Tips Agar Produk Baru Siap Bersaing di Pasaran

oleh
inovasi-produk-baru

Memiliki produk baru, bagi seorang pengusaha merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Di dalamnya terdapat sebuah impian dan harapan besar untuk bisa sukses merajai pasar.

Optimisme adalah kunci.

Mampu membuat dan menyajikan produk sebaik mungkin untuk dibeli konsumen merupakan cara paling tepat agar semua mimpi dan harapan dapat tercapai.

Produk Baru Siap Bersaing
Produk Baru /Ilustrasi

Ada banyak cara dan strategi agar produk baru siap bersaing di pasaran.

Beberapa langkah yang bisa ditempuh diantaranya adalah :

1. Membuat produk sebaik mungkin

Produk yang baik biasanya akan mampu menjual dirinya sendiri.

Artinya, tanpa banyak koar-koar memuji produk secara berlebihan, apabila mutunya bagus dan mampu memuaskan konsumen tentu produk tersebut akan dicari, dimanapun keberadaannya.

Membuat produk dengan kualitas terbaik akan menguntungkan banyak pihak.

Baik untuk perusahaan juga baik untuk konsumen yang menggunakannya.

Jika konsumen merasa puas dengan produk ataupun layanan yang diberikan, maka mereka akan berbicara dan menceritakan pengalamannya pada orang-orang disekitarnya.

Komunikasi dari mulut ke mulut (word of mouth) yang dilakukan konsumen ini merupakan cara promosi paling hemat dan efektif.

2. Buat tampilan yang unik 

Mutu produk yang baik, bisa lebih baik lagi jika disajikan dengan penampilan yang menarik.

Tampilan fisik yang baik dan unik akan bisa menarik perhatian para calon konsumen yang melihatnya.

Meski tampilan fisik produk bukan yang utama, namun hal ini akan mampu mendongkrak persepsi konsumen.

Tampilan fisik yang unik bisa dibuat dari permainan warna, bentuk, tekstur, atau yang lainnya.

Ada banyak produk-produk yang dibuat unik bisa terjual dengan laris manis di pasaran.

Dari dunia pertanian misalnya. semangka direkayasa sedemikian rupa hingga berbentuk kotak.

Roti untuk balita dibuat berbentuk boneka, dan lain sebagainya.

baca juga : 20 Contoh Desain Kaos Unik Inspiratif

3. Jangan Sepelekan Kemasan

Kemasan Produk Baru
Kemasan Produk Baru/Ilustrasi

Selain tampilan fisik yang menarik, bagi produsen yang kreatif biasanya juga akan mempertimbangkan masalah kemasan.

Kemasan produk akan dilihat pertama kali oleh konsumen sebelum ia melihat isi didalamnya.

Oleh karenanya buatlah kemasan semenarik mungkin dan sesuaikan dengan target marketnya.

Produk untuk anak-anak yang biasanya memiliki warna cerah dan ceria, harus dibedakan dengan produk untuk orang dewasa.

Ditengah-tengah kuatnya persaingan bisnis yang ada saat ini, para penggusaha berlomba-lomba untuk membuat kemasan yang unik untuk mencuri perhatian konsumen.

Kemasan yang unik selain dapat menarik perhatian juga berguna sebagai faktor pembeda (diferensiasi) dengan produk sejenis yang beredar di pasaran.

Kemasan selain berfungsi sebagai pembungkus biasanya juga digunakan sebagai media informasi bagi konsumen.

Informasi ini bisa berupa nama merek, ukuran berat ataupun dimensi, petunjuk pemakaian produk, komposisi, tanggal kadaluwarsa, efek samping dan sebagainya.

baca juga : Tips Membuat Kemasan Produk Yang Baik

4. Selalu ada untuk konsumen

Pelayanan kepada konsumen merupakan tujuan utama bagi perusahaan. Berikan jaminan mutu kepada konsumen.

Apabila produk baru adalah barang, maka perusahaan siap memberi garansi jika terjadi kerusakan dalam waktu dan kondisi tertentu.

Selain jaminan berupa garansi, perusahaan dapat memberikan layanan lain misalnya jasa konsultasi produk.

Berikan nomor kontak pada kemasan produk, pihak perusahaan bisa menampung berbagai keluhan konsumen sekaligus memberi solusi atas produk yang telah dibeli.

5. Siap berinovasi

inovasi produk baru
inovasi produk/Ilustrasi

Inovasi merupakan satu syarat mutlak untuk bisa mempertahankan diri dari gempuran persaingan di pasaran.

Meskipun produk baru belum diluncurkan, rancangan inovasi sudah harus ada di benak para pengusaha agar mampu mengikti perkembangan zaman.

Berbagai inovasi bisa dirancang untuk memberikan manfaat lebih bagi para konsumen.

Bentuk inovasi bisa berupa penambahan aksessoris, manfaat, atau yang lainnya pada produk baru.

Apapun akan dilakukan oleh produsen untuk mengalahkan kompetitornya, dari Hp yang dulunya hanya digunakan sebagai telepon dan sms, kini hp bisa semakin cerdas hingga muncul produk baru SmartPhone.

6. Buat lini produk

Tak berhenti pada rencana penambahan aksesoris pada produk baru, jika perusahaan sudah cukup kuat pengusaha bisa menambahkan lini produk untuk dilempar ke pasaran.

Penambahan lini produk ini bisa didasarkan atas segmen pasar yang dituju.

Hal ini bisa dilakukan untuk memperluas jangkauan pasar ataupun menyasar pasar yang sama dengan produk yang berbeda.

Perluasan lini produk misalnya produk susu, ada yang diproduksi khusus untuk balita, untuk perkembangan anak, untuk ibu hamil dan untuk para manula.

Perluasan lini produk dengan segmen pasar yang sama misalnya produsen sabun cuci kemudian dikembangkan dengan memproduksi sabun mandi, pasta gigi, sampo, dan lain-lain.

7. Jangan lupa beri merek

Hal terakhir untuk memaksimalkan produk agar bisa memasuki pasar dengan sempurna adalah pemberian merek.

Ini penting guna mengikat konsumen agar mudah mengingat dan tetap loyal pada produk yang dibelinya.

Merek bisa dibuat semenarik mungkin, mulai dari pemilihan nama, bentuk, warna, dan berbagai elemen desain lainnya.

Merek inilah yang akan dijadikan sebagai ujung tombak saat melakukan promosi.

baca juga : Cara Membuat Logo Untuk Brand Perusahaan

***

Banyak cara dan banyak jalan agar produk baru mampu bersaing di pasaran, tulisan ini mungkin hanya secuil dari sekian banyak strategi yang ada. Selalu optimis, dan semoga sukses…!

Tentang Penulis: Rama Gantara

Gambar Gravatar
Seorang bapak keluarga yang hobi ngeblog dan masih semangat berjuang  mengembangkan usaha, suka baca buku wirausaha dan motivasi bisnis, saat ini tergabung di komunitas UMKM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.