Tembang macapat Megatruh merupakan salah satu tembang macapat yang menggambarkan tentang kondisi maunisa di saat sakaratul maut.
Kata megatruh sendiri dipercaya berasal dari kata megat/pegat (berpisah) dan ruh, yang artinya berpisahnya antara jiwa dan raga.
Kematian menjadi hal yang paling ditekankan dalam tembang Megatruh. Proses dimana setiap makhluk hidup di dunia pasti akan mengalaminya, proses yang menegangkan sekaligus menyakitkan bagi banyak orang, proses terbukanya gerbang menuju kehidupan yang tak pernah ada akhirnya.
Bagi para pemuka agama sangat meyakini bahwa ruh akan lepas dengan mudah dan ringan untuk mereka yang memiliki iman.
Bagi orang yang beriman Malaikat akan datang dan mengambil nyawanya dengan kesan yang baik serta menggembirakan.
Kematian secara medis terjadi ketika otak telah kehabisan suplai oksigen, sel otak mati secara massal, dan seluruh organ tubuh sudah tidak dapat lagi bekerja.
Tidak mudah memang memprediksikan secara tepat kapan seseorang akan meninggal. Kematian dapat disebabkan karena sakit, kecelakaan atau sebab lainnya secara mendadak.
Meski demikian beberapa orang juga ada yang mampu menemukan keanehan ataupun tanda-tanda menjelang kematiannya.
Sifat dan karakter dari tembang macapat Megatruh diantaranya sedih, prihatin, “getun”, menyesal. Tembang macapat ini sangat cocok untuk cerita yang mengandung rasa penyesalan, prihati, sedih.
Ciri tembang macapat Megatruh :
- Memiliki Guru Gatra : 5 baris setiap bait
- Memiliki Guru Wilangan : 12, 8, 8, 8 (artinya baris pertama terdiri dari 12 suku kata, baris kedua berisi 8 suku kata, dan seterusnya…)
- Memiliki Guru Lagu : u, i, u, i, o (artinya baris pertama berakhir dengan vokal u, baris kedua berakhir vokal i, dst..)
Baca juga : 11 Jenis Tembang Macapat, Contoh Lirik dan Artinya
Contoh Tembang Macapat Megatruh:
dikutip dari serat Wulangreh karya SISKS Pakubuwana IV :
Mapan ratu kinarya wakil Hyang Agung
Menjadi Raja tercipta sebagai wakil Tuhan
marentahkên kukum adil
memerintah hukum adil
pramila wajib dèn ênut
sehingga wajib dipatuhi
kang sapa tan manut ugi
barang siapa yang tidak mematuhi
mring parentahe sang katong
atas perintah sang raja
***
Aprasasat badaling karsa Hyang Agung
Berarti membantah kehendak Tuhan Yang Maha Agung
mulane babo wong urip
oleh karena itu menjadi manusia hidup
saparsa ngawulèng ratu
mengabdi kepada raja
kudu eklas lair batin
harus ikhlas lahir batin
aja nganti nêmu ewoh
jangan sampai merasa enggan
***
Ing wurine yèn ati durung tuwajuh
di belakang hari jika hati belum mantap
angur ta aja angabdi
lebih baik janganlah mengabdi
bêcik ngindhunga karuhun
lebih baik menumpang tinggal dahulu
aja age-age ngabdi
jangan segera mengabdi
yèn durung eklas ing batos
jika belum ikhlas dalam batin.
***
Angur angindhunga bae nora ewuh
Lebih baik menumpang tinggal jangan enggan
lan ora nana kang ngiri
dan tidak akan ada yang iri
mung mungkul pakaryanipun
hanya menekuni pekerjaanya
nora susah tungguk kêmit
tidak usah menunggu gardu penjagaan
seba mapan nora nganggo
menghadap Rajapun tidak diperlukan
***
Mung yèn ana tontonan nonton nèng lurung
Namun jika ada pertunjukan cukup melihat di jalanan
glindhang-glindhung tanpa kêris
hilir mudik tak mengenakan keris
sarwi bônda tanganipun
dan tangan dibelakang
kêmul bêbêde sasisih
berselimut sarung sebelah
andhodhok pinggiring bango
berjongkok di pinggir warung
***
Suprandene jroning tyas anglir tumênggung
Namun dalam hati bagai tumenggung
mangku bawat Sênèn Kêmis
membawa payung kebesaran Senin Kamis
mangkono iku liripun
seperti itulah sebenarnya
nora kaya wong angabdi
tidak seperti orang yang mengabdi
wruh ing palataran katong
melihat halaman keraton raja.
***
Lan keringan sarta ana aranipun
Dan mendapat kehormatan juga nama
lan ana lungguhe ugi
dan juga ada tempat duduk
ing salungguh-lungguhipun
di manapun berada
nanging ta dipun pakeling
namun harus selalu ingat
mulane pinardi kang wong
bagi yang bercita-cita mengabdi.
***
Samubarang ing karsanira sang ratu
Segala kehendak sang raja
sayêkti kudu nglakoni
harus dijalankan
sapalakartine iku
hasil perbuatan
wong kang padha-padha ngabdi
orang yang sama-sama mengabdi
pagaweane pan saos
adalah melaksanakan perintah Raja
***
Kang nyantana bupati mantri panèwu
Yang mengabdi menjadi bupati, mantri, dan panewu
kaliwon panèkêt miji
kaliwon, paneket miji
panalawe lan panajung
panalawe dan panajung
tanapi para prajurit
ataupun para prajurit
lan kang nambut karyèng katong
dan yang bekerja kepada raja.
***
Kabèh iku kuwajiban sebanipun
Kesemuanya berkewajiban untuk menghadap raja
ing dina kang amarêngi
ada hari yang telah ditentukan
ing wiyosira sang prabu
ketika sang raja keluar hadir di singgasana
sanadyan tan miyos ugi
walaupun tidak hadir juga
pasebane aja towong
persidangan raja janganlah sampai kosong
***
Ingkang lumrah yèn kêrêp seba wong iku
Pada umumnya jika sering menghadap
nuli ganjaran dèn incih
maka orang itu mengharapkan hadiah yang menjadi tujuannya
yèn tan olèh nuli mutung
jika tidak mendapatkannya kemudian patah semangat
iku sèwu-sèwu sisip
itu sungguh teramat salah
yèn wus mangarti ingkang wong
jika seseorang telah mengerti
***
Tan mangkono etunge kang sampun wêruh
Tidaklah demikian bagi yang telah memahami
mapan ta datan dèn pikir
karena hal itu tidak terpikirkan
ganjaran pan wis karuhun
hadiah telah diterimanya
amung naur sihing gusti
hanya membalas kemurahan raja
winalês ing lair batos
dan dibalas secara lahir batin.
Makasihh