Kesehatan & Keselamatan Kerja

Tips Sehat dengan Kebiasaan Tertawa

tertawa

Rasa humor merupakan sesuatu yang sangat penting. Berbagai penelitian membuktiikan bahwa tertawa punya banyak kelebihan. Aktivitas ini merangsang peredaran darah

Rasa humor merupakan sesuatu yang sangat penting. Berbagai penelitian membuktiikan bahwa tertawa punya banyak kelebihan.

Aktivitas ini merangsang peredaran darah, menstabilkan tekanan darah, melancarkan pencernaan, memijat organ-organ penting dan meningkatkan pasokan oksigen kedalam darah.

Hidup perlu humor

Tertawa dapat mengurangi rasa nyeri kronis. Keunggulan tertawa dapat menjadi salah satu obat spiritualitas, meningkatkan kesenangan dan semangat hidup.

Mengadopsi kebiasaan tertawa secara teratur dapat memiliki manfaat besar bagi kesehatan fisik dan mental.

Ada beberapa cara membangun dan meningkatkan rasa humor yang sehat dalam keluarga, antara lain;

1. Tonton film komedi atau acara lucu

Luangkan waktu untuk Menonton film komedi agar dapat memicu tawa

Menonton film komedi atau acara lucu dapat memicu tawa

Menghabiskan waktu untuk menonton film komedi atau acara lucu dapat memicu tawa dan membantu melepaskan stres.

Pilihlah film atau acara yang benar-benar membuat Anda tertawa.

Setiap orang memiliki preferensi yang berbeda dalam hal jenis humor yang disukai.

Cari tahu genre atau aktor favorit Anda dalam film komedi, dan pilih film yang sesuai dengan preferensi Anda.

Ajak teman atau anggota keluarga untuk menonton bersama.

Tawa lebih sering terpicu ketika Anda berada dalam lingkungan yang menyenangkan dan berbagi pengalaman lucu dengan orang lain.

Undang teman atau anggota keluarga untuk menonton bersama, sehingga Anda dapat berbagi tawa dan keceriaan.

Menonton film komedi dapat menjadi cara yang menyenangkan dan efektif untuk merasakan manfaat kesehatan dari tawa.

Jadi, pilih film komedi favorit Anda, siapkan cemilan, dan nikmatilah momen lucu tersebut.

2. Bersenang-senang dengan teman dan keluarga

bersenang-senanglah untuk bisa tertawa

bersenang-senang bersama mereka dapat membawa keceriaan dan tawa.

Berinteraksi dengan orang-orang yang membuat Anda tertawa dan bersenang-senang bersama mereka dapat membawa keceriaan dan tawa.

Jadwalkan waktu untuk berkumpul dengan teman dan keluarga, bermain permainan, atau melakukan aktivitas menyenangkan bersama.

Bedakan antara tertaa yang sehat dengan yang menyindir dan menghinakan.

Ada tawa yang menyembuhkan tetapi ada juga tertawa yang dapat melukai hati.

Terhadap anak yang masih kecil, gelitiklah dan ajak banyak tertawa.

Jika sedang menegakkan kedisiplinan, ucapkan dengan tegas, kemudian segera ikuti dengan senyuman.

Teguran dan koreksi yang dinyatakan dengan humor memiliki dampak yang menakjubkan pada balita.

3. Baca buku atau komik lucu

membaca buku atau komik lucu

membaca buku atau komik lucu agar bisa tertawa

Pada saat-saat membosankan atau saat semua letih, tertawalah bersama-sama sejenak.

Membaca buku humor atau komik yang lucu dapat menjadi sumber tawa dan menghibur.

Pilihlah bahan bacaan yang sesuai dengan selera humor Anda.

Cari ataupun googling beberapa cerita lucu dan bacakan dengan nyaring.

4. Nikmati humor dalam kehidupan sehari-hari

ada banyak yang lucu dalam situasi sehari-hari

Belajar untuk melihat sisi lucu dalam situasi sehari-hari dapat membantu menciptakan kebiasaan tertawa.

Berbagi cerita lucu, menertawakan kesalahan kecil, atau mengambil sikap ringan terhadap kejadian sehari-hari dapat membantu menciptakan suasana yang lebih ceria.

Perhatikan saat-saat lucu yang spontan terjadi.

Temukan ungkapan-ungkapan standar yang dapat dipakai berulang-ulang untuk meredakan ketegangan, serta melampiaskan keinginan tertawa yang tertahan.

Perhatikan iklan-iklan lucu atau komentar-komentar lucu yang ada disepanjang jalan saat pergi sekeluarga. Ceritakan kembali dan bumbui detailnya.

Berceritaa dengan caa ini bahkan juga mempertajam kemampuan kita utnuk mengamati hal-hal kecil disekitar kita.

Lontarkan lelucon teka-teki sehat untuk menyemarkkan tugas-tugas rumah yang membosankan.

Gunakan waktu mengerjakan pekerjaan rutin rumah yang membosankan untuk salling bercerita lelucon.

5. Ikuti latihan pernapasan tertawa

tertawa

Latihan pernapasan tertawa melibatkan menghirup secara dalam dan kemudian melepaskan tawa dengan keras.

Ini dapat membantu memperbaiki aliran oksigen dalam tubuh dan merangsang pelepasan endorfin yang membuat Anda merasa lebih baik.

Tertawakan kesalahan diri sendiri sebagai bentuk teladan.

Tidak mudah tersinggung dan relax menghadapi segala sesuatu.

Dengan tertawa, kita bisa melihat perspektif baru sehingga situasi mmengerikan dan masaah berat menjadi tidak sedemikian tragis dan akhirnya malah menemukan solusi.

6. Gunakan humor dalam menghadapi stres

Gunakan humor

Menggunakan humor sebagai alat untuk menghadapi stres dapat membantu meredakan ketegangan dan meningkatkan suasana hati.

Cobalah untuk melihat situasi stres dengan sudut pandang yang lebih humoris dan berbagi candaan dengan orang-orang di sekitar Anda.

Kumpulkan kartun jenaka, tempelkan ditempat yng mudah terlihat atau ceritakan pada anggota keluarga lain.

Tertawa adalah cara alami yang menyenangkan untuk meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan Anda.

Jadi, jangan takut untuk melepaskan tawa dan menciptakan kebiasaan tertawa dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Baca Juga : 7 Makanan Sehat untuk Diet Kanker

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top