kewirausahaan, pendidikan, pernikahan, ibu hamil, teknologi informasi>

Tren Kopi di Kalangan Para Pecinta Kopi

Tren Kopi di Kalangan Para Pecinta Kopi
Tren Kopi di Kalangan Para Pecinta Kopi

Tren kopi sedang mengalami masa kejayaannya. Minuman yang dulu dianggap hanya milik orang tua itu kini bahkan menjadi tren. Bukan lagi sekadar minuman di waktu senggang, tapi telah menjadi bagian dari gaya hidup. Kedai-kedai kopi dengan berbagai gaya, konsep, dan desain bermunculan mulai dari yang paling sederhana hingga paling mewah.

Para pecinta kopi pun menyebut dirinya sebagai hipster, coffee lovers, juga coffee geeks. Varian menu kopi pun semakin beragam. Sampai akhirnya muncul muncul sesuatu yang booming di dunia hitam perkopian.

Apa saja tren-tren itu? Berikut di antaranya:

Tren Kopi di Kalangan Para Pecinta Kopi

Selamat Tinggal Kopi Gosong

Pada masanya, kopi hitam sekaligus pahit pernah menjadi tren bagi orang-orang tua zaman dulu. Namun, kini  kopi dengan sanrai dark roast (biji kopi yang digoreng sampai gosong) mulai dianggap kuno. Para pecinta kopi kini lebih memilih menikmati biji kopi yang disangrai light dan medium roast.

Fenomena bahwa kopi tidak harus hitam dan pahit naik daun.  Tak hanya kopi, metode seduh manual brew juga merebak. Pecinta kopi menyebut kopi yang digoreng terlalu gosong atau dark roast akan mengubah aroma, rasa dan menghilangkan signature atau karakter kopi dari mana berasal.

Tren Kopi Single Origin 

Tren para pecinta kopi sekarang ini adalah menemukan kopi-kopi dari berbagai daerah di Indonesia. Banyak penikmat kopi yang mencari kopi di seluruh Nusantara dan menikmatinya.

Untuk apa? Menemukan cita rasa dan after taste yang unik dan beragam. Kopi bukan lagi urusan pahit dan rasa yang strong. Indonesia kaya kopi, memiliki beragam cita rasa yang memukau. Tak heran, bukan hanya single origin, blend kopi atau mencampur satu jenis kopi dengtan satu atau dua jeni kopi lainnya juga menjadi tren untuk menemuka rasa yang baru.

Tren Kopi Tanpa Gula 

Penikmat kopi sejati tak akan menambahkan campuran lain pada kopi mereka, baik gula, susu ataupun kreamer. Saat menikmati café latte atau cappuccino, mereka tak akan membubuhkan gula. Sebab saat susu dipanaskan, susu akan melahirkan glukosa. Bagi mereka, minum cappuccino atau latter dengan gula adalah kesalahan besar.

Kalaupun harus mencampur kopi dengan unsur lain, kondisinya sudah berbeda.Jika dulu kopi hanya sebagai campuran, maka kini kebalikannya. Kopi harus lebih terasa dibandingkan gula, susu, dan kreamer.

Era Pour Overs, Chemex dan Aeropress

Kopi di Kalangan Para Pecinta Kopi
Kopi di Kalangan Para Pecinta Kopi

Metode seduh manual brewing saat ini sedang berada di masa keemasan. Era pour over, chemex dan aeropress telah menjadi sebuah fenomena dan tren menyenangkan bagi para penikmat kopi.

Ketiga alat ini memberi pengalaman yang menyenangkan tanpa menghilangkan karakteristik masing-masing kopi. Berbeda dengan mesin espresso yang, manual brewing menjaga cita rasa dengan caranya sendiri.

Tren yang merebak di kalangan para penikmat kopi sekarang adalah menikmati kopi dengan cara manual. Memang agak sedikit repot, tapi semuanya tertebus dengan cita rasa yang didapatkan dalam secangkir kopi.

Tren Kopi Dingin ala Vietnam

Setelah tren Vietnamese Drip yang mendunia karena keunikannya, kini Vietnam Iced-Coffee Style juga menjadi tren dalam dunia kopi. Dark roast kopi yang digiling kasar diseduh dan dicampur dengan kental manis menjadi minuman yang luar biasa bagi para penikmat kopi.

The Corretto

Corretto atau correcting espresso adalah seni minum kopi Italia yang kini mulai nge-tren. Corretto adalah espresso yang ditambahi tetesan grappa yaitu tetesan yang terbuat dari kulit anggur yang sudah difermentasi.

Grappa biasanya dipakai untuk berbagai masakan Italia. Dengan menambahkan grappa pada espresso maka akan memberikan rasa yang bergairah dengan cita rasa unik yang nikmat. Kini corretto adalah sebuah tren minum kopi yang mulai menjalar ke seluruh dunia.

Cascara, Sensasi Teh dari Kopi

Minum secangkir teh yang sebenarnya dibuat dari kopi juga menjadi tren. Cascara adalah teh yang sebenarnya bukan teh, melainkan buah kopi yang dikeringkan dan diseduh dengan cara yang kurang lebih sama dengan cara minum teh.

Penjelasannya begini, jika kopi berasal dari biji dan membuang buahnya, maka cascara adalah kebalikannya. Siapa yang menyangka jika buah kopi juga dapat dinikmati dengan cara yang berbeda.(*)

 

 

Nunggu Tresna – Yeyen Tuminem (Official Video Music)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*