kewirausahaan, pendidikan, pernikahan, ibu hamil, teknologi informasi>

Sejarah Perubahan Logo Telkom Indonesia

Logo-Telkom-16-Agustus-2013-sekarang

Berbicara tentang logo Telkom, perusahaan BUMN yang bergerak dibidang informasi dan telekomunikasi ini terhitung sudah enam kali ganti logo sejak tahun 1956.

Menelisik sejarah perkembangan telekomunikasi di Indonesia tentu tak bisa terlepas dari dimulainya pengoperasian layanan jasa telegraf elektromagnetik pertama yang menghubungkan Jakarta (Batavia) dengan Bogor (Buitenzorg) pada tanggal 23 Oktober 1856 lalu. Hari itulah yang saat ini ditetapkan sebagai hari lahir Telkom Indonesia.

Pada masa pemerintah kolonial Belanda tepatnya pada tahun 1882, perusahaan ini merupakan badan usaha swasta penyedia layanan pos dan telegraf, oleh Pemerintah Hindia Belanda kemudian dimasukkan ke dalam jawatan Post Telegraaf Telefoon (PTT).

Sejak Indonesia merdeka, perusahaan telekomunikasi ini kemudian dikelola oleh negara. Pada tahun 1961 status jawatan diubah menjadi  Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel) dengan menggunakan logo berbentuk lingkaran yang ditengahnya terdapat gambar bola dunia dan ikon burung merpati.

Logo Telkom Pos 1956–1974
Logo Telkom Pos 1956–1974

Pada tahun 1965 PN Postel kemudian dipecah menjadi dua, yakni menjadi PN Pos dan Giro dan satunya menjadi PN Telekomunikasi. Dari PN Komunikasi, pada tahun 1974 perusahaan ini berubah  menjadi  Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel) dengan menggunakan logo yang baru berbentuk kotak dengan gambar bola dunia di tengahnya.

logo Telkom PERUMTEL 1974-1991
logo Telkom PERUMTEL 1974-1991

Penggunaan logo Perumtel terrmasuk cukup lama, yakni sejak tahun 1974 hingga 1991 saat Perumtel berakhir dengan berubah bentuk menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) Telekomunikasi Indonesia. Perubahan bentuk perusahaan ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 1991. Sejak tanggal 23 Oktober 1991 penggunaan logo Telkom yang baru diberlakukan.

Logo Telkom (23 Oktober 2001-23 Oktober 2009)
Logo Telkom (23 Oktober 2001-23 Oktober 2009)

Adapun arti logo Telkom yang diluncurkan tahun 1991 ini adalah : (1) Bentuk bulatan dari logo melambangkan keutuhan Wawasan Nusantara; Ruang gerak TELKOM secara nasional dan internasional. (2) Tulisan TELKOM bermakna, modern, luwes, dan sederhana. (3) Warna biru tua dan biru muda bergradasi melambangkan teknologi telekomunikasi tinggi/ canggih yang terus berkembang dalam suasana masa depan yang gemilang. (4) Garis-garis tebal dan tipis yang mengesankan gerak pertemuan yang beraturan menggambarkan sifat komunikasi dan kerjasama yang selaras secara berkesinambungan dan dinamis.

Masih dengan menggunakan bentuk logo yang sama, pada hari ulang tahun Telkom tanggal 23 Oktober 2001, logo PT Telkom ditambah dengan tulisan Indonesia di bawah tulisan Telkom.

Logo Telkom (23 Oktober 2001-23 Oktober 2009)
Logo Telkom (23 Oktober 2001-23 Oktober 2009)

Tulisan INDONESIA tersebut menggunakan huruf Futura Bold Italic, yang menggambarkan kedudukan perusahaan TELKOM sebagai Pandu Bendera Telekomunikasi Indonesia {Indonesian Telecommunication Flag Carrier). Logo ini digunakan hingga tahun 2009 lalu saat Telkom meluncurkan “New Telkom” (“Telkom baru”) yang ditandai dengan penggantian identitas perusahaan.

Logo Telkom (23 Oktober 2009-16 Agustus 2013)
Logo Telkom (23 Oktober 2009-16 Agustus 2013)

Logo baru TELKOM memiliki bentuk yang lebih moderen, kaya akan warna dengan menghadirkan simbol berupa telapak tangan yang menggenggam bola dunia. Logo baru ini merupakan cerminan dari “brand value” baru yang selanjutnya disebut dengan “Life in Touch” dan diperkuat dengan tag line baru pengganti “committed 2U” yakni “the world is in your hand”. Secara rinci, arti logo Telkom ini adalah :

  • Expertise : makna dari lingkaran sebagai simbol dari kelengkapan produk dan layanan dalam portofolio bisnis baru TELKOM yaitu TIME (Telecommunication, Information, Media & Edutainment.
  • Empowering : makna dari tangan yang meraih ke luar. Simbol ini mencerminkan pertumbuhan dan ekspansi ke luar.
  • Assured : makna dari jemari tangan. Simbol ini memaknai sebuah kecermatan, perhatian, serta kepercayaan dan hubungan yang erat
  • Progressive : kombinasi tangan dan lingkaran. Simbol dari matahari terbit yang maknanya adalah perubahan dan awal yang baru.
  • Heart : simbol dari telapak tangan yang mencerminkan kehidupan untuk menggapai masa depan.

Makna warna dalam Logo Telkom

  • Expert Blue pada teks Telkom melambangkan keahlian dan pengalaman yang tinggi
  • Vital Yellow pada telapak tangan mencerminkan suatu yang atraktif, hangat, dan dinamis
  • Infinite sky blue pada teks Indonesia dan lingkaran bawah mencerminkan inovasi dan peluang yang tak berhingga untuk masa depan.

Pada tanggal 17 Agustus 2013, Telkom kembali meluncurkan wajah logo baru untuk perusahaannya. Dengan mengambil semangat HUT RI ke-68, Telkom memperkenalkan penampilan baru logo Telkom yang mencerminkan komitment Telkom untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia.

Logo Telkom 16 Agustus 2013-sekarang
Logo Telkom 16 Agustus 2013-sekarang

Penampilan logo baru tersebut mencakup perubahan logo secara menyeluruh dan terintegrasi dengan empat aspek dasar perusahaan, yaitu transformasi bisnis, infrastruktur, sistem dan model operasi serta sumber daya manusia.

Filosofi Warna
Merah – Berani, Cinta, Energi, Ulet – Mencerminkan spirit Telkom untuk selalu optimis dan berani dalam menghadapi tantangan dan perusahaan.
Putih – Suci, Damai, Cahaya, Bersatu. – Mencerminkan spirit Telkom untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa.
Hitam – Warna Dasar – Melambangkan kemauan keras.
Abu – Warna Transisi – Melambangkan teknologi.

1 Comment on Sejarah Perubahan Logo Telkom Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*