Tugas Dan Fungsi Public Relation Dalam Perusahaan

fungsi-dan-tugas-public-relation

Salam Sukses.. Sebagai salah satu dari komponen Bauran Promosi (Promotion Mix) dalam pemasaran perusahaan, Public Relation memiliki peranan penting untuk turut membangun dan mengembangkan perusahaan melaui berbagai cara, salah satunya dengan peningkatan citra perusahaan di masyarakat.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh Public Relation dalam meningkatkan citra perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari berbagai tugas dan fungsi Public Relation dalam perusahaan. Jika mengacu dari pendapat L. Wilcox, Philip H. Ault, Warren K. Agee, Glen T. Cameron, dalam “Public Relations Strategies & Tactics”, beberpa fungsi dan tugas sebagai Public Relation adalah sebagai berikut :

1. Conseling

Public Relation bagi perusahaan juga merupakan salah satu konseling yang dapat memberikan dan menyediakan berbagai saran kepada pihak internal managemen yang berhubungan dengan berbagai kebijakan, relasi, kebijakan relasi dan komunikasi antara perusahaan dengan publik.

2. Research

Sebagai salah satu bagian perusahaan yang bersinggungan langsung dengan publik, fungsi Public Relation juga merupakan sebuah tim riset perilaku public. Data-data hasil riset ini dapat digunakan untuk merancang strategi public relation dalam rangka membangun rasa saling percaya antara perusahaan dengan publik, mempengaruhi dan menyakinkan public tentang pentingnya perusahaan bagi mereka,

fungsi-dan-tugas-public-relation
Public Relation | Image: platinumpr.com

3. Media Relations

Berkomunikasi dengan publik yang luas tentu membutuhkan media massa yang bisa digunakan untuk mengutarakan pendapat. Sehubungan dengan hal tersebut, Public Relation dapat berfungsi sebagai bagian perusahaan yang melakukan berbagai kerja sama dengan semua media untuk kepentingan perusahaan.

4. Publicity

Melalui berbagai media massa yang telah menjadi “partner” dalam bekerja, public relation dapat melakukan publisitas atau merespon ketertarikan publik terhadap perusahaan. Tujuan dari publisitas ini adalah untuk menyampaikan berbagai pesan terencana untuk meningkatkan ketertarikan publik pada perusahaan.

5. Employee/Member Relations

Membangun relasi yang baik tak hanya dilakukan dengan publik diluar perusahaan, untuk internal perusahaan Public Relations juga dapat berfungsi sebagai agen yang menginformasikan dan memotivasi karyawan serta memberikan respon terhadap setiap masalah perusahaan dengan karyawannya.

6. Public Affairs

Public Affairs merupakan fungsi public relation dalam perusahaan yang terkait dengan bagaimana membangun keterlibatan secara aktif (melobi) dengan pemerintah dalam berbagai kebijakan publik. Melobi sendiri menurut Kotler adalah kegiatan yang berhubungan dengan legislator dan pejabat pemerintah dalam mempromosikan atau menolak undang-undang atau peraturan.

7. Issues Management

Mengelola isu yang berkembang di masyarakat terkait dengan perusahaan, merupakan fungsi seorang public relation. Dalam fungsinya tersebut public relations melakukan identifikasi dan evaluasi atas berbagai isu yang sekiranya akan berdampak terhadap perusahaan.

8. Financial Relations

Para penanam modal bagi perusahaan merupakan sebuah aset besar yang perlu dipertahankan, untuk itulah Public Relations memiliki peran penting dalam menjaga dan menciptakan kepercayaan mereka melalui berbagai cara.

9. Industrial Relations

Fungsi Public Relations untuk menjaga hubungan dengan organisasi atau lembaga-lembaga lain yang berhubungan dengan aktifitas organisasi. Hal ini bisa diwujudkan dengan bergabung dengan asosiasi usaha yang berhubungan dengan jalur organisasi.

10. Development/Fund Raising

Fungsi Public Relation dalam menciptakan kebutuhan dan mendorong public untuk mendukung organisasi terutama melalui kontribusi financial.

11. Multicultural Relations/Workplace Diversity

Perusahaan selain berdiri sebagai lembaga komersial, tentu juga berdiri sebagai lembaga yang harus tanggap terhadap lingkungannya. Untuk itulah Public Relations bagi perusahaan juga memiliki fungsi dalam menjalin hubungan dengan individu-individu dari berbagai kelompok golongan dan budaya.

12. Special Events

Event-event khusus bisa diselenggarakan dalam rangka mencuri perhatian publik yang lebih luas agar mereka memiliki ketertarikan pada produk ataupun perusahaan. Dalam hal ini tim Public Relations dapat membuat agenda acara yang tentu disesuaikan dengan target marketnya.

13. Marketing Communication

Fungsi Public Relations untuk memadukan aktifitas pemasaran dengan mengadakan kegiatan khusus sekaligus membangun citra public.




2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*