Pra Produksi

Makeup dan Key Hair Stylist aktris film

Makeup dan Key Hair Stylist

Tim makeup  dalam produksi film merupakan tim yang turut berperan penting dalam membangun karakter setiap tokoh dalam film. Tim ini biasanya menjadi satu dengan penata rambut (Key Hair Stylist).

Mereka akan bekerjasama secara langsung dengan penata busana untuk turut me-remake tokoh film sesuai dengan naskah skenario.

Dalam produksi film skala kecil, bagian makeup juga merangkap sebagai penata rambut dan dimasukkan kedalam Departemen Artistik.

Meski sama-sama merias, tata rias untuk film memiliki karakter dan kebutuhan yang berbeda dengan tata rias panggung pertunjukan.

Kekuatan kamera yang mampu merekam secara detil subyek, menuntut para perias lebih teliti.

Detil-detil yang terekam dalam kamera video/film akan sangat terlihat jelas jika diproyeksikan dalam layar sinema.

Tim Makeup Artis

Tim makeup dalam produksi film

Tim makeup dalam produksi film terdiri dari beberapa anggota yang memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda.

Anggota tim

Berikut adalah beberapa anggota yang biasanya terlibat dalam tim ini:

  1. Makeup Artist/Head Makeup Artist, adalah anggota tim yang bertanggung jawab secara keseluruhan atas makeup dalam produksi film. Mereka membuat rencana, memimpin tim, dan berkomunikasi dengan sutradara dan desainer produksi untuk menciptakan tampilan yang sesuai dengan visi film.
  2. Assistant Makeup Artist,  Ia bekerja di bawah bimbingan Makeup Artist utama dan membantu dalam persiapan maupun penerapan makeup. Ini termasuk persiapan perawatan kulit, aplikasi produk, dan perawatan rambut. Mereka juga dapat membantu dalam memantau konsistensi makeup selama pengambilan gambar.
  3. Special Effects Makeup Artist, adalah anggota tim yang khusus bertanggung jawab untuk menciptakan efek khusus pada karakter, seperti luka, bekas luka, prosthesis, atau perubahan penampilan ekstrim. Mereka memiliki keahlian khusus dalam menciptakan tampilan yang realistis menggunakan teknik dan bahan khusus.
  4. Prosthetic Makeup Artist,  adalah anggota tim yang terampil dalam membuat dan menerapkan prosthesis wajah atau tubuh. Mereka bekerja dengan material seperti silikon atau lateks untuk menciptakan perubahan penampilan yang dramatis pada karakter.
  5. Makeup Assistant/Crew, adalah anggota tim yang membantu dalam persiapan, perawatan, dan pengaturan peralatan makeup. Mereka dapat membantu dalam pengorganisasian area makeup, membersihkan dan merawat peralatan, dan membantu dengan tugas-tugas umum di lokasi produksi.

Tugas-tugas Tim ini:

  1. Menganalisis skrip dan karakter untuk memahami kebutuhan makeup yang sesuai.
  2. Membuat rencana makeup untuk setiap karakter berdasarkan deskripsi dan arahan dari sutradara dan desainer produksi.
  3. Menerapkan makeup yang sesuai, termasuk foundation, concealer, eyeshadow, blush, lipstick, dan lainnya, sesuai dengan kebutuhan karakter dan suasana adegan.
  4. Menerapkan efek khusus, seperti tato sementara, luka palsu, atau penuaan, jika diperlukan.
  5. Memastikan konsistensi tampilan makeup di setiap adegan dan memantau retouching selama pengambilan gambar.
  6. Bekerja sama dengan sutradara, desainer kostum, dan fotografer untuk memastikan tampilan karakter yang konsisten dan sesuai dengan visi keseluruhan film.

Tim Key Hair Stylist

Tim Key Hair Stylist dalam produksi film

Tim Key Hair Stylist dalam produksi film adalah anggota tim yang bertanggung jawab untuk menciptakan tampilan rambut karakter dalam film.

Anggota tim

Berikut ini anggota yang biasanya terlibat dalam tim Key Hair Stylist:

  1. Key Hair Stylist, adalah anggota tim yang bertanggung jawab secara keseluruhan atas tata rambut dalam produksi film. Ia bekerja sama dengan sutradara dan desainer produksi untuk menciptakan tampilan rambut yang sesuai dengan karakter dan visi film. Key Hair Stylist membuat rencana tata rambut, memimpin tim, dan bertanggung jawab untuk memastikan konsistensi tampilan rambut di seluruh produksi.
  2. Assistant Hair Stylist, Ia bekerja di bawah bimbingan Key Hair Stylist, membantu dalam persiapan dan penerapan tata rambut, termasuk mencuci, mengeringkan, dan menyisir rambut. Selain itu orang ini juga  menggunakan alat-alat styling seperti hairdryer, catokan, atau sisir panas. Mereka juga dapat membantu dalam perapihan dan perawatan rambut selama pengambilan gambar.
  3. Wig Master/Wig Stylist adalah anggota tim yang khusus bertanggung jawab untuk penggunaan dan perawatan wig (rambut palsu) dalam produksi film. Mereka memilih, menyesuaikan, dan merawat wig untuk karakter yang membutuhkannya. Wig Master juga dapat membantu dalam mengatur tatanan wig pada setiap pengambilan gambar.
  4. Hair Assistant/Crew, adalah anggota tim yang membantu dalam persiapan, perawatan, dan pengaturan peralatan rambut. Mereka dapat membantu dalam mencuci, menyisir, dan merapikan rambut, serta merawat alat-alat styling dan aksesori rambut. Mereka juga dapat membantu dengan tugas-tugas umum di lokasi produksi.

Tugastugas Tim Key Hair Stylist:

  1. Tim Key Hair Stylist berkolaborasi dengan sutradara dan desainer produksi untuk memahami visi mereka tentang tampilan rambut karakter dalam film. Mereka mendiskusikan konsep, gaya, dan referensi rambut yang sesuai dengan karakter dan suasana film.
  2. Membuat rencana tata rambut yang mencakup pemilihan gaya rambut, teknik styling, dan penggunaan aksesori rambut yang diperlukan untuk menciptakan tampilan yang diinginkan. Mereka mempertimbangkan kecocokan dengan karakter, setting, dan periode waktu film.
  3. Tim Key Hair Stylist bertanggung jawab untuk memilih dan mempersiapkan aksesori rambut seperti wig, ekstensi rambut, topi, atau headpiece yang diperlukan untuk menciptakan tampilan yang sesuai dengan karakter dan visi film.
  4. Secara aktif terlibat dalam penerapan tata rambut pada aktor dan aktris selama produksi film. Mereka mencuci, mengeringkan, dan menyisir rambut, serta menggunakan alat-alat styling seperti hairdryer, catokan, atau sisir panas untuk menciptakan tampilan yang diinginkan.
  5. Bertanggung jawab untuk merawat dan mempertahankan kondisi rambut aktor dan aktris selama produksi. Mereka memberikan perawatan khusus seperti pemotongan, pemulasan, atau perapihan rambut sesuai kebutuhan.
  6. Memastikan konsistensi tampilan rambut karakter dari adegan ke adegan. Mereka bekerja sama dengan sutradara, desainer produksi, dan anggota tim produksi lainnya untuk memastikan tampilan rambut yang konsisten dan sesuai dengan cerita yang sedang diceritakan.
  7. Berkolaborasi dengan tim makeup untuk menciptakan tampilan wajah dan rambut yang harmonis. Mereka berkoordinasi untuk mencapai hasil yang konsisten dan mendukung visi keseluruhan produksi film.

Tugas Tim Key Hair Stylist sangat penting dalam menciptakan tampilan visual yang sesuai dengan karakter, cerita, dan visi film.

Mereka bekerja secara kreatif dan kolaboratif untuk menghasilkan tatanan rambut yang menggambarkan karakter secara akurat dan memperkuat narasi film.

Tim Key Hair Stylist bekerja sama dengan tim makeup dan anggota tim produksi lainnya untuk mencapai tampilan yang sesuai dengan karakter dan visi film.

Baca juga : Peran Art Departement Saat Pembuatan Film

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top