Gaya Hidup

Kopi-kopi unik di dunia

kopi unik

JBanyaknya jenis kopi melahirkan bermacam cara unik mengolah kopi. Kopi – kopi ini diolah dengan cara ekstrem , dan khas untuk menghasilkan cita rasa terbaik. Beberapa kopi ini pun dijual dengan harga yang fantastis.

Berikut ini jenis kopi dengan cita rasa berkelas dan memiliki banyak penggemar:

Kopi Gajah Dung

Jenis kopi ini berasal dari Thailand, berasal dari kotoran gajah. Kopi Gajah Dung atau lebih dikenal dengan black ivory coffee ini hasil dari gajah yang memakan kopi dan keluar bersama kotoran.

Para petani di Thailand mengumpulkan kotran dan memilah biji kopi satu per satu kemudian memprosesnya menjadi minuman. Hasil Kopi dari kotoran gajah ini dijual seharga $13 hingga $50 per cangkirnya. Kopi ekstrem gajah disebut-sebut memilliki cita rasa rumit dan kompleks.

Kopi Kera

Jenis Kopi ini tak kalah unik, berasal dari kera jenis Formosan Macaques, kera kecil abu-abu yang terdapat di Taiwan. Kera-kera ini gemar memakan kopi yang ada di sana dan kemudian meludahkan biji-biji kopi.

Nah, kopi ludahan kera-kera inilah yang kemudian diolah para petani di Taiwan. Memang ekstrem. Namun kopi ini memiliki peminat yang banyak. Para penikmat kopi menyebut kopi hasil ludahan kera ini memberi cita rasa dan aroma vanilla yang samar.

Kopi Burung Jacu

Tak hanya mamalia yang ternyata kotorannya mampu menghasilkan kopi bercita rasa unik dan mahal pula. Di Brazil, burung jenis Jacu ternyata mampu menghasilkan keahlian yang sama. Burung-burung ini memakan biji kopi dan mengeluarkan biji yang telah dicerna itu menjadi kotoran.

Para petani di Brazil mengumpulkannya dan menjualnya. Kopi yang dihasilkan burung Jacu memiliki rasa pedas dan sedikit manis asam pada rasanya. Beberapa ahli kopi menyebut kopi ini memiliki rasa unik yang memabukkan karena memiliki aroma rempah yang berkarakter.

Kopi Luwak

Jenis Kopi luwak adalah kopi paling unik, populer dan termahal di dunia. Kopi ini berasal dari biji luwak yang dipilih dan dimakan oleh luwak. Biji kopi pilihan itulah yang dicerna dan dibantu enzim di dalam pencernaannya.

Proses unik ini kemudian menghasilkan kopi luwak yang memiliki cita rasa dan karakter yang kuat. Meskipun rasanya nikmat, kopi luwak tetaplah menjadi salah satu paling ekstrem karena melibatkan luwak di dalamnya.

Kopi Joss

Salah satu Kopi unik berikutnya adalah kopi joss. Kopi dari Yogyakarta ini sangat unik dan khas. Sebab, kopi disajikan dengan mencelupkan arang yang membara ke dalam kopi. Arang menjadi campuran kopi yang dipercaya memberi nikmat yang tiada dua.

Para penikmat kopi joss yang unik ini percaya bahwa arang memberi aroma kuat dan rasa yang manis saat dinikmati. Meskipun harganya murah, kopi ini ternyata memberi khasiat karena arang dipercaya mampu menetralkan asam di dalam lambung.

(Baca juga : Mitos Seputar Kopi dan Kafein, Ini Faktanya)


Warning: Attempt to read property "term_id" on bool in /home/tumz2839/public_html/wp-content/themes/flex-mag/functions.php on line 999
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top