kewirausahaan, pendidikan, pernikahan, ibu hamil, teknologi informasi>

Kuliah Peternakan di Solo, Di sini Tempatnya.

Kuliah Peternakan di Solo
Iluastrasi | Gambar oleh Sasin Tipchai dari Pixabay

Apa yang kita konsumsi sehari-hari tak lepas dari dunia peternakan. Sebut saja daging dan telur. Karena menyangkut kebutuhan mendasar manusia, yakni pangan, maka sangatlah wajar jika saat ini banyak dibutuhkan para ahli di bidang peternakan guna menjaga persediaan hewan ternak berkualitas dan tentu saja tidak berbahaya untuk dikonsumsi. Bagi yang berminat mendalami disiplin ilmu ini, ada sejumlah perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta yang membuka jurusan maupun program studi peternakan.

Banyaknya perusahaan peternakan di Indonesia boleh jadi membuka peluang lebar-lebar bagi lulusan dengan disiplin ilmu peternakan yang mumpuni.

Namun, tidak semua perguruan tinggi di Indonesia membuka fakultas, jurusan, maupun program studi peternakan. Padahal bukan hanya menyiapkan tenaga ahli, baik di bagian manajerial maupun operasional untuk perusahaan peternakan, disiplin ilmu peternakan pun dapat melahirkan generasi pengusaha sukses di bidang peternakan.

Bagi yang belum punya mimpi untuk sukses di dunia bisnis peternakan, lulusan Peternakan juga dapat memulainya dengan menjadi tenaga ahli di perusahaan peternakan, perusahaan obat hewan ternak atau sejumlah instansi di pemerintahan. Baik itu di bidang manajerial atau operasional yang bertugas memeriksa dan mengolah data.

Berikut ini kami bagikan informasi lengkap daftar perguruan tinggi baik itu negeri maupun swasta di Solo atau eks-Karesidenan Surakarta yang membuka kesempatan bagi Anda yang hendak belajar lebih dalam lagi tentang ilmu peternakan.

Adapun informasi yang kami sampaikan ini lengkap dengan gambaran fasilitas, alamat, nomor telepon, email, dan jam layanannya.

1. Program Studi Peternakan UNS

Program Studi Peternakan UNS

Berdiri sejak 1998, Program Studi Peternakan di Universitas Sebelas Maret Solo saat ini memiliki sejumlah fasilitas yang berkualitas. Sebut saja Laboratorium Produksi ternak, Laboratorium Nutrisi dan Makanan ternak, Laboratorium Sosial Ekonomi Peternakan serta Laboratorium Industri Pengelolaan Hasil Peternakan.

Bahkan, Prodi yang berinduk pada Fakultas Pertanian ini juga memiliki laboratorium lapangan yang bersifat eksperimental untuk kebutuhan praktikum dan aktivitas penelitian, yakni di Desa Jatikuwung, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Untuk informasi lebih lanjut dan mendetail, silakan datang di kampus ini.

Alamat : Jl. Ir. Sutami No.36 A, Pucangsawit, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126

Telepon/Faks: (0271) 637457

Surel: [email protected]

Website: peternakan.fp.uns.ac.id

(Baca juga : Ini Daftar Fakultas di Universitas Sebelas Maret Surakarta)

2. Program Studi Peternakan UBY (Universitas Boyolali)

Program Studi Peternakan UBY (Universitas Boyolali)

Tidak ada salahnya jika Anda memilih kampus yang satu ini jika tidak berhasil masuk ke perguruan tinggi negeri. Kenapa? Ya, karena peluang Anda untuk lebih mendalam mempelajari ilmu tentang peternakan sangat besar di UBY (Universitas Boyolali)

Seperti kita ketahui, Kabupaten Boyolali merupakan penghasil susu terbesar hingga sering dijuluki sebagai Kota Susu. Ya, itu bukan tak lain karena tak sedikit peternakan sapi perah di kota yang terletak di lereng Gunung Merapi dan Merbabu tersebut.

Prodi Peternakan di Universitas Boyolali ini memiliki visi yang futuristik, yakni Menjadi Program Studi Yang Unggul Di Bidang Peternakan Berbasis Kearifan Lokal yaitu Pengembangan Usaha Ternak Perah Pada Tingkat Solo Raya Tahun 2022.

Bagi Anda yang yang tinggal di sekitar Semarang, Solo maupun Yogyakarta, kampus ini boleh dikatakan rekomended untuk dijadikan tempat belajar pilihan karena letaknya yang juga mudah di jangkau transportasi pribadi maupun  umum, meskipun berada di pinggiran kota.

Alamat : Jalan Pandanaran nomor 405 Boyolali, Jawa Tengah

Kode Pos :  573124

Telepon +62(076) 321328

Jam Buka

Senin—Sabtu: 09:00–19:00

Sabtu : 08:00–17:00

Website : uby.ac.id

3. Program Studi Peternakan Univet Bantara Sukoharjo

Selain di Boyolali, ada juga perguruan tinggi swasta yang juga membuka program studi peternakan di sekitaran Solo, yakni Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo atau yang sering disingkat dengan Univet Bantara.

Bagi Anda yang berasal dari Jawa Timur, khususnya dari Pacitan, Ponorogo dan Madiun, perguruan tinggi swasta (PTS) ini juga bisa menjadi alternatif pilihan. Letaknya juga mudah dijangkau transportasi umum bagi Anda yang berasal dari Wonogiri, Gunungkidul, Klaten, dan Karanganyar.

Prodi Peternakan Univet Bantara bahkan sudah bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah.

So, bagi Anda warga Sukoharjo yang tidak diterima di Progdi Peternakan UNS, kampus yang terletak tak jauh dari kantor Kabupaten Sukoharjo ini bisa jadi alternatif pilihan Anda untuk belajar.

Jika Anda berminat silakan kunjungi alamat di bawah ini!

Alamat : Jl. Letjend. S. Humardani No.1 Jombor, Bendosari, Sukoharjo, Jawa Tengah

Jam Layanan : Senin—Jumat: 08:00–14:00 & Sabtu: 08.00–12.00

Website : univetbantara.ac.id

4. Program Studi Peternakan Universitas Islam Batik Surakarta

Program Studi Peternakan di Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta atau UNIBA Solo ini baru sekitar dua tahun ini (sejak 2017) dibuka bersamaan dengan dibukanya prodi yang lain di Fakultas Pertanian. Sebut saja progdi Agroteknologi, Agribisnis, serta progdi Teknik Industri.

Sebagaimana di PT (Perguruan Tinggi) lainnya, dibukanya progdi Peternakan diharapkan dapat mempersiapkan sumber daya manusia yang mumpuni guna bekerja di dunia pertanian dan peternakan.

Dibukanya progdi Peternakan di PTS (Perguruan Tinggi Swasta) tersebut juga untuk memenuhi kebutuhan standart minimal prodi eksak yaitu 60 persen dan 40 persen untuk non eksak.

Bagi Anda warga Solo yang tidak diterima di Progdi Peternakan UNS, boleh juga kalau menjadikan UNIBA sebagai alternatifnya. Apalagi letak kampus ini mudah dijangkau dengan transportasi umum maupun pribadi. Jika Anda berminat untuk kuliah di kampus ini, silakan kunjungi alamatnya secara langsung maupun melalui website-nya.

Alamat : Jl. Agus Salim Nomor 10, Surakarta, Jawa Tengah

Kode Pos : 57147

Telepon : (0271) 714751

Fax : (0271) 740160

Email : [email protected]

Website : uniba.ac.id

5. Akademi Peternakan Karanganyar (APEKA)

Akademi Peternakan Karanganyar (APEKA) didirikan pada tahun 1985 berdasarkan Surat Persetujaun No. K/18/Kop.VI/VI/1985 tertanggal 10 Juni 1985 oleh Koordinator Kopertis Wilayah VI.

Di bawah Yayasan Pendidikan Karanganyar Surakarta, AKEPA menyediakan SDM (Sumber Daya Manusia) di bidang peternakan sebagai wujud ketahanan pangan yang merupakan pilar ketahanan nasional.

Hingga saat ini, APEKA memiliki status AKREDITASI B dengan No. SK 235/SK/BAN-PT/Ak-XIII/Dpl-III/XI/2013.

Perguruan tinggi ini juga memiliki laboratorium yang lengkap. Diantaranya laboratorium ternak seluas 2 Ha, laboratorium dasar, pengolaan teknologi hasil ternak (chicken nugget, abon daging kelinci dll), pembuatan pakan ternak alternatif, teknologi hijauan pakaian tenak, serta inseminasi buatan.

Bagi Anda warga Karanganyar yang tidak diterima di Progdi Peternakan universita negeri, UNS misalnya, bisa mencari informasi lengkap seputar perguruan tinggi yang satu ini. Adapun alamatnya bisa Anda catat baik-baik.

Alamat : Jalan Lawu Nomor 115, Bejen, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Kode Pos : 57716

Telepon & Fax : (0271) 495212

Website : apeka-karanganyar.ac.id

Ya, itulah informasi lengkap tentang 5 perguruan tinggi negeri maupun sewasta di Solo yang membuka Progdi Peternakan. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Semoga setelah memilih hingga lulus nanti, Anda dapat lancar mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan disiplin ilmu peternakan dengan bekerja di perusahaan bidang peternakan, industri pakan, breeding farm, farmasi hewan, peternakan komersial. Tak hanya itu, semoga Anda juga diterima bekerja di instansi pemerintah, seperti dinas peternakan, lembaga penelitian, perguruan tinggi, perbankan, dan wirausaha.

Baca juga : 10 Universitas Yang Ada Di Solo

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*