Jenis Kanvas Lukis, Kenali Keunggulan dan Kelemahannya

oleh
jenis kanvas lukis untuk pelukis pemula dan profesional

Sejak zaman dahulu, kanvas lukis telah menjadi salah satu media utama untuk menciptakan karya seni berupa lukisan.

Mulai dari masa klasik hingga seni kontemporer, keberadaan kanvas lukis telah memainkan peran penting dalam mempengaruhi dan mendukung perkembangan seni lukis.

Fungsi dari kanvas lukis utamanya adalah sebagai media bagi seniman untuk menciptakan karya seni lukis.

Kanvas menyediakan ruang kosong yang dapat diisi dengan warna, bentuk, dan imajinasi seniman.

Sebagai salah satu media yang dapat menampung berbagai jenis cat, kanvas memberikan kemampuan kepada seniman untuk berekspresi secara bebas.

Keberadaan kanvas lukis sendiri mulai ada sekitar abad ke-15 di Eropa, ketika seniman mulai meninggalkan media lain seperti kayu dan tembok sebagai permukaan utama dalam melukis.

Baca juga: 10 Pelukis Terkenal Dunia yang Perlu Anda Tahu

Pada perkembangannya saat ini, bahan pembuatan kanvaspun juga mulai beragam.

Mulai dari bahan alami seperti linen dan katun hingga penggunaan bahan-bahan sintetis seperti poliester.

Dengan banyaknya pilihan tersebut, ini dapat memberi keleluasaan bagi seniman untuk mengekspresikan kreativitas mereka dengan lebih luas.

Berikut ini kami sajikan tiga jenis kanvas berdasarkan bahan bakunya:

1. Kanvas Lukis dari Bahan Katun

bahan katun

Bahan katun menjadi salah satu jenis kanvas yang paling umum penggunaanya terutama oleh seniman pemula dan amatir, ini karena harganya yang cukup ramah di kantong alias murah meriah.

Katun merupakan serat alami yang terbuat dari kapas sehingga memiliki kemampuan untuk menyerap air dengan lebih baik.

Keunggulan:

  1. Harga Lebih Terjangkau: Salah satu keunggulan utama kanvas katun adalah harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kanvas dari bahan lain. Harga yang lebih rendah membuatnya menjadi pilihan populer bagi seniman yang memiliki anggaran terbatas.
  2. Permukaan yang Halus: Kanvas katun memiliki tekstur yang lebih halus dan relatif lebih rata. Hal inisangat cocok bagi seniman yang bekerja dengan detail halus pada lukisan. Permukaan halus ini yang akan mempermudah seniman untuk menciptakan hasil lukisan yang presisi dan rapi.
  3. Menyerap Cat dengan lebih Baik: Bahan katun dapat menyerap cat dengan lebih baik, ia juga bisa menghasilkan hasil warna yang bagus dan memungkinkan seniman untuk menciptakan efek warna yang kaya dan intens. Kanvas katun juga sangat cocok bagi seniman yang menyukai lapisan cat berulang atau teknik glazing.
  4. Mudah Digunakan: Kanvas katun lebih cocok untuk seniman pemula atau yang baru memulai karena sifat permukaannya yang responsif terhadap berbagai teknik seni lukis.

Kelemahan:

  1. Kurang Tahan Lama: Salah satu yang menjadi kelemahan kanvas katun adalah daya tahannya yang relatif rendah dibandingkan dengan kanvas dari bahan lain. Kanvas katun lebih cenderung rentan terhadap kerusakan fisik  kearena perubahan iklim.
  2. Risiko Retak: Karena sifat serat katun yang kurang kuat, hal  ini menyebabkan kanvas lukis berbahan katun cenderung mudah mengalami retak atau keriput. Ini dapat menyebabkan lukisan tidak tahan lama jika tidak dirawat dengan baik.
  3. Kurang Cocok untuk Cat Minyak: Meskipun beberapa seniman menggunakan kanvas katun untuk cat minyak, permukaannya yang lebih kasar daripada kanvas linen mungkin tidak ideal untuk seni lukis dengan cat minyak. Cat minyak cenderung memerlukan permukaan yang lebih halus agar dapat menempel dengan baik.
  4. Ketebalan: Beberapa kanvas katun mungkin memiliki ketebalan yang lebih rendah daripada kanvas lain. Ini dapat mempengaruhi kemampuan kanvas untuk menjaga ketegangan yang optimal sehingga dapat mempengaruhi hasil akhir karya seni.

2. Kanvas Lukis dari Bahan Linen

jenis kanvas lukis bahan linen

Salah satu jenis kanvas yang cukup memiliki harga tinggi di dunia seni lukis adalah kanvas dari bahan Linen, hal ini karena keunggulan dan kualitasnya.

Baca juga : 10 Pelukis Terkenal Indonesia dan Karya Lukisannya

Bahan linen sendiri terbuat dari serat alami rami atau linen yang memiliki karakteristik khas pada kanvas ini.

Keunggulan:

  1. Kekuatan dan Daya Tahan yang Lebih Lama: Kanvas linen terbuat dari serat rami atau linen yang memberikan kekuatan dan tahan lama yang sangat baik. Kanvas jenis ini lebih tahan terhadap kerusakan fisik dan perubahan lingkungan apabila dibandingkan dengan kanvas dari bahan lain, seperti kanvas katun. Hal inilah yang membuatnya menjadi pilihan terbaik bagi senima profesional.
  2. Memiliki Permukaan yang lebih Halus dan Kuat: Kanvas linen memiliki permukaan yang halus dan kuat, sehingga sangat cocok untuk berbagai teknik lukis. Dengan permukaan yang halus dan rata, hal ini sangat memungkinkan bagi seniman untuk menciptakan hasil akhir yang lebih tajam.
  3. Ketahanan saat dibentangkan: Kanvas lukis linen lebih kuat terhadap perubahan ukuran seiring berjalannya waktu. Kanvas yang sudah terbentang akan tetap dalam ukuran dan bentuk yang asli, tidak mudah keriput dan melengkung. Hal ini membuatnya menjadi pilihan terbaik untuk karya seni.
  4. Cocok untuk Cat Minyak: Kanvas linen hingga saat ini masih menjadi salah satu media terbaik untuk seni lukis dengan cat minyak. Permukaannya yang halus dan berpori memungkinkan cat minyak bisa menempel dengan lebih baik, mampu menghasilkan warna yang lebih cerah dan tajam.

Kelemahan:

  1. Harga Lebih Tinggi: Salah satu yang menjadi masalah utama kanvas linen adalah terkait harganya yang lebih mahal jika dibandingkan dengan kanvas lukis dari bahan lain, seperti kanvas katun atau poliester. Tak heran, karena proses pembuatannya memang lebih rumit dan terbuat dari bahan yang lebih berkualitas.
  2. Ketebalan yang Tidak Konsisten: Beberapa kanvas linen dengan kualitas rendah sering kali memiliki ketebalan yang tidak konsisten. Hal ini akan mempengaruhi kemampuan kanvas dalam menjaga ketegangan yang akan mempengaruhi hasil akhir karya seni lukis.
  3. Pengaruh Lingkungan: Meskipun kanvas linen lebih tahan terhadap perubahan lingkungan, namun bagaimanapun juga harus tetap melakukan perawatan dengan baik. Kanvas linen dapat merespons fluktuasi suhu dan kelembaban, sehingga perawatan yang tepat menjadi sangat penting agar dapat menjaga kualitasnya.

3. Kanvas Lukis dari Bahan Poliester

bahan poliester

Kanvas poliester adalah media lukis yang terbuat dari serat sintetis poliester. Ini adalah jenis kanvas yang cukup modern dan semakin populer di kalangan seniman kontemporer.

Beberapa keunggulan dan kelemahan jenis kanvas lukis ini antara lain:

Keunggulan Kanvas Lukis Poliester:

  1. Lebih Tahan Lama: Kanvas poliester sangat tahan terhadap kerusakan fisik dan perubahan lingkungan, sehingga jenis kanvas lukis ini menjadi pilihan yang terjamin bisa lebih tahan lama dan awet.
  2. Permukaan yang Konsisten dan Halus: Dengan ini kanvas lukis poliester akan dapat memberikan hasil yang lebih rata dan juga bisa mengurangi kemungkinan adanya gumpalan cat. Permukaan yang halus ini sangat memungkinkan bagi seniman untuk bisa menciptakan karya seni dengan hasil akhir yang cerah dan tajam.
  3. Ketahanan Terhadap Peregangan: Seperti halnya kanvas lukis linen, jenis kanvas poliester juga memiliki daya tahan yang baik terhadap peregangan, sehingga lukisan akan tetap dalam bentuknya yang asli seiring berjalannya waktu.
  4. Pengeringan Cat yang Cepat: Salah satu kelebihan yang menconjol dari kanvas lukis poliester adalah kemampuannya dalam mempercepat proses pengeringan cat. Hal ini akan sangat memungkinkan bagi seniman untuk dapat bekerja dengan lebih cepat dan bisa menghasilkan lapisan cat berulang dengan lebih efisien.
  5. Tidak Rentan terhadap Perubahan Lingkungan: Kanvas poliester terbuat dari bahan sintetis, oleh karenanya ia tidak terlalu responsif terhadap fluktuasi suhu dan kelembaban ruangan. Hal inilah yang membuatnya lebih tahan dan stabil terhadap perubahan lingkungan.

Kelemahan Kanvas Lukis Poliester:

  1. Harga Relatif Tinggi: Salah satu kelemahan utama kanvas poliester adalah harganya yang relatif mahal. Meskipun lebih terjangkau daripada kanvas linen, harga yang lebih tinggi mungkin menjadi faktor pembatas bagi beberapa seniman dengan anggaran terbatas.
  2. Kurang Cocok untuk Cat Minyak: Meskipun kanvas poliester cocok untuk berbagai teknik seni lukis, namun beberapa seniman menemukan bahwa permukaannya yang kurang pori-pori bisa membuatnya kurang ideal untuk seni lukis cat minyak.
  3. Cat Mengering Terlalu Cepat: Kecepatan pengeringan cat pada kanvas poliester juga dapat menjadi kelemahan bagi beberapa, terutama bagi mereka yang ingin bekerja dalam waktu yang lebih lama saat mencampur warna secara lebih mendalam.

Setiap jenis kanvas lukis memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Pilihan jenis kanvas tergantung pada preferensi seniman, jenis proyek seni, dan anggaran yang tersedia.

Baca juga : 16 Lukisan Naturalis: Representasi Dunia Nyata yang Akurat

Tentang Penulis: Joko Narimo

Gambar Gravatar
Blogger kambuhan yang juga aktif mengelola perpustakaan Tumpi Readhouse, pernah sekolah seni dan desain, kadang menjadi pegiat fotografi dan film komunitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.