Tempat (Place) Dalam Marketing Mix

Setelah sebelumnya dibahas mengenai berbagai strategi promosi dalam Promotion Mix. Kali ini penulis akan sedikit berbagi mengenai tempat (Place) yang merupakan salah satu perangkat yang terdapat dalam bauran pemasaran (Marketing mix).

Salah satu elemen Tempat (place) yang masuk dalam 7P Marketing mix bukan hanya diartikan sebagai tempat dimana usaha dijalankan.

Namun lebih luas lagi dimana “place” tersebut merupakan segala kegiatan penyaluran produk berupa barang ataupun jasa dari produsen ke konsumen (distribusi).

Menurut Philip Kotler distribusi adalah : “The various the company undertakes to make the product accessible and available to target customer”. Berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk membuat produknya mudah diperoleh dan tersedia untuk konsumen sasaran.

Sedangkan Boom dan Bitner (dalam Dias & Shah, 2009:318). Mereka menyebutkan bahwa lokasi pemasaran, terdapat beberapa pemain yang terlibat di dalamnya. Yaitu marketing intermediary, channel of distribution, agen atau brokerwholesaler dan retailer, serta logistik dan transportasi.

JIka mengacu dari kedua pendapat diatas, fungsi distribusi disini tak lain adalah untuk memastikan ketersediaan barang dan jasa yang dibutuhkan konsumen pada waktu dan tempat yang tepat.

Berbagai saluran distribusi ini merupakan sebuah perangkat yang saling terkait satu sama lainnya dalam proses penyediaan produk/pelayanan untuk digunakan atau dikonsumsi.

Dalam saluran distribusi, semakin banyak perangkat yang digunakan biasanya akan mampu menjangkau populasi yang lebih luas.

Semakin mudah produk didapatkan berarti proses distribusi semakin baik, dan penjualan produk berpeluang besar untuk meningkat. Untuk itulah saluran distribusi penting direncanakan dengan matang oleh pemasar.

Aneka Bentuk dan Saluran Distribusi

tempat (place) dapat memiliki berbagai macam bentuk dan saluran distribusi

Dalam konteks bauran pemasaran atau “marketing mix”, tempat (place) dapat memiliki berbagai macam bentuk dan saluran distribusi.

Berikut adalah beberapa macam tempat yang dapat menjadi pertimbangan dalam strategi pemasaran Anda:

1. Toko Fisik

Ini mencakup toko ritel, outlet, pusat perbelanjaan, supermarket, toko khusus, atau gerai fisik di mana produk Anda dijual langsung kepada pelanggan.

Toko fisik biasanya memberikan pengalaman langsung kepada konsumen dan memungkinkan mereka untuk melihat, menyentuh, dan membeli produk secara langsung.

2. Penjualan Online

Dalam era digital, platform online semakin penting dalam bauran pemasaran.

Ini mencakup situs web perusahaan, platform e-commerce, pasar online, atau platform penjualan seperti Amazon atau eBay.

Penjualan online memungkinkan Anda untuk mencapai pasar yang lebih luas dan memberikan kemudahan berbelanja bagi konsumen yang dapat membeli produk atau layanan Anda secara online.

3. Distributor

Anda dapat menggunakan jasa distributor atau grosir untuk mendistribusikan produk Anda kepada pengecer atau toko lainnya.

Distributor bertanggung jawab untuk mengelola persediaan, penyimpanan, dan pengiriman produk ke berbagai tempat penjualan.

4. Pengecer

Ini mencakup toko-toko atau outlet yang menjual produk Anda langsung kepada pelanggan.

Pengecer dapat berupa supermarket, toko serba ada, toko khusus, atau gerai di pusat perbelanjaan.

Mempertimbangkan pengecer yang sesuai dengan target pasar Anda penting untuk meningkatkan ketersediaan produk Anda.

5. Agen

Anda juga dapat menggunakan agen atau perwakilan yang bertindak sebagai perantara antara perusahaan Anda dan pelanggan.

Agen dapat membantu dalam menjual, mempromosikan, dan mendistribusikan produk Anda kepada pelanggan di wilayah atau pasar tertentu.

6. Penjualan Langsung

Dalam beberapa kasus, penjualan langsung bisa menjadi strategi yang efektif.

Ini melibatkan tim penjualan yang bekerja secara langsung dengan pelanggan untuk menjual produk atau layanan Anda.

Penjualan langsung dapat dilakukan melalui pertemuan tatap muka, telepon, atau saluran komunikasi lainnya.

7. Jaringan Franchise

Jika bisnis Anda berbasis franchise, maka tempat dapat mencakup gerai atau outlet yang dioperasikan oleh mitra franchise Anda.

Jaringan franchise memungkinkan ekspansi bisnis Anda dengan memanfaatkan kekuatan dan sumber daya mitra franchise.

8. Distribusi Melalui Aplikasi atau Platform Digital

Dalam beberapa industri, ada juga peningkatan penggunaan aplikasi atau platform digital untuk memfasilitasi penjualan dan distribusi produk atau layanan.

Ini termasuk platform pesan, platform pengiriman makanan, atau aplikasi layanan yang menghubungkan pelanggan dengan penyedia layanan.

***

Pemilihan saluran distribusi

Pilihan tempat yang tepat tergantung pada karakteristik produk

Pilihan tempat yang tepat tergantung pada karakteristik produk atau layanan Anda, target pasar, preferensi pelanggan, dan strategi pemasaran yang Anda terapkan.

Dalam banyak kasus, kombinasi beberapa tempat dapat memberikan manfaat yang lebih besar dan memperluas jangkauan bisnis Anda.

Pemilihan saluran distribusi secara tepat memang harus dilakukan sejak dalam rencana, untuk mendapatkan hasil yang akurat biasanya para pemasar akan melakukan survey ataupun riset terlebih dahulu.

Beberapa bahan pertimbangan yang bisa dijadikan acuan untuk pemilihan saluran disitribusi ini misalnya sifat pembeli, sifat produk, sifat perantara, sifat pesaing dan lain sebagainya.

Sifat pembeli merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keputusan produsen dalam memilih saluran distribusi yang dipakai.

Sifat-sifat tersebut bisa berupa perilaku para konsumen dalam mendapatkan produk, bagaimana kebiasaan belanjanya, frekuensi pembelian, letak geografisnya, dan lain-lain.

Dari sifat pembeli yang berbeda tentu perusahaan akan mementukan saluran distribusi yang berbeda.

Sifat produk yang didistribusikan juga menjadi salah satu faktor penentu dalam memilih saluran distribusi. Jika barang mudah rusak tentu akan menggunakan sarana distribusi yang berbeda dengan barang yang kuat.

Barang-barang yang masa kadaluwarsanya singkat (misal produk makanan) tentu akan berbeda cara menangani distribusinya. Sifat produk lainnya misalkan terkait dengan ukuran, harga, dan sebagainya.

Tak hanya sifat pembeli dan produk, sifat perantara-pun juga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk pemilihan saluran distribusi.

Biasanya para perantara juga berfungsi sebagai pemasar, melakukan penyimpanan, pengangkutan, penjualan, pembelian dan sebagainya.

Pentingnya memilih bentuk dan saluran distribusi

Pentingnya memilih bentuk dan saluran distribusi

Pemilihan bentuk dan saluran distribusi yang tepat sangat penting dalam strategi pemasaran. Berikut adalah beberapa alasan mengapa penting untuk memilih dengan hati-hati:

1. Ketersediaan Produk

Memiliki saluran distribusi yang efektif dan efisien memastikan ketersediaan produk atau layanan Anda di pasar.

Pelanggan harus dapat dengan mudah menemukan dan membeli produk Anda.

Jika produk Anda tidak tersedia dengan baik, pelanggan mungkin beralih ke pesaing.

2. Akses ke Pasar yang Lebih Luas

Melalui pemilihan saluran distribusi yang tepat, Anda dapat memperluas jangkauan produk Anda ke pasar yang lebih luas.

Misalnya, dengan menjual secara online, Anda dapat menjangkau konsumen di berbagai wilayah atau bahkan secara global.

3. Efisiensi Biaya

Memilih saluran distribusi yang efisien dapat membantu mengoptimalkan pengeluaran dan mengurangi biaya operasional.

Misalnya, menggunakan distributor yang memiliki infrastruktur dan jaringan distribusi yang kuat dapat mengurangi biaya logistik dan pengiriman.

4. Penyesuaian dengan Preferensi Pelanggan

Setiap segmen pasar mungkin memiliki preferensi atau kebiasaan pembelian yang berbeda.

Melalui pemilihan saluran distribusi yang sesuai, Anda dapat menyesuaikan dengan preferensi pelanggan dan memudahkan mereka untuk membeli produk atau layanan Anda.

5. Pengalaman Pelanggan yang Baik

Saluran distribusi yang baik dapat memberikan pengalaman pelanggan yang positif.

Misalnya, dengan memiliki toko fisik yang menarik dan ramah pelanggan, atau dengan menyediakan platform online yang mudah digunakan dan responsif, Anda dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun loyalitas.

6. Kontrol Pemasaran

Pemilihan saluran distribusi yang tepat juga memberikan Anda lebih banyak kendali atas pesan pemasaran dan citra merek Anda.

Anda dapat mengatur tampilan produk, branding, dan komunikasi dengan pelanggan melalui saluran distribusi yang Anda pilih.

7. Kolaborasi dengan Mitra

Dalam beberapa kasus, pemilihan saluran distribusi melibatkan kolaborasi dengan mitra bisnis seperti distributor, agen, atau pengecer.

Kerjasama yang baik dengan mitra ini dapat meningkatkan keberhasilan penjualan dan meningkatkan akses ke pasar tertentu.

***

Penting untuk memahami karakteristik produk atau layanan Anda, target pasar, serta mengidentifikasi preferensi dan kebutuhan pelanggan untuk membuat keputusan yang sesuai.

Cara distribusi yang dilakukan kompetitor juga bisa dijadikan pertimbangan oleh perusahaan dalam melakukan distribusi produknya.

Hal ini terkait dengan kompetisi produk agar lebih cepat dan tepat sasaran ddibanding dengan pesaing yang ada.

Jika produk yang akan dipasarkan adalah produk baru, maka harus dapat memunculkan strategi-strategi khusus agar dapat menrik perhatian cari calon konsumen.

Menentukan saluran distribusi produk sejak awal memang sangat penting.

Dengan memperhatikan berbagai sifat dan karakteristik konsumen, produk, perantara, lingkungan dan yang lainnya, tentu akan bisa mendapatkan saluran distribusi yang tepat dan efektif.

(baca juga : Pentingnya Menentukan Saluran Distribusi Produk )

Tinggalkan komentar