kewirausahaan, pendidikan, pernikahan, ibu hamil, teknologi informasi>

Undangan Pernikahan, Cara Membuat dan Strategi Bisnisnya

merintis-usaha-sampingan-undangan-pernikahan

Membuat undangan pernikahan memiliki beberapa proses yang harus dilakukan. Beberapa proses tersebut dapat dilakukan melalui tahapan-tahapan yang sebenarnya mudah dijalankan. Bisa dilakukan sendiri (jika punya kemampuan), ataupun dengan cara mendelegasikan proses tersebut pada orang-orang yang memiliki kompetensi di bidangnya. Inilah yang namanya usaha, tidak harus semua hal dikerjakan sendiri.

Proses membuat undangan pernikahan :

Secara sederhana, dalam membuat undangan dapat dilakukan dalam lima langkah. Dari setiap langkah tersebut masing-masing akan menentukan baik-buruknya hasil kartu undangan pernikahan yang dibuat. Oleh karena itu bisa dibilang semua proses yang ada harus diperhatikan secara seksama untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

1. Menyiapkan materi undangan pernikahan

Menyiapkan materi undangan pernikahan
Menyiapkan materi undangan pernikahan/pixabay.com

Menyiapkan materi menjadi langkah pertama yang harus dilakukan, materi ini bisa berupa teks yang berisi berbagai informasi mengenai acara pernikahan yang akan dilangsungkan. Selain itu juga foto kedua mempelai jika diperlukan, dan peta lokasi tempat berlangsungnya acara pernikahan.

Beberapa materi teks yang umum digunakan untuk membuat undangan pernikahan diantaranya; nama kedua mempelai, nama masing-masing kedua orang tua, alamat kedua orang tua, waktu dan tempat akad nikah, hari dan tanggal dilangsungkannnya acara resepsi, tempat penyelenggaraan, dan juga kata-kata bijak ataupun kutipan ayat suci yang biasanya diletakkan di bagian belakang sampul halaman kartu undangan.

Dalam menyiapkan materi berupa teks, jangan lupa untuk menanyakan pada pemesan tentang bahasa yang akan digunakan dalam kartu undangan pernikahan. Pilihan bahasa ini biasanya juga akan disesuaikan dengan para undangan yang akan dituju. Misalnya menggunakan bahasa inggris apabila undangan dari beberapa negara, bahasa indonesia untuk undangan sekelas nasional, ataupun bahasa daerah apabila undangan hanya dibuat hanya untuk masyarakat lokal.

2. Menentukan bahan yang akan digunakan

memilih jenis kertas untuk undangan pernikahan
Memilih jenis dan warna kertas untuk undangan pernikahan

Ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk membuat undangan pernikahan, mulai dari kertas, mika, plastik, kain, logam dan bahan alternatif lainnya. Dari masing-masing bahan yang digunakan biasanya juga akan mempengaruhi tingkat kesulitan produksi, kualitas hasil akhir, cepat-tidaknya proses pembuatan, dan juga harga undangan pernikahan.

Untuk bahan dari jenis kertas saja ada ratusan macam yang bisa dipilih, ada kertas linen, kertas BC, HVS, kertas art paper, kertas foto, ivory, concord, fancy, kertas daur ulang dan lain sebagainya. Dari masing-masing jenis kertas tersebut memiliki tingkat kerapatan serat yang berbeda dan juga tekstur kertas yang berbeda. Untuk membuat undangan pernikahan dari bahan kertas tidaklah harus menggunakan jenis kertas yang sama. Dalam satu undangan bisa saja menggunakan beberapa jenis kertas dengan ketebalan yang berbeda.

Untuk saat ini dalam membuat undangan pernikahan sebagian besar masyarakat kita memang masih menggunakan kertas, namun untuk mereka yang ingin tampil unik biasanya akan memilih bahan-bahan alternatif. Penggunaan bahan alternatif ini biasanya digunakan untuk memunculkan kesan yang berbeda, bisa dikoleksi sebagai souvenir, dan lain sebagainya.

3. Membuat desain undangan pernikahan

usaha-cetak-undangan-desainer-grafis

Membuat desain undangan pernikahan ini bisa dilakukan sendiri maupun oleh orang lain seperti desainer maupun biro jasa desain. Fungsi desain disini adalah untuk merancang semua tampilan visual dalam kartu undangan agar bisa sesuai dengan proses cetak yang akan dilakukan dan juga bahan yang akan digunakan, baik karakter bahan maupun warnanya.

Desain undangan pernikahan yang dirancang untuk cetak digital, cetak offset dan cetak sablon biasanya juga berbeda, hal ini disesuaikan dengan teknik produksi yang digunakan. Cetak undangan digital dilakukan dengan teknik yang hampir sama dengan penggunaan printer biasa, jika cetak offset dilakukan dengan mesin offset, dan jika dengan teknik sablon dilakukan dengan sistem cetak saring (menggunakan screen).

Untuk cetak digital desainer biasanya cukup menyiapkan satu file siap cetak meski undangan pernikahan tersebut terdiri dari banyak warna. Untuk undangan pernikahan yang akan dicetakoffset biasanya desainer akan memberikan desain yang terdiri dari empat pecahan warna, yaitu untuk warna-warna cetak seperti Cyan, Magenta, Yellow dan Key/black (CMYK). Sedangkan untuk undangan yang akan dicetak dengan menggunakan teknik sablon, desainer akan memberikan file negatif sebanyak penggunaan warna yang akan diperlukan dalam undangan pernikahan tersebut.

4. Mencetak undangan pernikahan

offset printing untuk mencetak undangan
Offset printing untuk mencetak undangan

Dalam mencetak undangan pernikahan, menggunakan teknik cetak digital merupakan proses yang paling mudah dan cepat dikerjakan. Seperti yang telah disebutkan diatas, cetak digital cukup menggunakan file digital dan di print dengan printer digital.

Berbeda jika menggunakan teknik offset, proses pencetakanya membutuhkan proses yang lebih lama karena masih perlu membuat paper plat yang berfungsi sebagai negatif film. Plat ini bisa dibuat oleh biro jasa khusus ataupun di percetakan offset tersebut. Plat ini terdiri dari empat buah yang digunakan untuk empat warna pokok yakni Cyan, Magenta, Yellow danKey/black (CMYK). Jika empat warna tersebut digabungkan sesuai dengan prosentasenya,  maka akan menghasilkan beraneka ragam warna sesuai yang dibutuhkan.

Salah satu teknik yang telah lama digunakan untuk membuat undangan pernikahan adalah teknik sablon. Teknik ini cukup sederhana dan bisa dilakukan oleh siapapun yang mau mempelajarinya. Ada banyak jenis screen yang bisa digunakan untuk mencetak, perbedaan ini ditentukan oleh kerapatan serat yang ada pada screen tersebut. Semakinn rapat biasanya digunakan untuk permukaan yang semakin halus. Misalnya untuk bahan plastik, mika dan kaca maka ia menggunakan kerapatan paling halus, untuk mencetak kertas menggunakan kerapatan sedang, dan untuk kain bisa menggunakan kerapatan yang longgar.

Dalam proses cetak undangan pernikahan, ada kalanya para pemesan menginginkan warna-warna khusus misalnnya warna emas ataupun perak. Warna khusus ini dapat dipesan melalui percetakan dimana undangan tersebut dipesan. Selain warna khusus, agar undangan memiliki kualitas terbaik biasanya juga diberi finishing berupa lapisan laminasi mengkilap maupun doft.

5. Mengemas undangan pernikahan

merintis usaha cetak undangan pernikahan

Mengemas undangan pernikahan bisa menjadi langkah terakhir yang dilakukan. Ada banyak jenis kemasan untuk undangan pernikahan, bisa dari bahan dasar kertas hingga plastik. Fungsi dari kemasan ini selain untuk melindungi undangan didalamnya juga berfungsi untuk mempercantik undangan pernikahan yang dibuat. (baca juga : Membuat Kemasan Produk Itu Penting, Jangan Sepelekan)

Usaha Cetak Undangan Pernikahan

Membuka usaha cetak undangan pernikahan bisa menjadi satu pilihan yang bisa dilakukan sebagai kegiatan usaha sampingan. Selain caranya yang mudah, merintis jasa cetak undangan juga tidak membutuhkan modal besar, bahkan hanya bermodal “mulut” saja duit bisa mengalir di kantong kita, oleh karena itu kepercayaan dari banyak orang menjadi salah satu bekal kunci sukses dalam menjalankan usaha ini.

Perlu diketahui juga, dalam membuat usaha cetak undangan pernikahan ini tidaklah membuat usaha percetakan yang harus membeli berbagai mesin cetak. Namun seseorang hanya cukup mencari pelanggan, dan proses cetak undangan pernikahan dilakukan oleh orang lain atau percetakan.

Meski terbilang sepele, menjalankan usaha ini juga perlu kesungguhan dan persiapan matang agar semua proses dapat berjalan lancar. Beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan diantaranya adalah :

1. Mengoleksi Contoh Undangan Pernikahan

Langkah pertama paling mudah untuk memulai usaha cetak undangan adalah dengan mengumpulkan berbagai macam koleksi kartu undangan pernikahan. Masing-masing koleksi harus berbeda antara satu dengan yang lain. Perbedaan ini bisa dari desain kartu undangan, bahan yang digunakan, ukuran kartu undangan, teknik cetak, pengemasan dan lain sebagainya. Dari semua perbedaan yang ada ini tentu akan mempengaruhi perbedaan harganya.

Untuk mengumpulkan koleksi undangan pernikahan, bisa didapatkan dari orang-orang di sekitar kita, dari tetangga, dari teman dekat, dari rekan bisnis ataupun datang ke toko kertas yang khusus menjual kartu undangan. Adapun bentuk koleksi ini bisa disusun dalam folder buku ataupun dibuatkan wadah khusus. Masing-masing kartu undangan pernikahan bisa diberi label harga jual dan juga spesifikasinya.

Koleksi undangan pernikahan selain disajikan dalam bentuk nyata (offline), usahakan juga bisa dilihat orang lain dalam bentuk online, misalnya ditampilkan di blog ataupun website, jejaring sosial dan juga bentuk soft file yang bisa dikirim via email. Hal ini perlu dilakukan untuk mempermudah calon pelanggan yang ingin mengetahui produk kartu undangan yang akan ditawarkan.

2. Mencari Toko Kertas Termurah dan Lengkap

Bisa mendapatkan toko kertas yang lengkap dan memiliki harga termurah mutlak diperlukan agar keuntungan yang didapatkan bisa maksimal dan bisa melayani konsumen secara optimal. Toko kertas yang menyediakan berbagai macam jenis kertas tentu akan mempermudah kita untuk melayani keinginan konsumen, mengingat selera setiap konsumen terhadap bahan kartu undangan pernikahan sangat bervariasi.

Di beberapa kota besar, biasanya ada beberapa toko kertas yang memiliki pelayanan khusus, misalnya toko kertas yang khusus menjual kertas kebutuhan kantor, toko kertas yang khusus menjual lembaran kertas ukuran besar (biasanya ukuran plano), dan juga ada toko kertas yang khusus menjual aneka macam bentuk kertas kosong undangan pernikahan.

Di toko kertas yang khusus menjual kartu undangan pernikahan biasanya sudah memiliki berbagai macam template undangan pernikahan dengan bentuk potongan kertas beserta elemen hiasnya. Selain itu di toko tersebut biasanya juga menyediakan kemasan undangan pernikahan berupa plastik dengan berbagai ukuran.

3. Kerja Sama Dengan Jasa Desain

Kerja sama dengan seseorang yang memiliki kemampuan desain grafis perlu dilakukan jika Anda tidak bisa mengerjakan desain undangan sendiri. Jasa desain inilah yang akan merancang undangan pernikahan ini, mulai dari menyusun tata letak, penyesuaian warna, pemilihan font, dan juga memecah semua warna menjadi standar warna cetak.

Jasa desain undangan pernikahan biasanya bisa ditemukan di beberapa biro desain, biro iklan, mahasiswa desain, di tempat usaha percetakan, maupun jasa desain online yang saat ini semakin mudah ditemukan. Masing-masing penyedia jasa tersebut biasanya juga akan mematok harga yang berbeda. Besar kecilnya harga ini biasa ditentukan berdasar kualitas desain, pengalaman, dan juga reputasi yang dimiliki. Untuk itulah pilihlah jasa desain yang sesuai kebutuhan.

4. Mencari Percetakan Offset Paling Murah

Setelah mendapatkan toko kertas untuk belanja bahan baku dan melakukan kerjasama dengan jasa desain undangan, langkah berikutnya adalah mencari percetakan yang palig murah di daerah Anda. Silahkan berkeliling mencari beberapa usaha percetakan offset yang ada, kemudian bandingkan sehingga bisa mendapatkan harga yang sesuai dengan kebutuhan.

Untuk menentukan percetakan mana yang akan dipilih, gunakan pertimbangan kualitas dan kecepatan proses mencetak. Masing-masing percetakan biasanya memiliki mesin cetak dan SDM yang berbeda sehingga akan mempengaruhi hasil yang berbeda pula. Melakukan kerjasama dengan beberapa percetakan sekaligus juga tidak masalah, hal ini untuk memenuhi kebutuhan beberapa segmen pasar yang dilayani dan juga sebagai alternatif tempat jika Anda sedang kebanjiran order yang memiliki deadline bersamaan.

Untuk mendapatkan harga yang lebih baik, usahakan dalam membuat usaha cetak undangan pernikahan Anda sudah memiliki nama usaha, sehingga bisa menjadi agen yang layak mendapatkan potongan harga saat melakukan transaksi cetak. (baca juga : Tips Membuat Nama Perusahaan Yang Bagus)

5. Survey Harga Undangan Pernikahan

Lakukan survey harga undangan pernikahan di pasaran, hal ini dilakukan untuk menentukan harga jual kartu undangan yang kita buat. Untuk awal-awal dalam melakukan usaha ini usahakan memberikan harga yang sama atau bahkan lebih murah. Memberi harga murah pada kartu undangan ini bisa dikatakan sebagai harga promosi, sehingga lambat laun harga bisa dinaikkan.

Meski memberi harga dibawah rata-rata itu penting dilakukan, namun bagaimanapun juga harus mempertimbangkan biaya produksi yang dilakukan. Jangan sampai ketika memberi harga murah namun justru usaha merugi. Laba sedikit tidak masalah asal untuk kedepannya bisa memperluas pasar dan mendapatkan banyak pelanggan.

6. Melakukan Promosi Usaha Cetak Undangan

Usaha apapun selalu butuh promosi untuk meningkatkan penjualan. Promosi usaha cetak undangan juga perlu dilakukan. Promosi bisa dilakukan dari cara paling sederhana yakni dengan bercerita pada sanak famili, tetangga, sahabat, rekan kerja atau siapapun yang dikenal.

Ada banyak strategi promosi yang sebenarnya bisa dilakukan, namun lakukan promosi yang paling mudah terlebih dahulu. Lakukan promosi sesuai dengan kemampuan yang ada dan pilih media yang paling tepat sehingga bisa efektif dan efisien. (baca Juga : Bauran Promosi (Promotion Mix) Dalam Pemasaran)

Contoh Undangan Pernikahan Unik

Membuat rangkaian acara pernikahan yang berkesan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya bisa dimulai dengan membuat undangan pernikahan unik. Ada banyak bahan dan media yang bisa digunakan untuk membuat undangan pernikahan agar bisa “berbeda” dari yang lain. Dengan membuat yang unik, hari pernikahan tentu akan menjadi sesuatu yang mudah diingat oleh orang lain, bahkan undangan tersebut bisa dikoleksi dalam waktu yang cukup lama.

Inspirasi bisa saja datang dari mana saja, termasuk dari hal-hal sepele yang ada di sekitar kita. Ekplorasi bahan dan media memang diperlukan untuk dapat menciptakan sesuatu yang “baru”. Selain itu juga perlu dipikirkan tentang desain yang akan diterapkan pada bahan yang ada.

Berikut ini kami sajikan beberapa contoh undangan pernikahan unik dari berbagai media yang digunakan :

1. Undangan pernikahan unik bahan dari gelas

Memanfaatkan gelas untuk undangan pernikahan meski agak terbilang mahal namun akan memberi kesan tersendiri bagi penerimanya. Undangan pernikahan yang biasanya akan dibuang begitu saja setelah membacanya, maka dengan bahan gelas ini tentu undangan akan dikoleksi ataupun bisa dimanfaatkan secara langsung oleh penerimanya sebagai tempat air minum.

contoh undangan dari gelas
contoh undangan dari gelas

Membuat undangan dari bahan gelas bisa dilakukan dengan membeli gelas-gelas kosong yang bisa dibeli di toko-toko perabot rumah tangga. Untuk menghasilkan tulisan pada permukaan gelas tersebut, bisa menggunakan teknik cetak sablon ataupun dengan cetak digital.

2. Undangan pernikahan unik bahan dari kaleng

Istilah “surat kaleng” bisa menjadi inspirasi dalam membuat surat undangan pernikahan. Dengan membeli kaleng baru ataupun memanfaatkan kaleng-kaleng bekas bisa digunakan sebagai kemasan surat undangan pernikahan.

undangan pernikahan unik bahan kaleng - rakucom
undangan pernikahan unik bahan kaleng – rakucom

Selain difungsikan sebagai kemasan surat, jika menggunakan kaleng baru maka didalamnya bisa diberi makanan ataupun minuman dalam kaleng. Untuk teks undangan bisa dicetak kertas dan ditempelkan pada permukaan kaleng tersebut.

3. Undangan pernikahan unik bentuk es krim

undangan-pernikahan-unik-bentuk-es-krim-britco

Undangan pernikahan yang berbentuk es krim ini sangat cocok bagi Anda yang tertarik dengan tampilan undangan yang sederhana, yakni tidak terlalu banyak kata dan cukup menginformasikan hal-hal penting saja. Selain harga bahan bakunya mudah didapat dan murah, membuat undangan pernikahan ini sangat mudah dikerjakan sendiri ataupun memesan pada orang lain. Bahan yang digunakan dalam membuat undangan ini cukup simple, bisa menggunakan kain beludru yang dicetak sablon ataupun menggunakan karpet tipis yang dipotong-potong.

4. Undangan pernikahan unik bentuk kartu kredit

Dalam membuat kartu undangan seperti pada gambar diatas memang bisa menghabiskan biaya yang cukup tinggi, namun hal tersebut juga akan memunculkan prestis yang tinggi pula bagi kedua mempelai.

undangan pernikahan unik bentuk kartu atm - modisontico
undangan pernikahan unik bentuk kartu atm – modisontico

Selain dapat difungsikan sebagai sarana informasi tentang penyelenggaraan pernikahan, kartu undangan yang terbuat dari mika ini juga bisa difungsikan sebagai gantungan kunci. Untuk bisa mendapatkan kartu undangan pernikahan seperti ini bisa memesan pada jasa cetak yang terbiasa membuat ID card.

5. Undangan pernikahan unik menyerupai passport

Surat-surat penting seperti Passport, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat izin mengemudi (SIM), Tiket perjalanan, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), bahkan Surat Nikah-pun bisa menjadi inspirasi dalam membuat kartu undangan pernikahan yang unik.

undangan pernikahan unik bentuk pasport - shaadisagacom
undangan pernikahan unik bentuk pasport – shaadisaga.com

Dengan menggunakan desain dan warna yang sama, surat undangan pernikahan bisa dibuat hanya dengan cara merubah teks yang ada didalamnya.

6. Undangan pernikahan unik berbentuk lipatan gaun pengantin

Memotong dan melipat memang bisa menjadi kegiatan yang mengasyikkan kala masih kecil dulu. Keasyikan ini juga bisa dilakukan kembali jika Anda tertarik membuat undangan pernikahan unik hasil dari memotong dan melipat kertas.

undangan pernikahan unik berbentuk gaun pengantin - casademadridensaopaulocom
undangan pernikahan unik berbentuk gaun pengantin – casademadridensaopaulo.com

Undangan pernikahan berbentuk lipatan gaun pengantin diatas hanyalah satu contoh, Anda bisa membuat dalam bentuk lain misalnya bentuk burung, katak, kapal, atau bentuk-bentuk origami lainnya.

7. Undangan pernikahan unik pada kemasan cokelat

Memanfaatkan jenis makanan ringan yang tahan lama juga bisa dijadikan sumber inspirasi dalam membuat undangan pernikahan. Seperti contoh diatas, undangan pernikahan dibuat sebagai pengemas dalam kue cokelat.

undangan pernikahan unik cokelat - brideandbreakfast-ph
undangan pernikahan unik cokelat – brideandbreakfast-ph

Anda-pun bisa memanfaatkan undangan pernikahan sebagai kemasan makanan, misalnya roti, wafer, kacang, keripik ataupun yang lain. Bahan baku untuk membuat undangan dalam bentuk kemasan sebaiknya juga disesuaikan dengan makanan yang akan dikemas. Bahan bisa berupa plastik, kertas, kaleng, atau yang lain.

8. Undangan pernikahan unik dari bahan balon

Balon sering diidentikkan dengan sebuah acara kemeriahan seperti acara ulang tahun ataupun acara pesta. Untuk itulah jika Anda ingin melangsungkan pesta pernikahan tidak ada salahnya jika undangan dibuat dari bahan balon.

undangan pernikahan unik dari balon - britco
undangan pernikahan unik dari balon – britco

Ada beragam bentuk dan warna balon yang beredar di pasaran,  pilihlah yang sesuai dengan selera. Untuk membuat tulisan di permukaan balon tersebut bisa memesan pada tukang sablon di kota Anda.

9. Undangan pernikahan unik memanfaatkan disket bekas

Perkembangan teknologi memang berjalan cukup cepat, banyak hardware yang hingga kini semakin ditinggalkan seperti disket ataupun kepingan VCD. Bagi insan kreatif, barang-barang tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat undangan pernikahan.

undangan pernikahan unik dari disket bekas - infinigeekcom
undangan pernikahan unik dari disket bekas – infinigeek.com

Pemanfaatannya juga cukup mudah, yakni dengan mencetak label yang berisi informasi acara pernikahan kemudia menempelkan label tersebut pada kepingan disket ataupun VCD yang ada. Bagi yang memiliki biaya lebih, biasanya kepingan VCD/DVD juga bisa diisi dengan video pre-wedding yang telah dibuat sebelimnya.

10. Undangan pernikahan unik surat dalam botol

Surat dalam botol ini mengingatkkan pada cerita-cerita romantis masa lalu. Dengan mengambil sisi romantisme tersebut, surat undangan bisa dibuat dengan memanfaatkan botol bekas sebagai wadah surat undangan pernikahan.

undangan pernikahan unik dengan botol - letsgovikescom
undangan pernikahan unik dengan botol – letsgovikes.com

Seperti tampak pada gambar diatas, surat undangan digulung dan didalamnya diberi pasir laut kemudian ditutup dengan potongan busa ataupun kayu. Meski agak ribet dan bisa menghabiskan biaya yang tinggi, surat undangan ini dapat memunculkan kesan unik dan klasik.

11. Undangan pernikahan unik dari korek api

undangan-pernikahan-unik-korek-api-brideandbreakfast-ph
undangan-pernikahan-unik-korek-api-brideandbreakfast-ph

Inspirasi untuk membuat undangan pernikahan yang unik bisa didapatkan dari mana saja, termasuk dari korek api. Dengan memanfaatkan kemasan korek api sebagai media untuk membuat surat undangan, maka undangan yang akan dibagikan bisa menjadi multi guna bagi penerimanya. Untuk membuatnya juga cukup mudah, beli korek api secukupnya, kemudian mencetak kertas atau stiker yang berisi undangan yang selanjutnya dapat ditempel pada undangan pernikahan tersebut.

12. Undangan pernikahan unik memanfaatkan bekas roll film

Memanfaatkan bekas selongsong roll film foto juga cukup unik jika digunakan sebagai kartu undangan pernikahan.

undangan pernikahan unik roll film foto - weddiingentirecom
undangan pernikahan unik roll film foto – weddiingentire.com

Selain saat ini sudah cukup langka untuk mendapatkannya, tentu juga akan lebih ribet dalam pembuatannya. Meski demikian undangan ini memang akan mengingatkan kita pada kenangan masa lalu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*