kewirausahaan, pendidikan, pernikahan, ibu hamil, teknologi informasi>

Ingin Jadi Pilot? ini 8 Sekolah Penerbangan terbaik di Indonesia

sekolah penerbangan indonesia

Jika kamu berniat ingin menjadi pilot, di Indonesia sudah banyak sekolah penerbangan yang bisa kamu pilih. Setiap sekolah memiliki keunggulan dan kelebihannya masing-masing. Untuk itu, gali informasi sedalam-dalamnya terlebih dahulu sebelum mendaftar.

Sebagian besar sekolah penerbangan di Indonesia merupakan jenjang pendidikan tinggi. Untuk bisa masuk kesana setidaknya harus lulus SLTA. Di sekolah inilah para calon pilot dapat belajar tentang bagaimana cara dan teknik mengemudikan pesawat terbang.

Berikut 8 sekolah penerbangan yang bisa kamu pilih:

1. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI CURUG).

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI CURUG)
Para Taruna Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI CURUG)

STPI merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Sekolah ini didirikan dengan tugas pokok menyelenggarakan program pendidikan profesional di bidang penerbangan. Kampus STPI terletak di dalam komplek Bandar Udara Budiarto. Memiliki lahan dengan luas kurang lebih 545 Ha, dan menempati 4 daerah yaitu Serdang Wetan, Rancagong, Kemuning, dan Palasari di kecamatan Legok, kewedanan Curug, kabupaten Tangerang, Propinsi Banten.

Sekolah yang banyak dikenal dengan nama Sekolah Penerbangan Curug ini didirikan di Jakarta pada tanggal 1 Juni 1952 dengan nama Akademi Penerbangan Indonesia (API). Pada tahun 1954 API dipindahkan dari Jakarta ke Curug, Tangerang. Pada tahun 1969 API berubah nama menjadi Lembaga Pendidikan Perhubungan Udara (LPPU) di bawah Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Kemudian pada tahun 1978 LPPU berubah nama menjadi Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (PLP) di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Perhubungan. Akhirnya pada tanggal 10 Maret 2000, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 43 Tahun 2010 PLP berubah menjadi Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia yang disingkat menjadi STPI.

Setiap tahunnya STIP Curug hanya meluluskan sekitar 20 siswa yang benar-benar berkualitas dan lolos seleksi. Di sekolah ini terdapat 4 jurusan yaitu jurusan penerbangan, teknik penerbangan, keselamatan penerbangan, dan manajemen penerbangan. Untuk menjadi peserta didik di STPI, para calon siswa harus melalui tahapan seleksi. Seleksi ini meliputi akademis, kesehatan, psikotes, dan wawancara.

Fasilitas belajar yang ditawarkan oleh sekolah ini diantaranya adalah sarana transportasi berupa mobil dan bus, asrama dengan daya tampung 1.000 (seribu) orang, Klinik kesehatan, Sarana olah raga, dan lain sebagainya.

Informasi selengkapnya :

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia
Jalan Raya PLP/ STPI Curug,
PO. BOX 509 Tangerang 15001
phone: +62 21 598 2204/2205
e-mail: [email protected]
website: www.stpicurug.ac.id

2. Bandung Pilot Academy.

Bandung Pilot Academy

Sekolah pilot Bandung Pilot Academy (BPA) merupakan salah satu lembaga pendidikan dan pelatihan penerbangan modern yang terletak di Kota Bandung. Sekolah ini didirikan pada tahun 2008 yang mengkombinasikan berbagai metode pembelajaran yang memungkinkan pilot lulusan BPA memiliki skill terbang, pengetahuan basic aeronautic serta perilaku yang sesuai dengan kebutuhan airlines.

Dikutip dari situsnya, Bandung Pilot Academy adalah Integrated Flight Education, metode pembelajaran tidak sekedar memenuhi kebutuhan standar minimum CASR 141, setiap cadet BPA diberikan pembekalan dan pembinaan yang dilengkapi peralatan belajar mengajar yang sesuai dengan perkembangan tekhnologi. Pembekalan tersebut mulai dari Computer Pilot Training (CPT), Computer Flight Training Devices, Full Flight Simulator Cessna 172 SP G.1000 yang telah disertifikasi oleh FAA, pesawat latih yang menggunakan C172S-SP (Single Engine) dan P2006T (Multi Engine) yang telah mengadopsi tekhnologi Glass Cockpit.

Beberapa keunggulan yang dimiliki sekolah pilot ini diantaranya; Akreditasi penuh (CASR 141), Memiliki program Single Engine Rating dan Multi Engine Rating, Simulator Full Motion Redbird FMX (FAA Certified), Instruktur kualitas ATPL Holder dan Silabus up to date, sesuai dengan kebutuhan Airlines. Selain itu di Bandung Pilot Academi juga menyediakan Dormitory 150 kamar, kerjasama untuk degree program, skema pembiayaan pendidikan dan kerjasama dengan airlines.

Program Pendidikan :

a. Private Pilot License
b. Commercial Pilot License
c. Instrument Rating Single Engine C172
d. Instrumen Rating Multi Engine P2006T
e. CPL – IR
f. Multi Engine Rating
g. Flight Instructor Course
h. Military Endorsement
i. Foreign Endorsement
j. Class Rating Single Engine C172
k Class Rating Multi Engine P2006T
l. ATPL Ground

Program Pendidikan di BPA 

program latihan Bandung Pilot Academy

Persyaratan umum mendaftar di BAF :

  • Pria / Wanita
  • Minimal Pendidikan SMA/SMK/Sederajat, dari segala jurusan
  • Minimal Tinggi Badan 160 cm (pria) dan 155 cm (wanita)
  • Sehat Jasmani & Rohani
  • Tidak buta warna
  • Tidak pernah terlibat criminal dan narkoba
  • Lulus ujian yang disyaratkan oleh BPA

Informasi selengkapnya :

Bandung Pilot Academy
Jl. Pajajaran No.154 A
Bandara Husein Sastranegara
Bandung 40174,Jawa Barat – INDONESIA
Tlp : (+62)22-6127168 / 6127169

www.bandungpilotacademy.com

3. Bali International Flight Academy (BIFA).

Bali International Flight Academy (BIFA)

Bali International Flight Academy (BIFA) didirikan pada tahun 2009 lalu dengan Certificate Of Appoval dari Kementerian Perhubungan – Pilot School Certificate, Nomor: 141/005. 15 Januari 2009. Kampus ini berlokasi di kawasan Air Strip Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, Buleleng. Bali International Flight Academy di gagas oleh Robby Djohan (alm) yang juga sebagai pendiri Bank Mandiri dan pernah menjabat Direktur Utama di PT. Garuda Indonesia pada1998 silam.

Seperti halnya di beberapa sekolah penerbangan lainnya, di BIFA juga menganut sistem “KADET” yaitu para siswanya di asramakan dengan sistem “BATCHES” atau angkatan. Masa pendidikan di sekolah ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 14 bulan.

Beberapa fasilitas yang dimiliki sekolah ini diantaranya adalah pesawat latih terbang, Hangar/perawatan pesawat terbang, Kampus, Asrama, Kafetaria, ruang kelas, Computer Based Training (CBT), perpustakaan, simulator, fasilitas olah raga, dan lainnya.

Program pendidikan di BIFA :

  1. Diklat Pembinaan Basic Mental Disiplin dan Survival
  2.  Ground Training Private Pilot License (PPL)
  3.  Flight Training aircraft, phase Private Pilot (PPL)
  4.  Ground Training Commercial Pilot License (CPL) + Instrument Rating (IR)
  5.  Flight Training aircraft, phase Commercial Pilot (CPL)
  6.  Flight Training Instrument Rating (IR)
  7.  Flight Training Devices (Simulator) Commecial Pilot (CPL)
  8.  Flight Training Devices (Simulator) Instrument Rating (IR)
  9.  Ground Training Multi Engine Class Rating PA44-180T Piper Seminole
  10. Flight Training Devices (Simulator) Multi Engine (ME)
  11. Flight Training Multi Engine
  12. Ground Training Air Tansport Pilot License

Seleksi di BIFA bisa dibilang sangat ketat, sekolah penerbangan ini memiliki kerja sama dengan salah satu maskapai di Indonesia, yaitu Garuda Indonesia.

Informasi selengkapnya :

Bali International Flight Academy
Sovereign Plaza lantai 11
Jalan T.B. Simatupang Kavling 36 Jakarta 12430
Phone : 021-29400123 (Hunting)
Fax : 021-29400125

Main Base Bali International Flight Academy
Bandar Udara Letkol Wisnu,
Sumberkima, Gerokgak,
Buleleng Bali 81155

Web: baliflightacademy.com

4. Eagle Air Academy.

Eagle Air Academy

Eagle Air Indonesia adalah sekolah pilot yang berbasis di Filipina bernama Eagle Air Academy yang telah didirikan sejak tahun 2008. Eagle Air Academy sendiri pada mulanya dididikan oleh Capt. Rodante Alix yang sudah berpengalaman dalam melayani industri penerbangan.

Pusat tempat pelatihan dan pendidikan pilot ini berlokasi di Mamburao, Filipina. Sekolah ini didirikan bagi para calon pilot yang ingin menjadi pilot yang berkompetensi dan profesional. Kombinasi teori dan praktik terbang menjadi satu cara untuk melatih para siswanya dalam mengendalikan dan mengemudikan pesawat terbang.

Adapun program pelatihan yang ditawarkan adalah :

  • Commercial IR Multi Engine (200 jam)
  • Commercial IR Multi Engine (160 Jam)
  • Commercial IR Single Engine (200 Jam)
  • Commercial IR Single Engine (150 Jam)
  • Indo License Conversion (2 bulan)

Informasi selengkapnya :

Eagle Air Academy
Jl. Pluit Raya No. 132 X-Y
Jakarta Utara 14440
Office : +6221 66674784
Fax : +6221 6618813
Office HP : 081284659475 / 081281181151

Web: www.eagleairindonesia.com

5. Deraya Flying School (DFS).

Deraya Flying School (DFS)

Deraya Flying School merupakan salah satu sekolah penerbangan di Indonesia yang didirikan oleh Siti Rahayu Sumadi pada tahun 1972 lalu. Sekolah ini menjadi salah satu rekomendasi sekolah penerbangan yang cukup bagus di Indonesia.

Program yang ditawarkan oleh Deraya Flying School bisa dibilang cukup lengkap dan telah disesuaikan dengan kebutuhan airlines. Program disusun untuk mendidik calon penerbang mulai dari tahap ab-initio hingga Basic Multiengine, sehingga seluruh lulusan akan siap untuk bekerja pada maskapai penerbangan. Keseluruhan tahapan PPL, CPL, IR, dan Basic ME disusun dengan berkesinambungan dan dijalankan sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

Instruktur di DFS datang dari beragam latar belakang dan berpengalaman. Mulai dari latar belakang pilot pesawat tempur, flight instructor pada Sekbang TNI AU, pilot untuk photo flight, pilot untuk penerbangan charter, hingga pilot dengan latar belakang pendidikan sarjana.

Fasilitas di kampus ini juga lengkap dan terintegrasi untuk seluruh kegiatan training, baik ground class, flight training, maupun simulator training. Seluruh fasilitas telah disediakan untuk mendukung berjalannya program pendidikan yang berkualitas tinggi, tepat waktu, dan berstandard internasional.
Area training juga cukup luas, hingga saat ini memiliki empat training bases, yaitu di Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta), Bandara Adisumarmo (Solo), Bandara Tunggul Wulung (Cilacap), dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang). Tiap base memiliki peruntukannya masing-masing yang disesuaikan dengan tahapan pendidikan siswa.
Terdapat lima program pendidikan andalan yang ditawarkan DFS yakni Full Program, Private Pilot License, Commercial Pilot License, Instrument Rating, dan Multi Engine.

Informasi selengkapnya :

Deraya Flying School (DFS)
Grha Intirub 2 1st floor
Jl. Cililitan Besar No. 454
Jakarta 13650, Indonesia
Phone: (62) 21 29373417
Fax: (62) 21 29373416
Email: [email protected]

Web: deraya.co.id

6. Aero Flyer Institute.

Aero Flyer Institute

Sekolah penerbangan Aero Flyer Institute ini merupakan sekolah penerbangan swasta yang berada di bawah naungan dari Batavia Air. Didirikan pada tahun 2006, Aero Flyer Institute menjadi sekolah pilot swasta tertua kedua di Indonesia.

Bandara Budiarto Tanggerang menjadi home-based Aero Flyer Institute. Flight training dilakukan di 3 area, yaitu: Bandara Budiarto Tangerang, Bandara Cakrabhuwana Cirebon, dan Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu.

Beberapa fasilitas yang dimiliki sekolah ini diantaranya 11 pesawat latih (Cessna 150, Cessna 172, dan Piper Seneca II), Simulator penerbangan (Redbird FMX, Frasca 141, dan Frasca 142), Laboratorium, ruang kelas (untuk 15 orang per kelas), dan Perpustakaan penerbangan.

Penerimaan mahasiswa baru dibuka 4 kali setiap tahunnya yaitu pada bulan Februari, Juni, September dan Desember.

Informasi selengkapnya :

Aero Flyer Institute
Komp. Bandara Udara Budiarto
Jl. PLP Curug, STPI
Curug – Bitung – Tangerang
Indonesia
Phone : +62851 0035 0085 – 88
Faksmile : +6221 59893600
Email : [email protected]
Facebook : Aero Flyer Institute
Twitter : @aeroflyerschool
Instagram : aero.flyer
Website : www.aeroflyer.co.id
Direct Marketing Contact: 081315154208 /085719208861

Office Hours / Management :
Monday – Friday : 07am – 4pm

7. Alfa Flying School.

Alfa Flying School

Alfa Flying School Didirikan pada tahun 2007 lalu, sekolah penerbangan ini terakreditasi oleh DGCA PSC No.141 / 04. Sekolah ini berada di Halim Perdanakusuma Airport.

Sekolah ini mempunyai 3 titik untuk tempat pelatihan penerbangan yakni di Jakarta (Halim), Cilacap (Tunggul wulung), dan Cirebon (Cakrabhuwana). Semua tempat pelatihan di luar Jakarta dilengkapi dengan asrama dan transportasi gratis ke/dari bandara. Asrama terletak di dekat bandara untuk mengurangi waktu perjalanan.

Paket pendidikan yang ditawarkan oleh sekolah ini adalah :

1. Professional Package
– Private Pilot License
– Commercial Pilot License
– Instrument Rating
2. Private Pilot License (PPL)
3. Commercial Pilot License Dan Instrument Rating
4. Instrument Rating (For CPL Holder)
5. Flight Instructor Course (Ground & Flight)
6. Endorsement
– Commercial Pilot License + Instrument Rating
– Private Pilot License
– Military
– Instrument Rating
7. Aptitude Flight
8. Additional Flight Hour
9 Redbird Simulator
10. Multi Engine Rating

Informasi selengkapnya :

Alfa Flying School
JL Kesambi Raya No 151
Drajat, Kesambi. Kota Cirebon
West Java, 45134
Tlp : +62 0231 239955

Web: alfaflyingschool.co.id

8. Flybest Flight Academy.

Flybest Flight Academy

Flybest Flight Academy merupakan sekolah penerbangan di Sumatera, tepatnya di provinsi Riau. Berdiri sejak tahun 2013, punya 3 lisensi: PPL, CPL, IR, 155 Jam Terbang Aktual dan saat ini terletak di kota Batam, Riau.

Sekolah ini cukup berkualitas di mana fasilitas di Flybest Flight Academy termasuk 4 unit aircraft dan 6 instruktur asing berpengalaman.

Informasi selengkapnya :

Flybest Flight Academy
Gedung Edu Center R201-202
Jl. Sekolah Foresta Kavling II no. 8
Pagedangan, Tangerang 15318
Tlp : (+62)21 3001-0825
Email : [email protected]

Web : flybest.co.id

***

Baca juga :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*