Teknologi Informasi

9 Keuntungan Membuat Fan Page Facebook Bagi Usaha

Membuat-Fan-Page-Facebook

Salam Sukses. Di era digital saat ini, melakukan promosi melalui media sosial bisa dibilang sudah harus menjadi “kewajiban” untuk para pemasar. Membuat Fan Page Facebook bisa menjadi salah satu dari banyak cara untuk dilakukan agar brand perusahaan dapat lebih dikenal dan memasyarakat.

Membuat Fan Page Facebook selain mudah dan GRATIS juga memiliki banyak keuntungan. Adapun keuntungan-keuntungan jika Anda membuat diantaranya adalah :

1. Jumlah teman atau penggemar yang tak terhingga.

Ini adalah salah satu poin penting kenapa harus membuat Fan Page Facebok untuk usaha Anda.

Dengan memiliki fanpage, Anda akan bisa meraih pertemanan lebih banyak jika dibandingkan dengan akun pribadi yang hanya dibatasi hingga 5000 orang.

Semakin banyak orang yang mengenal nama usaha Anda dampaknya tentu merek usaha akan lebih populer.

Fan page memungkinkan Anda memperluas jangkauan dan meningkatkan visibilitas bisnis atau merek Anda.

Dengan fan page, Anda dapat menciptakan kehadiran online yang kuat di Facebook, yang memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan.

Hal ini memungkinkan Anda untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan mendapatkan eksposur yang lebih besar bagi bisnis Anda.

2. Jumlah admin bisa lebih dari satu

Berbeda dengan membuat akun pribadi, Fan Page Facebok dapat dikelola oleh banyak orang dengan hak akses dan wewenang yang berbeda-beda.

Dalam akun fanpage ini seseorang bisa diberi wewenang sebagai admin, sebagai editor, moderator, advertiser ataupun hanya sebagai analyser.

Semakin tinggi wewenangnya secara otomatis akan memiliki akses lebih banyak dalam mengelola fan page.

3. Kehidupan pribadi lebih terjaga

Pada dasarnya akun facebook tidak boleh digunakan untuk membuat nama akun perusahaan.

Hal ini dilakukan agar kepentingan usaha dan kepentingan pribadi benar-benar bisa terpisah, sehingga privasi kehidupan pribadi lebih terjaga.

Dengan membuat Fan Page Facebok, Anda dapat mengontrol pengaturan privasi di halaman pribadi dan mengoptimalkan publisitas pada Fan Page, hal ini bertujuan agar penggunaan facebook bisa lebih efektif.

Dengan Fan page memungkinkan Anda untuk berinteraksi langsung dengan penggemar, pelanggan, atau audiens target Anda.

Anda dapat menerima umpan balik, menjawab pertanyaan, memberikan dukungan pelanggan, dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan mereka melalui komentar, pesan, atau postingan.

Ini membantu membangun loyalitas pelanggan dan memperkuat hubungan dengan audiens Anda.

4. Merek Usaha bisa menyebar lebih luas

Dengan membuat Fan Page Facebok Anda akan bisa menjangkau pasar yang lebih luas, hal ini bisa dilihat dari peran penting penggemar fan page yang dapat dengan bebas ikut men-share info ataupun foto-foto dari fanpage.

Untuk orang lain yang akan ikut menjadi penggemar-pun juga mudah, tidak harus menunggu-nunggu konfirmasi admin.

Fan page Facebook memberikan platform untuk mempromosikan produk atau layanan Anda kepada audiens target.

Anda dapat berbagi informasi tentang produk baru, penawaran khusus, konten yang relevan, atau acara-acara yang akan datang.

Anda juga dapat mengunggah foto atau video untuk menampilkan produk atau layanan Anda dengan lebih baik. Ini membantu meningkatkan kesadaran merek dan mendorong proses penjualan.

5. Dapat memantau trafik kunjungan

Fan page Facebook menyediakan alat analitik dan pengukuran yang dapat membantu Anda memahami performa postingan, interaksi pengguna, pertumbuhan pengikut, dan sebagainya.

Anda dapat melihat metrik seperti jumlah tayangan, like, komentar, dan berbagai data penting lainnya yang membantu Anda mengevaluasi dan meningkatkan strategi konten Anda.

Dalam Fan Page Facebook memiliki fasilitas berupa diagram untuk memantau trafik kunjungan pada halaman, hal ini tidak dimiliki pada akun pribadi.

Alat pantau ini bisa dilihat secara harian, mingguan bulanan maupun tahunan.

Dengan mengetahui jumlah kunjungan dan perilaku pengunjung, tentu sebagai pemasar Anda akan dengan mudah mengetahui bagaimana cara memaksimalkan setiap postingan agar dapat bekerja secara efektif.

6. Segmen pasar lebih jelas

Membuat Fan Page Facebook untuk usaha bisa menjadi salah satu sarana untuk mempertemukan produk dengan segmen pasar yang dituju.

Mereka yang meng-like halaman Fan Page tentulah mereka yang memiliki minat atau setidaknya memiliki keingintahuan terhadap usaha Anda.

Memiliki jumlah likers yang banyak pada Fan Page memang bukan perkara mudah, namun mereka yang mau menjadi penggemar inilah pasar potensial yang sebenarnya di dunia maya.

7. Iklan yang ditargetkan

Facebook memiliki fasilitas periklanan yang hanya bisa dilakukan pada Fan Page. Dalam periklanan ini Anda bisa menentukan target pasar yang dituju, misalnya secara geografis, demografis atau lainnya.

Dengan Membuat Fan Page Facebook Anda dapat memanfaatkan fasilitas ini, namun tidak pada halaman pribadi Anda.

Selain dapat mengiklankan Fan Page, di Facebook Anda juga dapat mengiklankan salah satu postingan yang dianggap perlu untuk diiklankan secara khusus.

Mengiklankan postingan ini hanya dapat dilakukan jika postingan dilakukan di Fan Page bukan dalam postingan akun pribadi.

Iklan fan page maupun iklan postingan fanpage ini akan dapat dilihat oleh para pengguna facebook sesuai pasar yang ditarget meski mereka tidak berteman dengan Anda.

Dengan fan page, Anda dapat menggunakan alat iklan Facebook yang canggih untuk mengarahkan iklan Anda secara spesifik kepada audiens yang relevan.

Anda dapat menargetkan berdasarkan demografi, minat, perilaku, dan lainnya. Ini membantu Anda memaksimalkan efektivitas kampanye iklan Anda dan mendapatkan hasil yang lebih baik dari investasi iklan Anda.

8. Newsfeed dan video reels MARKETING

Newsfeed marketing merupakan dasar dari pemasaran media sosial. Dengan memiliki Fan Page yang selalu diperbarui secara teratur, Anda dan orang lain akan dapat melihat newsfeed maupun reels di Fun Page.

Ketika para penggemar berinteraksi dengan posting di Fun Page, biasanya postingan tersebut juga akan muncul di newsfeed teman-teman likers Fan Page Facebook. Ini adalah kunci untuk mendapatkan penggemar baru.

9. Integrasi dengan platform lain

Fan page Facebook dapat diintegrasikan dengan platform lain seperti situs web, Instagram, WhatsApp, dan lainnya.

Ini memberikan kesempatan untuk memperluas kehadiran online Anda di berbagai kanal dan meningkatkan konektivitas dengan audiens di platform lain.

Segeralah membuat Fan Page Facebook untuk usaha Anda jika belum punya, semoga semakin sukses…

Baca juga : Cara Mudah Membuat Website Perusahaan

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top