilang semakin menjamur. Banyak perusahaan yang sebelumnya hanya melayani jual beli secara offline, kini telah meningkatkan layanannya dengan menjual produknya secara online. Dengan membuat website inilah, bisa dijadikan sebagai media untuk menjalankan bisnis online perusahaan.

Dengan menjalankan bisnis online ini, pengunjung akan bisa merasakan kemudahan untuk mengakses produk-produk perusahaan. Hanya dengan bertransaksi online, pelanggan akan dengan mudah membeli produk yang dijual hanya dengan melakukan beberapa sentuhan pada tombol keyboard mereka.

Tak hanya sebatas pada transaksi jual beli produk perusahaan, bagi web perusahaan yang telah memiliki trafik tinggi web tersebut juga bisa dipasang iklan yang relevan dengan bisnis yang dijalankan. Iklan ini bisa mendatangkan keuntungan tersendiri diluar kegiatan jual beli produk hasil perusahaan.

4. Membuat website untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan

Mencari banyak pelanggan lewat internet (ilustrasi)/cc/dawnfu
Mencari banyak pelanggan lewat internet (ilustrasi)/cc/dawnfu

Internet memang telah menjadi sarana penyebaran informasi yang tak mengenal batas ruang dan waktu. Bagi perusahaan yang memiliki segmen pasar cukup luas hal ini menjadi keuntungan tersendiri jika membuat website. Dengan adanya website, bisa saja perusahaan akan mendapatkan pelanggan-pelanggan baru yang tak terduga asal-muasalnya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar web semakin mudah dikenal dan memiliki pengunjung yang banyak. Selain dilakukan dengan menyebarkan lewat jejaring sosial dan promosi offline, website juga bisa dioptimasi agar dapat terindex di halaman google dengan kata kunci tertentu.

5. Website sebagai sarana promosi yang efektif

Website sebagai media promosi perusahaan/CC/StartupStockPhotos
Website sebagai media promosi perusahaan/CC/StartupStockPhotos

Melakukan promosi perusahaan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satnya dengan membuat website. Dengan desain web yang menarik dan didukung dengan kemudahan untuk diakses, maka informasi perusahaan akan semakin mudah ditemukan di desktop dan seluler yang terkoneksi dengan internet.

Website bagi banyak perusahaan bisa dijadikan sebagai katalog produk online, brosur maupun iklan sebagaimana yang ada di media cetak. Melalui web inilah publik akan mengetahui berbagai produk-produk baru dan jasa perusahaan secara realtime.

6. Website untuk meningkatkan citra perusahaan

membuat website meningkatkan citra perusahaan/CC/FirmBee
membuat website meningkatkan citra perusahaan/CC/FirmBee

Selain berbagai fungsi yang telah disebutkan diatas, membuat website perusahaan juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan citra perusahaan. Perusahaan-perusahaan yang sadar akan pentingnya branding usaha, biasanya akan menyematkan alaman web ke semua media promosi yang mereka buat. Dengan adanya website disetiap media promosi, maka perusahaan akan lebih mudah memunculkan kesan positif, lebih profesional dan lebih bermutu jika dibandingkan dengan perusahaan lainnya.

Baca juga : Bisnis Online, Ada banyak Cara Untuk Mencari Uang Di Internet

Salah satu hal penting dalam membuat website perusahaan adalah dalam menentukan nama domain dan menyewa web hosting.  Membeli domain dan hosting untuk website perusahaan meski bisa dibilang cukup mudah namun bagaimanapun juga harus dipertimbangkan secara matang. Berbagai pertimbangan harus dilakukan karena domain maupun hosting website yang sudah dibeli bisa dipastikan akan digunakan untuk jangka panjang, sehingga domain dan hosting yang digunakan akan benar-benar secara efektif dapat menjadi cerminan dan mewakili brand image perusahaan.

Tips Membeli Domain

Memilih dan membeli domain secara tepat akan memiliki banyak keuntungan bagi perusahaan, beberapa keuntungan tersebut misalnya untuk membangun brand awareness perusahaan, untuk meningkatkan optimasi website dan juga memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung situs (user experience). 

Untuk membeli domain yang bagus sebenarnya tidak ada aturan-aturan baku, siapapun bisa membeli domain sesuai dengan keinginannya. Namun meski demikian agar kedepan tidak bergonta-ganti nama domain website untuk perusahaan berikut kami sajikan beberapa tips untuk membeli domain :

1. Pilih ekstensi domain yang paling relevan

memilih nama domain website perusahaan
memilih nama domain website perusahaan

Secara sederhana, ekstensi domain adalah bentuk Identitas atau klasifikasi domain berdasar fungsinya. Fungsi dari masing-masing ekstensi biasanya juga berbeda-beda, misalnya “com” untuk web komersial, “org” untuk web organisasi, “co.id” untuk web korporate di Indonesia, “go.id” untuk web pemerintah Indonesia, dan lain sebagainya.

Ekstensi domain hingga kini semakin berkembang dan semakin banyak pilihan. Para penyedia layanan web hosting biasanya menyediakan beragam ekstensi domain yang dijual. Masing-masing ekstensi biasanya juga memiliki harga yang beragam, bahkan untuk beberapa ekstensi seperti go.id, sch.id, ac.id, dan co.id membutuhkan beberapa persyaratan-persyaratan tambahan.

Jika Anda ingin membeli domain untuk perusahaan, akan lebih baik jika memilih ekstensi domain yang relevan dengan kegiatan perusahaan. Sebagai sebuah korporasi tentu ekstensi yang paling relevan adalah “com”, “co”, atau jika perusahaan di Indonesia bisa menggunakan “co.id”.

Ketika akan membeli nama domain perusahaan, usahakan untuk memilih ekstensi “com” sebagai prioritas pertama. Ekstensi ini paling penting dijadikan prioritas karena masyarakat kita sebagian besar telah mendefinisikan website adalah yang berakhiran “com”. Jika ekstensi tersebut tidak ada maka bisa dipilih prioritas berikutnya yaitu “id”, “co”, dan “co.id”. (Baca juga : Membuat Website Untuk Perusahaan)

2. Nama domain sependek mungkin

nama domain yang pendek agar mudah diingat

Seperti halnya dalam membuat nama perusahaan, dalam membuat nama domain usahakan menggunakan kata yang pendek, semakin pendek maka semakin bagus. Sebisa mungkin tidak lebih dari 10 karakter, lebih baik lagi nama domain bisa diucapkan dalam sekali ucap. Nama domain yang ideal memang hanya terdiri satu kata, jika terpaksa bisa menggunakan dua kata.

Agar nama mudah diingat dan relevan dengan perusahaan, gunakan saja nama perusahaan. Jika nama perusahaan terlalu panjang maka bisa dilakukan dengan membuat singkatan. (Baca juga : Tips Membuat Nama Perusahaan Yang Bagus)

3. Nama domain yang mudah dibaca, diingat dan unik

nama domain mudah dibaca dan diingat

Saat membeli domain untuk web perusahaan usahakan nama domain tersebut mudah diucapkan, mudah dieja, mudah ditulis dan mudah diingat agar pengunjung dapat dengan mudah menuliskannya di browser.

Kata-kata untuk nama domain sebaiknya disesuaikan dengan target pembacanya, misalnya jika web berbahasa indonesia akan lebih baik membeli domain menggunakan nama ejaan bahasa Indonesia, jika web untuk segmen internasional maka nama domain bisa menggunakan bahasa inggris.

Mempertahankan nama perusahaan sebagai nama domain memang lebih bagus, apalagi jika nama perusahaan tersebut telah memiliki brand (merk) yang unik. Dengan menggunakan nama perusahaan menjadi nama domain website, maka brand awareness bisa diciptakan seiring sejalan dengan usaha branding perusahaan.

4. Jenis Karakter Pada Nama Domain

nama domain yang bagus menggunakan huruf bukan karakter lainnya

Saat membeli domain, usahakan untuk memilih nama yang hanya menggunakan karakter huruf (letter/alphabet). Nama domain yang hanya menggunakan karakter huruf biasanya akan lebih mudah diketikkan di dekstop maupun mobile. Selain itu dengan cara ini akan lebih dapat meminimalkan kekeliruan penulisan dan penyebutan.

5. Membeli domain yang telah ada

membeli domain yang sudah ada juga baik

Membuat usaha baru terkadang memang harus mempertimbangkan nama usaha sekaligus nama domain website perusahaan. Apabila nama usaha telah digunakan pada domain orang lain, maka mau tidak mau Anda harus membeli domain tersebut dengan harga yang cukup mahal.

Mahalnya harga domain yang telah digunakan tersebut karena ada beberapa alasan, misalnya karena website tersebut telah banyak pengunjung sehingga memiliki pagerank yang bagus, nama domain merupakan nama yang umum dan menjadi perburuan banyak orang, atau memang terkadang domain tersebut sudah dibeli orang lain untuk dijual kembali (domain flipping).

Untuk membeli domain, Kamu bisa kesini

***

Tips Memilih Hosting

Memilih hosting website perusahaan memang tak kalah pentingnya dengan mencari nama domain web. Sebagai sarana menyimpan berbagai data perusahaan pada server, hosting memiliki peran penting agar seluruh data yang telah diupload mudah diakses di internet oleh publik.

Seiring dengan meningkatnya pengguna internet saat ini, semakin banyak pula jasa penyedia domain dan hosting yang memberikan berbagai penawaran menarik pada pelanggannya. Masing-masing penyedia layanan ini memberi berbagai tawaran yang beragam, bahkan janji-janji manis yang seringkali justru dapat menjebak pelanggan baru.

Memilih hosting pada perusahaan yang tepat memang sangat dibutuhkan, oleh karena itu ada baiknya saat memilih hosting Anda telah memastikan dengan cara yang benar dan juga telah meneliti dengan saksama sebelum memutuskan untuk memilih hosting di perusahaan tersebut.

Berikut ini kami sajikan beberapa hal penting sebagai bahan pertimbangan saat memilih hosting :

1. Status dan keberadaan perusahaan penyedia hosting

Membeli domain dan memilih hosting pada perusahaan yang jelas keberadaanya/CC/FirmBee
Membeli domain dan memilih hosting pada perusahaan yang jelas keberadaanya/CC/FirmBee

Seperti yang telah disebutkan diatas, saat ini penyedia layanan hosting memang semakin banyak, baik yang ada di Indonesia maupun mancanegara. Memilih hosting yang tepat memang sangat diperlukan, mengingat sudah banyak kejadian buruk menimpa para pengguna jasa ini. Mulai dari layanan yang buruk, server yang sering down, bahkan ditinggalkan begitu saja oleh perusahaan penyedia hosting karena bangkrut.

Membeli domain dan memilih hosting pada satu perusahaan penyedia layanan hosting memang sangat membutuhkan kejelian. Hingga saat ini banyak penyedia layanan hosting yang terkadang tidak jelas status dan keberadaanya. Misalnya tidak berbadan usaha, tidak punya lokasi kantor yang jelas, bahkan banyak bermunculan pendatang baru yang hanya coba-coba menekuni usaha penyedia jasa domain hosting.

Agar dalam memilih hosting tidak salah, beberapa hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek atau melakukan riset online. Beberapa data yang dibutuhkan misalnya apakah penyedia layanan hosting tersebut memiliki alamat yang jelas, seberapa banyak jumlah pelanggan yang telah mereka layani. Semakin banyak jumlah pelanggan maka bisa dipastikan semakin baik pelayanan dan kualitasnya. Dari sekian banyak pelanggan yang dilayani, pastikan ada beberapa website terpercaya dan terkenal yang ia layani.

Selain dengan cara diatas, bisa juga dengan melihat trafik kunjungan pada web penyedia hosting tersebut. Cara paling sederhana untuk mengetahui seberapa besar trafik pengunjung bisa di cek melalui site info di alexa.com. Semakin sedikit angka Alexa Traffic Ranks, maka kemungkinan besar situs penyedia web tersebut memiliki banyak pengunjung sehingga dapat diasumsikan juga banyak yang menggunakan jasanya.

2. Server dan jaringan stabil

Memilih hosting yang memiliki server dan jaringan stabil/CC/BlickPixel
Memilih hosting yang memiliki server dan jaringan stabil/CC/BlickPixel

Penyedia layanan hosting yang bagus biasanya akan selalu menjaga stabilitas server dan uptime. Uptime adalah lamanya waktu aktif server, untuk itu carilah penyedia hosting yang jarang nonaktif, agar situs bisa selalu diakses dengan baik. Server yang sering non aktif akan berdampak buruk pada pengunjung web.

Stabilitas, keamanan dan uptime dari sebuah server web memang sangat penting. Hal-hal yang dapat mempengaruhi stabilitas server/uptime ini diantaranya adalah mesin dan jaringan pada server, software, serta keamanan server itu sendiri. Server yang memiliki tingkat keamanan yang rendah biasanya akan lebih rentan untuk dih4ck orang, dampaknya server sering down bahkan dapat menghilangkan data-data yang ada.

3. Security jaringan harus kuat

Server memiliki keamanan tinggi/cc/pixelcreatures
Server memiliki keamanan tinggi/cc/pixelcreatures

Keamanan memang harus menjadi salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan secara matang jika akan menggunakan layanan hosting. Dengan memilih hosting yang memiliki tingkat keamanan yang baik, ini untuk meminimalisir kemungkinan web diserang oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Bagi penyedia hosting yang profesional, mereka akan mempersiapkan berbagai pengamanan untuk melindungi server dan situs dari berbagai kerusakan dari faktor luar. Dengan memiliki keamanan yang tinggi maka bisa dipastikan pelanggannya akan semakin banyak.

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui keamanan sebuah server adalah dengan menanyakan secara langsung pada penyedia hosting, apakah mereka menyediakan orang-orang yang kompeten dalam bidang keamanan web. Jika tidak menyediakan, segeralah pindah tempat dengan memilih hosting yang memberi keamanan tinggi.

4. Backup data secara berkala

Backup data secara berkala/cc/Paulina101
Backup data secara berkala/cc/Paulina101

Memilih hosting yang secara berkala membackup data website pelanggannya juga menjadi salah satu faktor penting. Perusahaan penyedia hosting yang sudah terpecaya biasanya mereka akan melakukan backup data secara rutin, bahkan bisa secara harian.

Backup data yang dilakukan secara berkala oleh penyedia hosting akan memberi rasa aman pada para blogger atau pembuat web. Apabila suatu saat situs terjadi kesalahan (misalnya data terhapus) atau karena database hilang, maka data-data website akan tetap bisa terselamatkan karena pihak penyedia hosting memiliki copy-nya.

Sebelum memutuskan untuk memilih hosting di penyedia layanan hosting, ada baiknya Anda bertanya dulu, apakah penyedia hosting tersebut melakukan backup data. Jika melakukan seberapa sering ia melakukan, pastikan jika mereka melakukannya setiap hari. Jangan memilih hosting yang tidak jelas aturan backup datanya, termasuk jika hanya melakukan dalam seminggu sekali atau sebulan sekali.

5. Berbagai fasilitas hosting

Berbagai fasilitas hosting/cc/geralt
Berbagai fasilitas hosting/cc/geralt

Jika Anda telah membeli hosting, biasanya pihak provider akan mengirimkan email yang berisi informasi tentang hosting yang telah dipesan. Pada umunya mereka akan memberikan akses control panel (Cpanel) beserta passwordnya guna mengelola situs yang akan dibuat.

Control panel ini biasanya berisi berbagai informasi dan aplikasi standar yang dibutuhkan untuk membangun situs. Dari masing-masing penyedia layanan biasanya juga berbeda-beda fasilitasnya, oleh karena itu tanyakan pada mereka fasilitas apa saja yang terdapat pada Cpanel jika membeli hosting di tempatnya.

Beberapa aplikasi yang sering disediakan oleh penyedia hosting ini misalnya PHP, MySQL, Perl, antivirus, antispam di server SMTP, akses mailbox melalui webmail, POP3, forwarding, dan IMAP4, dan lain sebagainya.

Selain berbagai aplikasi diatas, beberapa hal yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah tentang kapasitas hardisc dalam hosting, besarnya bandwidth, jumlah addon domain, jumlah maksimal mailing list, dan juga FTP account.

Penyedia layanan hosting biasanya juga telah membuat berbagai paket yang mereka jual. Untuk itu sesuaikan kebutuhan hosting Anda dengan beberapa paket yang mereka sediakan. Semakin besar paket data dan bandwidth yang ditawarkan biasanya juga semakin mahal harganya.

6. Kepemilikan dan Pengaturan Domain

Kepemilikan dan Pengaturan Domain/cc/Life of Pix
Kepemilikan dan Pengaturan Domain/cc/Life of Pix

Jika Anda telah memutuskan untuk memilih hosting di salah satu penyedia layanan ini, akan lebih baik jika nama domoain juga dibeli di tempat yang sama. Hal ini bertujuan untuk memudahkan konfigurasi domain dan hosting sehingga website bisa diakses.

Apabila domain dan hosting dibeli di tempat yang sama, biasanya Anda akan mendapatkan dua macam pengaturan, yakni berupa domain manager dan control panel. Domain manager berguna untuk mengelola domain sedangkan cpanel berguna untuk mengelola hosting.

Apabila Anda tidak diberikan control panel dan domain manager, maka Anda akan mengalami kesulitan jika suatu saat ingin memindahkan hosting, pengaturan nameserver, dan transfer domain.

7. Support pelanggan cepat

Support terhadap pelanggan/cc/bssmadeit
Support terhadap pelanggan/cc/bssmadeit

Perusahaan penyedia hosting yang ada di Indonesia saat ini pada dasarnya adalah penyedia jasa support. Support inilah yang sebenarnya akan kita bayar pada penyedia hosting, semakin baik support mereka kepada pelanggan, maka bisa dipastikan penyedia hosting ini memang memiliki nilai yang lebih baik.

Penyedia hosting yang bagus mereka akan selalu memonitor aktifitas di jaringan selama 24 jam penuh, siap melayani berbagai keluhan sepanjang waktu, dan mampu mendeteksi aktifitas yang tidak wajar pada hosting yang kita sewa. Jika ada sesuatu yang tidak beres pada situs, penyedia layanan hosting biasanya akan memberi solusi yang baik untuk menyelesaikan berbagai masalah dengan cepat.

8. Pertimbangkan harga saat memilih hosting

Pertimbangkan harga saat memilih hosting

Dari sekian banyak perusahaan penyedia hosting biasanya mereka mematok harga yang beragam dari setiap jenis layanan yang ditawarkan. Dari masing-masing layanan, harga yang sama belum tentu memiliki tingkat layanan yang sama. Bisa saja dalam dua penyedia hosting menawarkan resource space dan traffic limit yang sama namun dengan harga berbeda. Perbadaan harga tersebut bisa saja karena memang jenis pelayanannya yang berbeda.

Untuk masalah harga, pada intinya jangan mudah terjebak pada penawaran fasilitas yang fantastis. Hal terpenting yang harus dipikirkan dalam memilih hosting adalah kembali lagi pada 7 point yang telah disebutkan diatas. Harga sedikit agak mahal tidak masalah, yang terpenting situs akan selalu aman dan mudah diakses.

Rekomendasi membeli hosting yang cukup terpercaya di sini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*