kewirausahaan, pendidikan, pernikahan, ibu hamil, teknologi informasi>

Proses Perubahan Dan Arti Logo Pertamina



Logo Pertamina Baru

Pertamina (Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Nasional) adalah satu-satunya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bertugas mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia. Perusahaan ini terbentuk pada tahun 1968 hasil gabungan dari perusahaan Pertamin yang bergerak di bidang pemasaran dengan Permina yang bergerak di bidang produksi.

Penyatuan dua perusahaan ini bertujuan untuk menyatukan tenaga, modal dan sumber daya yang ada saat itu, hal ini diatur melalui Peraturan Pemerintah (PP) no.27 tahun 1968  yang dikeluarkan Presiden pada 20 Agustus 1968.

Sejak disatukannya PN Petamin dan PN Permina, maka secara otomatis berbagai atribut yang melekat pada kedua perusahaan tersebut juga disatukan, termasuk logo/lambang dari keduanya.

Logo PN Pertamina dibuat dengan menggabungkan unsur yang terdapat dalam dua logo perusahaan sebelumnya. Logo Permina yang terdiri dari gambar dua kuda laut, Bintang dan Pita tetap dipertahankan dengan menambahkan warna biru yang terdapat dalam logo Pertamin sebagai latar belakang logo Perusahaan yang baru.

Logo Pertamina
Evolusi Logo Pertamina

Dalam keputusan direksi Pertamina No. 914/kpts/dr/du/1971 secara resmi memberlakukan logo baru tersebut sebagai simbol PT. Pertamina. Dalam keputusan tersebut ditetapkan beberapa hal tentang lambang PT. Pertamina yakni :

  1. Bentuk lambang adalah simetris berisi-empat-lengkung;
  2. Bintang bersudut lima berwarna kuning emas;
  3. Bintang diapit oleh 2 ekor kuda laut berwarna merah yang saling berhadapan
  4. Ekor kuda laut dihubungkan dengan pita berwarna kuning ;
  5. Pita kuning bertuliskan Pertamina dengan warna merah;
  6. Dasar Lambang berwarna biru
  7. Garis-garis hitam dalam bintang harus lebih tipis dari countur bintang;
  8. Bintang bersudut lima : Tenaga (kekuatan) pendorong dalam melaksanakan suatu tugas untuk mencapai cita-cita Nasional;
  9. Kuda Laut : Fosil-fosil yang mengandung minyak dan mempunyai daya hidup yang besar;
  10. Pita (banner) : Ikatan penggalang persatuan dan kebulatan tekad;
  11. Warna merah : Keuletan, ketegasa dan keberanian dalam menghadapi pelbagai kesulitan;
  12. Warna Kuning : Keagungan cita-cita yang hendak dicapai dalam ketekunan dan penuh keyakinan;
  13. Warna Biru : Kesetian kepada Tanah air, dasar negara Pancasila dan dasar (lambang) UUD 1945;

Wajah baru logo Pertamina

Seiring dengan kemajuan zaman yang berkembang di berbagai bidang, perwajahan logo PT. Pertamina-pun juga tidak mau ketinggalan dengan para kompetitor asing yang siap menyerang Indonesia. Pada tahun 2005 PT. Pertamina mengganti logonya dengan bentuk yang lebih sederhana guna menyesuaikan perkembangan trend desain promosi saat ini, yakni simpel, mudah diingat, tapi elegan. (Baca juga : Membuat Logo Untuk Brand Perusahaan, Ini Caranya)

logo pertamina baru
logo pertamina baru

Logo PT. Pertamina (persero) yang baru membentuk huruf ‘P’ yang terdiri dari tiga bidang belah ketupat yang berwarna biru, hijau dan merah. Adapun filosofi yang terkandung dalam logo PT. Pertamina yang baru ini diantarannya adalah :

  1. Biru mencerminkan : Andal, dapat dipercaya dan bertanggung jawab;
  2. Hijau mencerminkan : Sumber daya energi yang berwawasan lingkungan;
  3. Merah mencerminkan : Keuletan dan ketegasan serta keberanian
    dalam menghadapi berbagai macam kesulitan;

Logo baru PT. Pertamina ini dibuat oleh perusahaan desain dan konsultan merk Landor asal San Fransisco.  Diresmikan dan diberlakukan terhitung mulai tanggal 10 desember 2005.




Indonesia Kuat – Kang Jais (Official Video Music)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*