kewirausahaan, pendidikan, pernikahan, ibu hamil, teknologi informasi>

Lomba 17 Agustus Agar Sukses, Ini Tipsnya

ide-lomba-17-agustus-bakiak

Menggelar lomba 17 Agustus banyak dilakukan masyarakat untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Acara tahunan ini biasanya diisi dengan berbagai perlombaan untuk mempererat kebersamaan warga masyarakat.

Meski kebanyakan lomba diadakan dalam skala kecil, namun apabila dikelola dengan baik maka acara akan dapat berjalan lebih baik dan lancar. Bahkan bagi beberapa Karang Taruna yang serius mengelola event ini, bisa menjadi ajang pemberdayaan ekonomi masyarakat. Ada acara, ada banyak penonton, perputaran ekonomi pun berjalan.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar penyelenggaraan lomba 17 Agustus bisa berjalan sukses berikut ini tips-tipsnya.

>> Merencanakan dan Mengorganisir Lomba 17 Agustus

Mempersiapkan gelaran lomba 17 Agustus menjadi satu hal yang mutlak diperlukan agar acara bisa berjalan dengan lancar. Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam persiapan ini diantaranya adalah;

1. Membentuk panitia penyelenggara.

Panitia penyelenggara lomba 17 agustus ini dibentuk untuk mengurus berbagai hal mengenai jalannya lomba, mulai dari perencanaan, menentukan materi lomba, waktu dan tempat penyelenggaraan, penggalangan dana, pelaksanaan lomba, penyerahan hadian dan evaluasi jalannya lomba.

Banyak sedikitnya panitia yang akan dilibatkan dalam penyelenggaraan lomba 17 Agustus sangat tergantung dari besar kecilnya lomba yang akan diadakan. Semakin besar skala lomba, maka akan semakin banyak pula panitia yang akan dilibatkan.

Struktur panitia penyelenggara biasanya terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, dan seksi-seksi lomba lainnya. Banyaknya lomba yang akan diadakan juga akan mempengaruhi banyaknya panitia yang akan dilibatkan. (Baca juga : Ingin Membuat Panitia Event? Ini Tugas Dan Tanggung Jawabnya)

2. Menentukan jenis lomba yang akan diselenggarakan

Menggelar Lomba 17 Agustus
Lomba 17 Agustus/Tempo/Fully Syafi

Ada banyak jenis lomba 17 Agustus yang sudah sering dilakukan masyarakat. Meski ada banyak pilihan lomba, namun tentukan jenis lomba tersebut berdasarkan kebutuhan masyarakat sekitar.

Konsultasikan dengan para tokoh masyarakat, karena pemilihan jenis lomba juga akan mempengaruhi kebutuhan pendanaan, usia dan jumlah calon peserta, dan juga tempat penyelenggaraan lomba.

3. Menentukan Waktu dan Tempat Perlombaan

Waktu penyelenggaraan lomba 17 Agustus akan lebih baik jika dilaksanakan sebelum tanggal Hari Kemerdekaan. Adapun waktu pelaksanaan adalah pada sore hari setelah anak-anak pulang sekolah ataupun memanfaatkan waktu libur sekolah.

Penyelenggaraan lomba yang dilaksanakan sebelum tanggal 17 Agustus dimaksudkan agar penyerahan hadiah bisa dilakukan disela-sela saat upacara bendera ataupun saat malam tirakatan.

Tempat untuk penyelenggaraan lomba 17 Agustus sebaiknya di tempat terbuka seperti lapangan atau pelataran balai desa/kelurahan. Jika tempat terbuka tidak ada bisa menggunakan jalan kampung, namun syaratnya harus ada jalur alternatif jika terpaksa penyelenggaraan lomba harus menutup jalan.

4. Menentukan Hadiah lomba 17 Agustus

Bukan rahasia lagi jika hadiah lomba adalah daya tarik paling ampuh untuk menarik minat peserta lomba. Semakin tinggi nailai hadiah yang disediakan, tentu akan semakin banyak peserta yang bersedia terlibat diacara tersebut.

Nilai sebuah hadiah sebenarnya tidak hanya seberapa banyak uang yang disediakan panitia. Namun jenis penghargaan tersebut bisa berbentuk macam-macam. Mulai dari hadiah berupa barang, marchandise, uang, piala, piagam, dan juga gengsi acara itu sendiri.

Menentukan besaran hadiah lomba biasanya ditentukan berdasarkan faktor kesulitan jenis lomba yang diselenggarakan, usia peserta yang dilibatkan, dan tentu jumlah dana yang tersedia.

5. Menentukan Sistem Promosi dan Registrasi Peserta Lomba

Sistem regristasi lomba 17 Agustus bisa dilakukan dengan beberapa cara yang bisa ditempuh. Panitia penyelenggara bisa mendata langsung siapa saja yang diperkirakan dapat mengikuti perlombaan, kemudian menghubungi orang bersangkutan untuk memastikan kesediaannya untuk mengikuti lomba. Cara kedua yaitu dengan membuat pengumuman yang ditempel di papan-papan informasi.  Cara ketiga yaitu dengan mengumumkan kegiatan lomba 17 Agustus di acara ibu-ibu PKK, acara kumpulan RT, dan acara-acara lainnya.

Tim khusus yang ditugaskan dibagian registrasi ini memiliki tanggung jawab untuk menentukan seberapa banyak peserta yang akan dilibatkan. Banyaknya peserta yang terlibat akan mempengaruhi lama tidaknya lomba berlangsung. Semakin sedikit peserta yang ikut, berarti penyelenggaraan lomba bisa semakin singkat.

Selain menggunakan cara diatas, jika acara lomba memang dibuat semeriah mungkin, jangan ragu untuk membuka kerjasama promosi dengan pihak lain. Kerjasama promosi bisa dilakukan dengan koran lokal, radio lokal, dan juga memanfaatkan medi promosi  di sosial media. (Baca juga : Macam-Macam Media Iklan Untuk Promosi)

6. Perizinan Acara Lomba.

Meski hanya sebatas acara lomba 17 Agustus, akan lebih baik jika acara tersebut memiliki izin resmi dari pemangku kebijakan dilingkungan sekitar. Bisa dimulai dari izin RT/RW, lurah/Kepala Desa, ataupun kepolisian setempat.

Perizinan kalau bisa tidak hanya berupa lisan, namun juga tertulis berupa surat izin penyelenggaraan acara. Hal ini penting, karena selain berguna untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, perizinan ini berguna untuk lampiran proposal kegiatan jika ingin mengajukan pendanaan ke pihak sponsor.

7. Sarana Informasi

Setelah semua persiapan sudah ditentukan, satu hal yang tidak kalah penting adalah membuat sejumlah sarana informasi kegiatan lomba 17 Agustus.

Sarana informasi lomba ini bisa berupa tulisan maupun tanda-tanda untuk menjelaskan berbagai hal yang menyangkut kebutuhan lomba, misalnya papan penunjuk tempat parkir, tempat registrasi ulang, toilet, lokasi lomba, nomor peserta, ID card panitia, dan lain sebagainya. Informasi ini berguna untuk mempermudah semua orang yang terlibat dalam lomba tersebut.

8. Penggalangan Dana

Sekecil apapun lomba 17 Agustus yang akan diselenggarakan, pasti tidak akan terlepas dari urusan dana. Setelah semua hal tentang perlombaan ditentukan, langkah selanjutnya adalah menentukan besaran dana yang dibutuhkan dan bagaimana cara untuk mendapatkan dana tersebut.

Beberapa sumber dana yang bisa diakses untuk mensukseskan acara lomba 17 Agustus diantaranya : Iuran warga, registrasi peserta, donatur, dana pemerintah, dan sponsorship. Usahakan semua jalur ditempuh agar acara lomba bisa berjalan dengan lancar. Jangan enggan untuk membuat proposal. (Baca juga : Cara Membuat Proposal Kegiatan Untuk Cari Sponsor)

>> Pelaksanaan Lomba 17 Agustus

Setelah semua persiapan penyelenggaraan lomba sudah dilakukan, proses selanjutnya dalah melaksanakan perencanaan lomba tersebut di lapangan. Beberapa hal umum yang harus dilakukan saat pelaksanaan lomba diantaranya adalah :

1. Persiapan tempat Perlombaan.

Sediakan semua fasilitas lomba di sekitar area perlombaan sesuai dengan rencana. Jika perlombaan diadakan di jalan raya maka jalan-jalan harus sudah bebas dari kendaraan, penunjuk jalan sudah ada pada tempatnya masing-masing, tempat registrasi ulang, dan untuk acara sederhana panitia lomba sudah siap satu-dua jam sebelum acara lomba dimulai.

2. Pelaksanaan Lomba

Sebelum lomba dilaksanakan, cobalah untuk membuat acaraa pembukaan, acara bisa dimulai dari sambutan tokoh masyarakat yang sekaligus sebagai pembuka acara lomba. Untuk menghangatkan suasana, hadirkan MC yang memiliki selera humor tinggi agar dapat lebih memeriahkan suasana acara dan memicu semangat para peserta. Pastikan juga semua panitia benar-benar terlibat.

3. Dokumentasikan

Untuk mendokumentasikan acara, sediakan seksi dokumentasi di beberapa titik agar dapat mengabadikan momen-momen penting dan unik dari tiap peserta lomba, terutama pada saat mulai dan penyelesaian lomba. Peserta yang sangat suka berfoto akan bergaya dengan sendirinya di depan kamera.

4. Jaga Kebersihan dan Ketertiban

Arena lomba biasanya akan dipadati oleh banyak orang, apalagi jika disekitar arena lomba terdapat pedagang kaki lima ataupun bazar. Usahakan untuk menyediakan tempat sampah di beberapa titik. Setelah acara lomba selesai, panitia bersegeralah membersihkan sampah.

5. Penyerahan Hadiah Lomba 17 Agustus

Setelah acara lomba dilaksanakan dan sudah ditentukan pemenangnya, maka sesi pengumuman pemenang lomba dan penyerahan hadiah akan selalu menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh peserta.

Seperti yang sudah disinggung di awal artikel, penyerahan lomba 17 Agustus bisa dilakukan saat malam tirakatan, bisa juga di sela-sela upacara bendera, atau bahkan bisa juga dilakukan dengan membuat acara khusus beserta pentas seni.

>> Evaluasi dan Laporan Lomba

Setelah semua berakhir, satu hal yang harus dilakukan setiap membuat acara adalah evaluasi dan membuat laporan pelaksanaan kegiatan.

Tujuan dari evaluasi ini adalah sebagai alat untuk memperbaiki dan merencanakan acara lomba 17 Agustus tahun depan, untuk mengoreksi dana yang telah digunakan, memperbaiki alokasi suber daya manusia yang terlibat, memperbaiki manajemen saat ini serta dimasa yang akan datang, dan mengkoreksi semua pelaksanaan kegiatan sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran.

Upayakan hasil dokumentasi seperti foto dan video diunggah secara online agar dapat dilihat oleh masyarakat umum sebagai laporan kegiatan.

>> Ide Lomba 17 Agustus

Ide lomba 17 agustus menjadi satu hal yang penting setiap kali akan memperingati hari kemeredekaan RI. Dengan menyelenggarakan lomba, kemeriahan dan keseruan dapat diciptakan dilingkungan sekitar kita.

Acara lomba setiap bulan Agustus, sepertinya sudah menjadi tradisi turun-menurun dari sejak dulu. Biasanya penyelenggara acara tujuhbelasan ini adalah Karang Taruna atau ketua daerah di masing-masih tempat.

Ada banyak sekali ide lomba yang sebenarnya bisa diselenggarakan di hari kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Beberpaa ide lomba yang bisa dilakukan diantaranya lomba antar kelompok maupun lomba antar individu.

Ide Lomba 17 Agustus Kelompok :

1. Lomba Balap Sarung

lomba 17 agustus balap sarung
Lomba balap sarung/Sumber

Lomba balap sarung merupakan lomba lari berkelompok dimana pesertanya terdiri dari beberapa orang yang dimasukkan dalam satu sarung. Satu kelompok biasanya terdiri dari minimal 3 orang. Bagi kelompok yang kompak tentu akan dapat mencapai garis finis dengan cepat, namun bagi mereka yang tidak kompak maka akan sangat sulit menjaga keseimbangan dan mudah terjatuh.

2. Lomba Balap Kereta Balon

ide lomba 17 agustus balap balon
Lomba balap balon/Istimewa

Ide lomba balap kereta balon ini dilakukan secara kelompok, satu kelompok bisa terdiri dari 4-6 orang. Caranya;

  • Buatlah dua kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang.
  • Setiap kelompok berjajar ke belakang, sediakan 3 balon di depan kelompok peserta dengan jarak sekitar 10 meter.
  • Dalam satu kelompok, peserta pertama (paling depan) mengambil balon kemudian menjemput peserta kedua.
  • Peserta pertama dan kedua kemudian berlari mengambil balon kedua, dengan balon pertama yang diletakkan diantara tubuh peserta. Kedua peserta tadi menjemput peserta ke-3.
  • peserta ke-1, 2, 3 berlari mengambil balon ketiga dengan 2 balon yang diletakkan diantara tubuh peserta. dan seterusnya..
  • Kelompok peserta yang paling cepat menghabiskan balon dengan balon yang tidak terjatuh adalah pemenangnya.

3. Lomba Bakiak

ide lomba 17 agustus bakiak
Lomba Bakiak/Suaramerdeka.com

Ide lomba balap lari dengan menggunakan bakiak juga banyak dilakukan saat perlombaan 17 Agustus. Lomba ini dilakukan secara kelompok yang terdiri dari 2-4 orang.

Sarana yang digunakan adalah sepasang papan kayu yang dibuat seperti sendal sehingga bisa dipakai secara bersamaan. Perlu kesimbangan, kekompakan, dan kecepatan untuk bisa mencapai garis finish pertama kali.

4. Lomba Panjat Pinang

ide lomba panjat pinang
Lomba panjat pinang

Panjat pinang bisa menjadi salah satu pilihan ide lomba untuk memeriahkan acara 17 agustus yang mampu menyedot penonton cukup banyak. Selain bisa menciptakan suasana lucu, lomba ini juga mampu menciptakan ketegangan tersendiri.

Lomba panjat pinang sering dilakukan dalam beberapa acara lomba untuk mendidik peserta agar mampu saling bekerja sama, berbagi tugas sesuai dengan porsinya, dan kekompakan. Ide lomba panjat pinang sendiri konon lahir sebagai satu bentuk sarana untukmengingatkan kita akan perjuangan pahlawan ketika menurunkan bendera musuh yaitu Belanda yang diganti dengan sang Merah Putih, bendera Indonesia.

Secara teknis, lomba panjat pinang dilakukan oleh beberapa orang yang harus mengabil hadiahnya dengan cara memanjat tiang bambu yang telah dilumuri dengan minyak ataupun oli. Bagi kelompok yang mampu sampai diatas, maka dia berhak memilih dan mengambil hadiah.

5. Lomba Tarik Tambang

ide lomba tarik tambang
Lomba tarik tambang/sumber

Tarik tambang meski bukan ide lomba yang baru, namun perlombaan ini juga cukup mampu memeriahkan suasana perayaan 17 Agustus. Alat perlombaan ini juga cukup mudah, hanya membutuhkan tali tambang yang cukup besar.

Tarik tambang dilakukan secara kelompok, masing-masing kelompok bisa terdiri dari 5-6 orang. Pada umumnya lomba tarik tambang diikuti oleh mereka yang memiliki tubuh kuat sehingga dapat dengan mudah mengalahkan lawan.

6. Lomba pindah Sarung

ide lomba pindah sarung
Lomba pindah sarung/sumber

Lomba pindah sarung bisa menjadi salah satu ide lomba yang dapat dilakukan di daerahmu saat perayaan 17 Agustus. Lomba pindah sarung ini juga dilakukan secara kelompok.

Teknisnya, dua kelompok saling berhadapan. Masing-masing kelompok saling bergandengan tangan. Bentuk perlombaanya adalah memindah sarung dari orang paling kanan ke paling kiri dengan cara memasukkan sarung tersebut ke tubuh mereka. Saat sarung berpindah, tangan tidak boleh lepas. Mereka yang paling cepat adalah pemenangnya.

7. Lomba memindah karet menggunakan sedotan

Ide Lomba Memindah Karet
Lomba Memindah Karet/sumber

Lomba memindahkan karet gelang menggunakan sedotan ini juga bisa dilakukan secara kelompok. Teknisnya hampir sama dengan lomba memindahkan sarung, hanya saja alatnya menggunakan karet gelang dan yang dipakai sebagai alat memindah adalah sedotan.

8. Lomba tata rias dengan mata tertutup

ide lomba rias wajah mata tertutup
Lomba rias wajah dengan mata tertutup/Sumber

Merias wajah dengan mata tertutup bisa menjadi ide lomba yang sangat lucu. Lomba ini bisa dilakukan dengan membentuk beberapa pasangan peserta. Masing-masing peserta tersebut dipilih untuk menjadi perias dan obyek yang dirias. Riasan yang paling rapi bisa menjadi pemenang lomba.

9. Sepak Bola Terong

ide lomba sepak bola terong
Lomba sepak bola terong/sumber

Sepak bola terong adalah lomba yang menggunakan terong sebagai alat untuk menendang bola. Terong tersebut bisa digantung pakai tali pada tubuh peserta. Sebagaimana sebuah tim sepak bola, lomba sepak bola terong ini juga bisa dilakukan secara kelompok.

10. Futsal pakai daster

ide lomba futsal pakai sarung
Lomba futsal pakai sarung/sumber

Lomba Futsal dengan menggunakan daster biasanya diperuntukkan bagi bapak-bapak. Teknis permainannya juga hampir sama denga sepak bola, siapa yang paling banyak mencetak gol, dialah pemenangnya.

Ide Lomba 17 Agustus Individu :

1. Lomba Balap Karung

ide lomba balap karung
Lomba balap karung/Istimewa

Lomba balap karung bisa jadi telah menjadi salah satu lomba yang hampir wajib ada disetiap perlombaan 17 Agustus. Lomba yang memanfaatkan karung goni sebagai alat untuk balapan lari ini memang bisa memecahkan suasana menjadi meriah karena kelucuannya.

Untuk menyelenggarakan lomba balap karung juga cukup mudah. Panitia penyelenggara hanya membutuhkan karung goni (karung beras ukuran besar), peserta disuruh masuk kedalamnya, kemudian berlomba untuk menjadi yang pertama menuju garis finish. Pada umumnya lomba balap karung diikuti oleh 3 sampai 4 orang dalam sekali perlombaan.

Lomba balap karung ini bisa dilakukan secara individu maupun kelompok. Jika lomba dilakukan secara kelompok maka secara teknisnnys adalah saat peserta pertama mencapai garis finish, dia harus cepat-cepat keluar dari karung dan diganti dengan peserta kedua untuk berlari kembali, dan begitu selanjutnya sampai semua peserta dalam satu regu itu sudah berlari dan mencapai garis finish. Regu yang pertama kali mencapai garis finish dialah pemenangnya.

2. Lomba Balap Karung Pakai Helm

ide lomba balap karung pakai helm
Lomba balap karung pakai helm

Hampir sama dengan balap karung biasa, perbedaannya terletak pada peserta lomba yang harus dibungkus menggunakan karung dan memakai helm sebagai pelindung dari benturan.

Peseta yang mengikuti lomba lari ini harus bisa mencapai garis finish dengan cara lari katak (berlari sambil jongkok). Siapa yang samapi pada garis finish pertama kali, dialah pemenangnya.

3. Balap Kelereng Pakai Sendok

ide lomba balap kelereng
Lomba balap kelereng/sumber

Ide lomba balap kelereng ini memang sangat sering dilakukan saat peringatan 17 Agustus. Meski termasuk ide lawas, namu perlombaan ini masih tetap digemari oleh kalangan anak-anak.

Cara mengadakan lomba balap kelereng juga cukup mudah. Alat yang digunakan hanya sendok makan dan kelereng. Peserta yang ikut lomba harus menggigit sendok tersebut dengan ujungnya diberi kelereng. Peserta lomba harus berjalan secepat mungkin untuk mencapai garis finish pertama kali untuk jadi pemenang. Lomba balap kelereng ini menekankan pada kekuatan gigi dan keseimbangan.

4. Naik sepeda diatas air

ide lomba sepeda di atas air
Lomba sepeda di atas air

Jika ditempat Anda ada sungai yang cukup dialiri air, kolam ikan yang tak terpakai, ataupun persawahan yang banyak airnya, ide lomba naik sepeda diatas air bisa Anda selenggarakan.

Caranya juga cukup mudah. Buatlah lintasan diatas air dengan menggunakan papan kayu sepanjang lebih dari 3 meter. Peserta yang mengikuti lomba harus melewati lintasan sambil naik sepeda sampai garis finish. Peserta yang paling cepat dan tidak terjatuh, dialah pemenangnya.

5. Lomba Makan Kerupuk

ide lomba makan kerupuk
Lomba makan kerupuk/sumber

Lomba makan kerupuk ini dilakukan dengan cara menggantungkan kerupuk menggunakan tali. Peserta yang mengikuti lomba harus makan dan menghabiskan kerupuk yang digantung hanya dengan alat mulut, tidak boleh dengan tangan. Orang yang pertama kali menghabiskan kerupuk barulah dia jadi pemenangnya.

6. Lomba mengambil koin dari buah semangka

ide lomba ambil koin
Lomba ambil koin/sumber

Ide lomba mengambil koin di buah semangka bisa diselenggarakan di daerah Anda dengan mudah. Secara teknis peserta lomba harus mengambil koin sebanyak-banyaknya dengan menggunakan mulut mereka. Koin tersebut telah ditancapkan secara acak pada pepaya ataupun semangka yang sebelumnya sudah dilumuri dengan oli maupun pewarna.

7. Lomba Memasukkan Pensil ke dalam Botol

ide Lomba masukkan pensil dalam botol
Lomba masukkan pensil dalam botol/sumber

Lomba memasukkan pensil ke dalam botol bisa dilakukan dengan cara menggantungkan pensil pada tubuh peserta, selanjutnya peserta tersebut harus memasukkan pensil tersebut ke dalam botol dengan cara membelakangi botol tersebut. Bagi peserta yang dapat memasukkan pensil paling cepat, dialah pemenangnya.

8. Lomba Perang Bantal

ide lomba gebuk bantal
Lomba perang bantal/sumber

Lomba Perang Bantal biasanya dilakukan oleh dua orang di atas air atau danau kecil buatan. Untuk melawan musuh, peserta dibekali dengan senjata berupa guling sambil duduk di atas bambu yang melintas diatas air. Mereka berdua harus saling memukul sampai salah satu diantara mereka ada yang jatuh. Dan yang tetap bertahan di atas bambu dialah pemenangnya.

9. Lomba Tangkap Ayam

ide lomba tangkap ayam
Lomba tangkap ayam

Lomba tangkap ayam ini bisa dilakukan di daerah Anda. Teknisnya, panitia akan melepaskan ayam di tempat yang telah ditentukan, dan peserta lomba harus menangkap ayam secara cepat. Bagi yang berhasil menangkapnya dialah pemenangnya.

10. Lomba memecahkan balon dengan mata tertutup

ide lomba pecah balon
Lomba pecah balon/Istimewa

Lomba memecah balon biasanya dilakukan untuk anak-anak, caranya pun ada beragam. Ada yang harus menggunakan pemukul, namun ada juga yang hanya menggunakan jarum kecil. Mereka yang dapat memukul balon pertama kali, merekalah pemenangnya.

Baca juga : Bisnis Event Organizer, Meraup Laba Dari Kelola Acara

Semoga panduan singkat Sukses Menggelar Lomba 17 Agustus ini dapat bermanfaat. Selamat berlomba ria..

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*