Raja Ampat, Surganya Wisata Indonesia

Raja-Ampat-papua

Sebagai tempat wisata, Raja Ampat di Papua sudah sangat populer. Tak hanya di dalam negeri, tapi juga masnca negara. Kawasan wisata ini pernah didokumentasikan dalam bentuk film berjudul “Edis Paradise 3″, dan diputar perdana di Swiss.Keindahan panorama bawah laut itulah yang membuat Raja Ampat dikenal dunia, dan kemudian dijuluki sebagai Amazon Lautan Dunia karena lokasinya berada di pusat segitiga karang dunia. Raja Ampat yang berarti empat raja adalah nama untuk empat pulau di gugusan pulau nan menawan.

Empat pulau itu adalah Pulau Waigeo, Salawati, Batanta, dan Pulau Misool. Para pecinta wisata bahari, terutama bawah laut, Raja Ampat sungguh mengagumkan. Wisata ini memang menawarkan beberapa tempat wisata yang sangat indah sekaligus menjadi favorit para wisatawan.

Lewat diving dan snorkeling, wisatawan akan menyaksikan keindahan alam bawah laut yang mempesona, dengan biota laut paling lengkap di dunia. Tak heran jika tempat wisata ini adalah surga wisata yang mungkin hanya bisa ditandingi oleh keindahan alam bawah laut Pulau Weh di Sabang, Aceh.

Diving dan snorkeling merupakan salah satu kegiatan wisata yang paling digemari, selain keindahan hutan lebat, gugusan batu kapur yang berwarna-warni, serta beragam spesies tumbuhan langka.

Beberapa obyek wisata yang paling sering dikunjungi adalah Pulau Wayag, Pulau Waiwo, Pulau Karang, Kepulauan Gam, dan Pulau Arborek. Anda bahkan bisa melihat burung Cendrawasih dalam habitat aslinya di Kepulauan Gam.

Bagi wisatawan yang suka berpetualan dan tantangan bisa mencoba mendaki Pulau Karang. Anda akan ditantang untuk mendaki karang dengan tingkat kemiringan mencapai 90 derajat. Nah, pemandangan dari puncak Pulau Karang ini benar-benar memukau. Anda bisa menyaksikan keindahan panorama laut Raja Ampat yang berupa jajaran pulau hijau dikeliling laut biru.

Transportasi

Lokasinya yang jauh dan tersembunyi membuat wisata Raja Ampat jarang dikunjungi wisatawan lokal. Tak heran, biaya menuju wisata raja Ampat memang terbilang mahal. Wisata Raja Ampat bisa dicapai dengan pesawat terbang, itu pun hanya sampai di kota Sorong, sekitar 6 jam penerbangan dari Jakarta.

Biasanya pesawat akan transit di Makassar atau Manado. Maskapai yang melayani penerbangan ke Sorong antara lain Silk Air, Garuda Indonesia, Pelita Air, dan Merpati. Dari Sorong, Anda akan menuju Waisai, ibu kota Raja Ampat, di Pulau Waigeo.

Paket Wisata Raja Ampat

Cara mudah untuk mencapapai ke tempat wisata ini, yaitu dengan mengikuti paket wisata dari agen travel atau agen wisata. Biayanya memang sedikit mahal dibanding wisata secara mandiri, namun Anda tidak akan kerepotan mengurus akomodasinya. Setidaknya, sampai saat ini ada tiga paket wisata ke Raja Ampat yang tersedia:

Kakaban Tour

Kakaban Tour memiliki paket wisata ke Misool, Raja Ampat, Papua Barat 6 hari 5 malam.Biayanya Rp 17 juta, sudah termasuk tiket pesawat pulang pergi, transportasi darat dan laut pulang pergi, serta dan pin masuk Raja Ampat.

Paket ini juga sudah termasuk layanan akomodari di Misool Eco Resort atau penginapan sesuai pilihan paket, makan selama trip, asuransi perjalanan, serta guide lokal. Tempat wisata yang dikunjungi antara lain Pulau Banos, Selat Pana-pana, Bal Bu Lol, Wagmam dan Farondi.

Kemudian Lenma Kanwa, Gua Kelelawar, Batu Menangis, Gua Keramat, Kalegmalekari dan Sumalelen.Wisatawan diberi kesempatan satu hari penuh di Misool.Mereka bisa snorkeling sepuasanya, sertamengunjungi Karawapop dan Pulau Kaleg.

Raja Wisata

Paket perjalanan Raja Wisata diklaim memiliki harga yang fleksibel, tergantung pilihan wisatawan. Sebab harga bervariasi dari Rp 5,5 juta sampai Rp 15 juta. Namun, harga itu belum termasuk tiket pesawat.

Paket hanya mencakup transportasi PP Bandara Sorong ke Pelabuhan Sorong, transportasi kapal cepat dari Pelabuhan Sorong ke Waisai, dan makan sebanyak 9 kali.

Wisatawan tidak perlu membayar lagi untuk penginapan di Raja Ampat Diver Resort, speedboat untuk island hopping dan snorkeling, wisata bird watching, dan alat snorkeling full set, serta tiket mengunjungi Pianemo, pengantaran dari Waisai ke Sorong, satu malam di Sorong dan program untuk tur privat.

Paket ini akan membawa Anda mengunjungi Sorong, Teluk Kabui, Kampung Wisata Arborek, Pianemo yang terkenal sebagai Little Wayag.

Bayu Buana

Agen travel Bayu Buana menawarkan paket wisata 4 hari 3 malam. Ada dua piliha, yaitu menginap di Raja Ampat Lodge 2 hari dan 1 hari di Mariat Hotel. Biayanya Rp 8.470.000 (per orang, minimum 20 pax) dan Rp 8.140.000 (per orang, minimum 25 pax).

Pilihan lain adalah menginap di Waiwo Dive Resort, Maras Risen, Acropora, Waisai Hotel untuk 2 malam dan 1 malam di Mariat Hotel. Harganya harga Rp 5.995.000 (per orang, minimum 20 pax) dan Rp 5.720.000 (per orang, minimum 25 pax).

Harga belum termasuk tiket pesawat dari tempat asal wisatawan, namun sudah mengkover baiaya makan, snorkeling dan transportasi selama berada di Raja Ampat. Paket wisata ini akan membawa Anda ke Waisai, Pulau Mioskun, Teluk Kabui, Kampung Yanbuba atau Pulau Kri.

Baca Juga : Pesona Wisata Kawah Ijen



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*