kewirausahaan, pendidikan, pernikahan, ibu hamil, teknologi informasi>

5 Alasan Kuliah di Jerman Sangat Populer di Mata Internasional



kuliah di jerman

Kuliah di Jerman – Ketika sedang membayangkan untuk kuliah di luar negeri, negara manakah yang pertama kali muncul di benak Anda? Negara romantis yang nyaman seperti Perancis dan Spanyol bahkan Amerika yang modern pasti terpikirkan.

Namun pada beberapa tahun terakhir ini, Jerman menjadi negara yang popularitasnya kian meningkat. Banyak mahasiswa dari berbagai negara bahkan di Eropa sendiri, Jerman menjadi negara idaman untuk belajar.

Hal ini disebabkan pemerintah Jerman telah membuka diri untuk dunia. Banyak sekali universitas di Jerman yang memiliki sejarah mengajar terbaik. Dulunya masih tertutup, namun kini setelah Jerman bersatu dan pemerintahan stabil justru membuka peluang lebih banyak untuk orang asing bisa belajar di sana.

5 Alasan Mengapa Kamu Kuliah di Jerman

Sebab itulah yang membuat Jerman perlu dipertimbangkan ketika Anda hendak melanjutkan studi ke luar negeri. Ada banyak alasan, bukan hanya sekedar metode pengajarannya saja, namun banyak universitas dengan standar internasional memiliki skor terbaik. Apa saja alasan yang perlu diperhatikan? Simak ulasannya berikut ini.

1. Biaya kuliah yang gratis

Siapa yang tidak ingin kuliah gratis? Jerman menyediakan kuliah gratis bagi siapa saja yang berhasil masuk ke universitas negeri di sana. Sejak tahun 2014 pemerintah telah menghapuskan biaya untuk masuk bahkan setiap semesternya mahasiswa yang perlu membayar biaya administrasi saja. Biaya ini sekitar 3 hingga 4 juta rupiah dan juga digunakan untuk mahasiswa sendiri.

Biaya administrasi akan digunakan untuk kegiatan ekstrakurikuler, biaya transportasi dan hingga voucher untuk makan di kantin universitas. Dengan begitu jika Anda memperoleh beasiswa kuliah di Jerman, semua biaya bisa digunakan untuk hidup selama kuliah di sana.

2. Biaya hidup yang murah

Selain kuliah gratis, biaya hidup selalu menjadi pertimbangkan ketika hendak kuliah di luar negeri. Jerman yang memiliki perekonomian maju justru biaya hidupnya cukup rendah bagi mahasiswa. Semua mahasiswa bisa tinggal di asrama universitas atau menyewa apartemen bersama teman lainnya dengan harga yang sangat murah. Jika ingin hemat lagi, Anda bisa menghemat pengeluaran dengan sering memasak di rumah.

3. Kesempatan mengikuti kegiatan internasional

Letaknya yang berdekatan dengan negara seperti Perancis, Swiss dan Belanda, mahasiswa di Jerman memiliki kesempatan besar untuk melakukan kegiatan internasional. Banyak sekali kegiatan pertukaran pelajar yang bisa diikuti sehingga bisa mendapatkan lebih banyak teman. Tidak hanya itu kesempatan ini dimanfaatkan untuk mempelajari kebudayaan hingga belajar sambil berlibur.

4. Dekat dengan budaya dan seni terkenal

Tinggal di Jerman otomatis membuat siapa saja akan mengenal budayanya. Semua budaya di Jerman tergolong sangat unik, ditambah lagi banyaknya bangunan bersejarah dan benda seni yang dipamerkan.
Banyak sekali galeri yang bisa dikunjungi setiap akhir pekan dan tidak akan pernah habis. Setiap galeri memajang karya seni berharga dan sebagai mahasiswa Anda akan mendapatkan diskon untuk bisa masuk ke setiap galeri.

Budaya Jerman yang sangat menarik untuk diamati bahkan di kalangan anak muda. Anda bisa dilihat kehidupan malam di Berlin. Kebudayaan penduduk asli yang bercampur dengan pendatang pun juga menarik untuk diamati.

5. Mempelajari bahasa Jerman

Mungkin Anda akan menggunakan bahasa Inggris untuk belajar, namun selama tinggal di sana pasti akan mempelajari bahasa Jerman. Sangat menarik untuk mempelajari bahasa yang sangat bersejarah ini. Apalagi tinggal di Jerman, menggunakan bahasa mereka sehari-hari akan lebih cepat untuk bisa memahaminya.

Bahasa Jerman merupakan bahasa yang digunakan di uni Eropa. Jadi menguasai bahasa ini akan memberikan resume yang baik ketika hendak terjun ke dunia kerja secara internasional.




Indonesia Kuat – Kang Jais (Official Video Music)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*