Keris

Warangka Keris Gayaman Gaya Surakarta

Warangka-Keris-gayaman-solo
Selain terdapat warangka keris jenis Ladrang, sarung keris juga terdapat jenis lain yang sering disebut warangka keris Gayaman atau warangka Gandon.
Pada warangka keris ini memiliki bentuk anatomi yang lebih sederhana jika dibanding dengan keris Ladrang, bentuk keris Gayaman tidak ada elemen godongan, angkup dan gandek.
Karena bentuknya yang sederhana dan lebih praktis, warangka keris Gayaman pada masa lalu banyak digunakan untuk senjata perang dan dipakai untuk keperluan harian.
Keris dapat dikenakan di bagian depan (dekat pinggang) ataupun di belakang (pinggang belakang).
warangka keris gayaman
Sebagaimana keris Ladrang, bahan untuk membuat warangka keris jenis ini juga dibuat dari kayu, gading dan logam kuningan/emas sebagai hiasan.
Kayu yang biasa digunakan untuk membuat warangka pada umumnya adalah kayu jati, cendana, timoho, kemuning dan lainnya.
Nama-nama bagian yang terdapat dalam warangka keris Gayaman diantaranya Panjingan/omahan yang digunakan untuk keluar-masuk bilahan keris, Gandar berfungsi sebagai pembungkus bilahan keris, Pendok sebagai pembungkus Gandar sekaligus hiasan keris, dan berbagai elemen hias lainnya seperti Janggut, Gayam, Ri Cangkring, Lambe, Dering, Larapan, Kruwingan, Pisangan, Gelung/ukel, pidakan dan ain-lain.

Warning: Attempt to read property "term_id" on bool in /home/tumz2839/public_html/wp-content/themes/flex-mag/functions.php on line 999
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top