6 Kesalahan Orang Tua dalam Mendidik Anak

kesalahan-orang-tua-dalam-mendidik-anak

Dalam mendidik anak,seringkali orang tua tidak menyadari telah melakukan kesalahan. Kesalahan tersebut didasari banyak hal, bisa jadi karena khawatir. Sayangnya, kesalahan tersebut berdampak pada tumbuh kembang anak. Apa saja kesalahan yang dilakukan orang tua dalam mendidik anak? Berikut ulasannya:

1. Selalu mencari aman

Melarang anak dan mengatakan jangan kepada anak merupakan perwujudan keinginan orang tua. Larangan hanya akan membut anak nekat melakukan kesalahan dan kesa;ahan lebih besarlagi dikemudian hari. Informasi yang tepat berguna bagi anak ketimbang melarang anak melakukan sesuatu.

2. Mengambil alih tugas anak

Ketidaksabaran dan keinginan utuk mencari aman membuat orang tuda tidak pernah memberikan tugas pada anak bahkan mengambil alih tugas anak yang diberikan gurunya atau orang lain. Sikap orang tua ini justru mendidik anak menjadi anak yang lari dari tanggung jawabnya.Anak tidak dapat dan tidak terbiasa menyelesaikan tugas. Selain itu anak tidak pernah punya kesempatan untuk belajar mandiri.

3. Terlalu berharap

Terlalu berharap merupakan peyakit banyak orang tua. Mengharapkan anak usia 2 tahun mampu menghafal atau berharap anak selalu menjadi juara pertama merupakan kekeliruan Lebih parahnya lagi, cukup banyak mendiktekan masa depan anak karena dirinya gagal mencapai cita-cita. Anak menjadi korban ambisi orang tua. Harapan yang berlebihan dapat membuat anak menjadi tertekan.

4. Menyerahkan kepada orang lain

Kurangnya komunikasi degan anak diperburuk dengan mudahnya orang tua menyerahkan begitu saja pengasuhan  dan pendidikan anak kepada pengasuh dan pendidikan anal kepada pengasuhmm guru atau orang lain. Meski alasan ekonomi sering melatarbelakangi hal ini, namun kepedulian orang tua pada anak harus menjadi prioritas. Ketidakpedulian orang tua terhadap aktivitas sehari-hari anak dapat mengejutkan orang tua pada saat anak melakukan sesuatu yang tidak diinginkan orang tua.

5. Memberi contoh yang salah

Banyak orang tua yang tidak sadar akan perbuatan atau kebiasaan yang tidak baik seperti merokok, mabuk dan berbohong. Seringpula orang tua tidak sadar mengajarkan berbohong atau perilaku tidak baik lainnya kepada anak. Orang tua sebagai model atas perbuatan dan kebiasaan yang akan ditiru anak.

6. Melakukan kekesarasan

Kesalahan yang semuaanya bersumber dari kesalahan orang tua, cepat atau lambat akan dilakukan anak tanpa sengaja. Ujungnya bukan orang tua intropeksi diri malah melakukan kekerasan.



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*