SEO Website, Tips Menjadi Situs Jawara di Dunia Maya

Optimasi mesin pencari atau yang sering dikenal dengan SEO (Search Engine Optimization) menjadi satu hal yang sering dipandang “penting” dilakukan oleh para pembuat website, blogger maupun internet marketer.

SEO Website yang baik memang sedikit banyak akan berpengaruh pada trafik web melalui mesin pencari.

Lantas SEO seperti apa yang baik untuk website??

Hal terpenting dan perlu diingat, SEO Website yang baik adalah yang seluruh kontent web tersebut memang ditujukan untuk manusia, bukan mesin pencari.

Website akan benar-benar berada di peringkat pertama Google jika website tersebut memiliki banyak orang yang  puas dengan halaman dan kontent website tersebut.

Orang tidak akan kembali berkunjung ke situsmu kalau mereka kecewa dengan website yang kamu sajikan. Dan Google juga tahu tentang hal itu.

Ada pendapat yang menyatakan; Sebuah website yang baik tanpa SEO akan lebih baik jika dibandingkan dengan website yang buruk dengan “SEO” yang sempurna.

Website yang baik dan bermanfaat biasanya akan menjadi bahan rujukan. Semakin baik dan bermanfaat situs yang disajikan, tentu mesin pencari juga akan lebih lama memposisikan situs tersebut di halaman pertamanya.

Membuat Kontent Website yang bagus

Membuat SEO Kontent Website yang Baik

“Kontent adalah Raja”, itulah jargon yang sering didengungkan oleh para suhu blog.

Dan itu Benar..! Pikirkan isinya dahulu, baru cara mengemasnya. Ini penting, karena kontent adalah mbah-nya SEO.

Bagi banyak blogger pemula, biasanya mereka akan sangat disibukkan dengan kemasan blognya, mulai dari bentuk tampilan, warna yang akan digunakan, menu akan ditaruh dimana, dan lain sebagainya. Pentingkah semua itu?

Penting, tapi satu hal yang paling penting untuk dipikirkan dan dieksekusi pertama kali adalah tentang kontent dalam blog maupun website tersebut.

Siapkan beberapa kontent yang menarik dulu, bahkan sebelum website tersebut jadi. Dengan persiapan kontent yang bagus, tentu saat website sudah siap online akan lebih mudah menata berbagai layout dalam web tersebut.

Lantas kontent yang seperti apa yang harus dipersiapkan?

1. Kontent situs harus menjadi solusi bagi pembaca

Banyak orang berselancar di dunia maya salah satu tujuannya adalah mencari berbagai solusi terhadap semua permasalahannya. Untuk itu, melalui tulisanmu jadilah solusi bagi mereka.

Kehidupan saat ini semakin kompleks, dan permasalahan hidup semakin rumit.

Lihatlah itu sebagai peluang untuk menulis. Buatlah kontent websitemu untuk membantu permasalahan para pengguna internet.

Pilihlah tema pembahasan yang benar-benar kamu pahami. Tulislah berdasarkan pengalamanmu, selanjutnya bisa dilengkapi dengan sumber referensi lain. Semakin lengkap, semakin baik.

2. Kontent yang mendalam

Fokus pada satu pembahasan akan lebih menarik daripada harus membahas semua permasalahan yang ujung-ujungnya akan bingung sendiri.

Menyediakan kontent yang lengkap, menyeluruh, dan orisinal dalam satu halaman memang tidak mudah. Tapi itulah yang dibutuhkan para peselancar di internet. Mereka membutuhkan solusi yang tuntas dan tidak terpotong-potong.

Kontent yang mendalam biasanya dihasilkan dari beragam proses penelitian dan pengamatan. Agar kontent lebih mendalam, secara teknis bisa dilengkapi dengan gambar ilustrasi, infografis, video maupun audio.

Membuat kontent yang mendalam dan sempurna memang membutuhkan cukup banyak waktu. Meski demikian kamu akan merasakan dampaknya secara nyata dari waktu yang kamu investasikan.

Dengan investasi tersebut, setidaknya kunjungan websitemu akan selalu meningkat setiap saat dan juga akan tetap bertahan diposisi halaman pertama meski ada gelombang perubahan alogaritma.

3. Relevan dengan kebutuhan pengguna

Sebagai mesin pencari, Google tahu apa yang harus dia lakukan saat ada pengguna internet mencari dan menelusuri informasi. Google akan memberikan hasil yang paling berguna dan relevan dengan kata kunci yang dimasukkan pengguna.

Meskipun berupa mesin pencari, nyatanya Google mengoreksi seluruh website yang ada didunia ini bukan hanya melalui mesin saja, namun juga melalui peran manusia.

Jangan sekali-kali membuat informasi hoax. Judul bertentangan dengan isi yang ditulis.

Berita bohong selain merugikan orang lain juga akan merugikan diri sendiri.

4. Review dan Update konten

Ketika kamu sudah selesai menulis, jangan lupa untuk mengoreksi setiap ejaan, kalimat, maupun tanda baca, sehingga tulisanmu akan lebih mudah dipahami oleh target pembaca.

Ilmu pengetahuan dan juga informasi selalu berkembang, untuk itu jangan enggan untuk mengulas ulang dan update halaman artikelmu. Perbarui, lengkapi, dan tingkatkan informasi yang sudah ada.

5. Kontak dan informasi situs

Kontak dan informasi situs berfungsi untuk meningkatkan kepercayaan pengguna. Mereka akan dapat menghubungimu jika memiliki kepentingan terhadap situs yang kamu buat. Kepentingan ini bisa dalam bentuk proposal kerjasama, komplain terhadap kontent, atau yang lainnya.

Informasi situs yang bisa kamu berikan misalnya tentang aturan main menggunakan situs. Biasanya bisa berupa Privacy Policy, Disclaimer, Daftar Harga Iklan, Pedoman Media Cyber, Tim Redaksi, atau yang lainnya.

6. Profil Penulis

Meskipun bukan sebuah kewajiban, menampilkan biografi singkat tentang penulis juga dapat meningkatkan kepercayaan pengguna situs.

Profil penulis ini biasanya diletakkan dibawah postingan artikel yang disertai dengan foto profil dan kontak yang bisa dihubungi.

Baca juga : Menulis Artikel Di WordPress Itu Mudah, Ini Caranya

Optimasi SEO Website

Tips Optimasi Website
Ilustrasi/Pixabay.com

Setelah kontent terbaik disajikan, beberapa hal yang bisa dioptimasi pada website diantaranya adalah :

1. Kecepatan loading halaman website

Menunggu apapun adalah sesuatu yang membosankan, apalagi menunggu selesainya loading halaman website.

Bagi banyak orang jika membuka halaman web terlalu lama biasanya mereka akan menutup halaman tersebut dan mencari halaman lain yang lebih cepat untuk dibuka. Jangan kecewakan para pengunjungmu dengan terus menunggu.

SEO Website sangat terkait erat dengan kecepatan halaman.

Sejak tahun 2010 lalu Google mengumumkan bahwa kecepatan sebuah website menjadi salah satu signal yang digunakan dalam algoritmanya untuk merangking halaman website. Oleh karena itu, untuk menjadi situs jawara maka kecepatan loading halaman mutlak diperlukan.

Beberapa Tool gratis untuk menguji seberapa cepat situsmu bisa melalui :

Dari kedua tool ini saja, kamu bisa menguji kecepatan setiap halaman websitemu. Dari situ juga akan ditunjukkan berbagai kesalahan yang bisa diperbaiki untuk mempercepat loading website.

2. Tampilan website yang nyaman dan menyenangkan

Setelah kecepatan loading halaman terpenuhi, hal yang tidak kalah penting adalah desain situs yang nyaman untuk dipandang oleh mata pengguna.

Pilihlah warna yang harmonis dengan desain minimalis sehingga tulisan pada website akan lebih mudah terbaca. Pilihlah gambar atau foto dengan kualitas terbaik tetapi ukuran seminim mungkin.

Tampilan yang bagus pada website, sedikit banyak juga akan meningkatkan reputasi web, kelihatan lebih elegan, profesional dan terpercaya.

3. Navigasi setiap halaman mudah

Navigasi halaman yang mudah akan memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna web. Jika mereka sudah tertarik pada artikel yang kamu buat, tidak menutup kemungkinan mereka akan menelusuri artikel lainnya di situsmu.

Buatlah kumpulan artikel berdasarkan kategorinya, tempatkan tombol menu kategori tersebut di posisi yang mudah terlihat. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengguna untuk menemukan apa yang mereka butuhkan.

4. Buat Daftar isi

Tak ubahnya seperti buku, daftar isi bisa memberikan panduan kepada pengguna untuk menemukan pembahasan yang mereka cari. Daftar isi sebuah situs bisa dikelompokkan berdasar kategori, tanggal terbit, maupun siapa penulisnya.

Buatlah satu halaman website yang khusus berisi daftar isi. Google akan selalu mengindex semua link terkait yang ada dalam situsmu.

Contoh daftar isi

Selain daftar isi yang berada dalam satu halaman, kamu juga harus membuat daftar isi yang berupa peta situs (sitemap) yang bisa dikirim ke Google Webmaster. Peta situs ini berisi link URL setiap halaman, pos, kategori maupun tag.

Contoh peta situs

5. Artikel Terkait

Artikel terkait memiliki peran penting dalam meningkatkan SEO Website. Seperti yang disinggung diatas, Google akan selalu mengindex semua link terkait yang ada dalam situsmu.

Artikel terkait ini bisa dimasukkan dalam teks artikel maupun ditempatkan dibawah postingan. Artikel yang dikaitkan sebisa mungkin harus ada relevansinya dengan artikel yang ditulis. Link antar artikel dalam satu website ini bisa disebut sebagai internal link(s).

Dengan adanya artikel terkait ini, pengguna dapat memanfaatkannya untuk mengetahui lebih jauh tentang materi pembahasan dalam artikel. Selain itu, internal link(s) ini akan dapat meningkatkan rangking di mesin pencari.

6. Fungsional untuk perangkat seluler

Perkembangan telepon cerdas hingga saat ini sangat mempengaruhi trafik kunjungan sebuah website. Dari pengalaman penulis sendiri, sebagian kunjungan halaman web diakses dari perangakat telepon genggam.

Buatlah situs yang mobile friendly, lebih baik lagi situs tersebut suport AMP (Accelerated Mobile Pages) sehingga loading web di seluler bisa lebih cepat.

7. Daftarkan di Google Search Console

Google Search Console atau yang juga dikenal sebagai Google Webmasters Tool merupakan salah satu fasilitas dari Google untuk membantu para webmaster untuk memantau performa penelusuran situs di mesin pencari Google.

Dengan memanfaatkan tools ini, kamu dapat mengoptimasi situs agar dapat bekerja dengan baik bagi pengguna dan dapat muncul dengan baik di hasil penelusuran. Dengan alat ini pula kamu akan mendapatkan dukungan dari google, dapat memeriksa kesehatan situsmu, sehingga bisa menjadi situs berkualitas tinggi.

***

Berpikir tentang SEO Website jangan sekali-kali bertujuan untuk mesin pencari, berpikirlah bagaimana manusia di dunia ini bisa mengakses situsmu dengan nyaman dan mendapatkan manfaat yang terbaik.

Strategi terbaik untuk meningkatkan peringkat di Google adalah dengan menjadikan situsmu yang paling berguna, paling relevan, paling informatif, dan paling menyenangkan bagi pengguna.

Alogaritma Google akan selalu berubah dan berkembang, cara mereka mengindex sebuah artikel selalu ter-update setiap waktu, hal ini sering berdampak pada trafik kunjungan beberapa website. Jika kontent websitemu sudah baik, maka kamu tidak perlu repot-repot mengoptimasi kembali situs yang telah dibuat.

Selamat berjuang…!!



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*