kewirausahaan, pendidikan, pernikahan, ibu hamil, teknologi informasi>

Ingin Membuka Usaha Kedai Kopi? Ini Persiapannya

Ingin Membuka Usaha Kedai Kopi? Ini Persiapannya
Kedai kopi gaya vintage/instagram memyselfandirene

Kedai kopi belakangan ini banyak ditemui di berbagai tempat, terutama di kota-kota besar. Coffee shop tumbuh pesat dan menjamur dalam waktu singkat. Minum kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup. Melihat budaya baru ini, usaha warung kopi atau warkop memang cukup menjanjikan. Apalagi modal usaha warkop ini sebenarnya tiak terlalu besar untuk sebuah kedai yang sederhana.

Nah, jika anda ingin ikut mencoba peruntungan dengan memulai buka usaha kedai kopi, berikut ini persiapan dan peralatan yang diperlukan:

Peralatan Kedai Kopi

Coffee maker atau alat penyeduh kopi tentu merupakan hal utama. Tidak harus mahal. Untuk menghemat budget, Anda bisa memilih alat pembuat kopi manual atau manual brew. Modalnya tentu lebih murah dibandingkan mesin kopi otomatis seperti espresso.

Satu unit mesin espresso hanganya puluhan juta, sedangkan untuk manual brew harganya lebih variatif, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Sesuaikan dengan modal Anda.

Ada beberapa model alat seduh manual, mulai dari syphon, kalita wave, french press, Vietnam Drip, moka pot, rok presso, hingga V60 dripper. Nah, Anda harus mempelajari setiap alat ini sebelum akhirnya menentukan pilihan.

Penggiling Kopi

Selain alat seduh, Anda juga membutuhkan penggiling kopi. Sebab menyimpan biji kopi utuh merupakan cara terbaik untuk menjaga kesegaran biji kopi. Anda bisa menggilingnya sesaat sebelum menyeduh.

Penggiling kopi atau coffee grinder ini ada dua jenis, manual dan otomatis. Dengan grinder manual, model dan cita rasa yang dihasilkan mungkin berbeda dengan yang otomatis. Tapi semuanya tergantung dengan bugjet Anda.

Biji kopi

Usaha kedai Anda tentu membutuhkan pasokan biji kopi. Carilah biji kopi terbaik untuk kedai Anda. Selain kopi, Anda juga harus menyiapkan bahan-bahan lain untuk melengkapi varian menu kopi Anda, antara lain fresh mil, kental manis, cokelat dan makanan ringan pelengkap kedai Anda.

Pelengkap alat penyeduh

Ingin Membuka Usaha Kedai Kopi? Ini Persiapannya
Peralatan kopi/pinterest

Beberapa alat penyeduh kopi masih membutuhkan alat pelengkap, antara lain teko, timbangan, termometer, timer, dan kertas penyaring kopi.

Peralatan saji

Peralatan saji ini antara lain berupa gelas, cangkir kopi, sendok kecil, nampan,  piring, dan perlengkapan lain. Banyak toko, baik offline maupun online  yang menjual peralatan ini.

Sebelum memutuskan membeli peralatan saji, mungkin Anda dapat memikirkan tentang konsep kedai kopi yang Anda inginkan, agar warna dan model peralatan saji yang Anda beli dapat disesuaikan dengan konsep Anda.

Tempat usaha Kedai Kopi dan mebeler

Sebuah kedai kopi harus nyaman. Ingat, Anda bukan sekadar menjual kopi dan variannya, tapi lebih pada menjual suasana. Karena itu, tempat usaha sangat penting. Carilah lokasi yang strategis dan nyaman.

Yang tak kalah penting adalah mebeler atau meja-kursi. Suasana nyaman didukung dengan mebeler yang mendukung tentu akan membuat pengunjung betah dan akan menjadi pelanggan tetap.(*)

 

Indonesia Kuat – Kang Jais (Official Video Music)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*