Contoh Gambar 2 Dimensi yang Ada di Sekitar Kita

oleh
Contoh Gambar 2 Dimensi

Gambar 2 Dimensi (2D) adalah representasi visual dari objek atau bentuk yang hanya memiliki dua dimensi, yaitu panjang dan lebar.

Pada gambar 2 Dimensi tidak memiliki kedalaman, sehingga tidak menampilkan volume seperti pada gambar 3 Dimensi.

Contoh gambar 2D termasuk lukisan pada kanvas, ilustrasi di buku anak-anak, grafik pada lembar kerja, logo, gambar kartun, serta gambar-gambar yang kita lihat pada kertas, layar komputer, atau layar ponsel.

Gambar 2 Dimensi biasanya terdiri dari bentuk-bentuk geometris seperti lingkaran, persegi, segitiga, dan bentuk-bentuk lainnya.

Namun, gambar 2 Dimensi juga dapat menjadi lebih kompleks dengan menambahkan detail untuk menciptakan komposisi yang menarik.

Penggambaran dalam 2 Dimensi juga dapat berarti sebagai proyeksi paralel dari bentuk-bentuk tiga dimensi ke dua dimensi.

Proyeksi paralel adalah teknik dalam ilustrasi teknik dan gambar teknis untuk menunjukkan objek dari berbagai sudut pandang, tetapi tetap dalam dua dimensi.

Terdapat banyak contoh gambar 2 Dimensi yang ada di sekitar kita. Berikut ini contontohnya yang bisa Anda tiru:

1. Contoh Gambar 2 Dimensi Lukisan

Lukisan adalah bentuk seni visual yang melibatkan menciptakan gambar atau komposisi visual pada permukaan dengan menggunakan berbagai media seperti cat, pensil, tinta, atau bahan-bahan lainnya.

Lukisan merupakan salah satu bentuk ekspresi artistik tertua yang telah ada sejak zaman prasejarah.

Dalam lukisan, seniman menggunakan teknik dan gaya yang berbeda untuk menciptakan representasi visual dari objek, manusia, alam, atau abstraksi.

Lukisan dapat menggambarkan dunia nyata dengan realisme, mengekspresikan emosi dan perasaan, atau menyampaikan ide-ide konseptual secara visual.

Media dalam lukisan dapat bervariasi, termasuk cat minyak, cat air, akrilik, tinta, pastel, dan banyak lagi.

Masing-masing media memiliki karakteristik unik dan memberikan efek yang berbeda pada karya seni.

Lukisan telah menjadi bagian integral dari sejarah seni dan budaya, mencerminkan keanekaragaman kreativitas manusia sepanjang waktu.

Karya-karya lukisan terkenal telah memberikan sumbangan besar terhadap perkembangan seni, serta menjadi cerminan dari periode sejarah dan kehidupan sosial masyarakat pada saat pembuatannya.

Seni lukis terus berkembang dengan gaya dan teknik yang semakin beragam, termasuk penggabungan dengan teknologi digital dalam seni lukis digital.

Lukisan tetap menjadi media yang kuat untuk mengungkapkan ide, emosi, dan imajinasi, serta menjadi sarana ekspresi diri bagi seniman dan kesempatan bagi penikmat seni untuk mengapresiasi keindahan visual.

Baca juga: 5 Lukisan Termahal Karya Salvador Dali, Asli Bikin Ngiler

The Last Supper, lukisan mural karya Leonardo da Vinci

 

Dalam lukisan, volume bisa diciptakan dengan penerapan gelap terang
Dalam lukisan, volume bisa dengan penerapan gelap terang

 

Lukisan Van Gogh dengan Judul Starry Night
Lukisan Van Gogh “Starry Night”. Sumber

2. Contoh Gambar 2 Dimensi berupa Ilustrasi

Ilustrasi adalah seni atau praktik menciptakan gambar untuk menggambarkan, menyempurnakan, atau melengkapi sebuah teks, cerita, konsep, atau ide.

Tujuan utama ilustrasi adalah untuk memperjelas, menyoroti, atau menambah pemahaman terhadap teks atau subjek tertentu, baik dalam bentuk buku, majalah, kartu pos, poster, hingga media digital.

Ciri khas dari ilustrasi adalah fokus pada narasi visual yang mendukung atau memperkaya pesan.

Ilustrasi dapat berupa gambar-gambar yang sederhana dan eksplisit, atau karya seni yang lebih kompleks dan artistik.

Bentuk ilustrasi dapat mencakup berbagai gaya, teknik, dan media, termasuk cat air, cat minyak, pensil, tinta, ilustrasi digital, dan lain-lain.

Ilustrasi merupakan ekspresi kreativitas seniman dan mampu menghadirkan daya tarik visual yang unik serta memberikan nuansa atau pesan yang mendalam.

Selain itu, ilustrasi juga memainkan peran penting dalam mengenalkan cerita, ide, dan informasi dengan cara yang menarik dan menggugah minat pembaca atau penikmat seni.

Ilustrasi membaca

gambar iustrasi

ilustrasi kucing

3. Contoh Gambar 2 Dimensi Emoticon

Emoticon adalah representasi grafis dari ekspresi emosi atau perasaan yang berguna untuk mengekspresikan perasaan atau nuansa dalam percakapan teks atau pesan tertulis.

Biasanya Emoticon terdiri dari kombinasi karakter-karakter tipografi, seperti simbol, angka, dan huruf,  untuk membentuk wajah atau simbol yang menggambarkan berbagai ekspresi.

Emoticon banyak terdapat dalam komunikasi digital dan pesan teks untuk menambahkan dimensi emosional pada teks.

Mereka membantu menyampaikan perasaan seperti senang, sedih, marah, terkejut, tertawa, dan berbagai ekspresi lainnya.

Emoticon dapat menjadi alat yang efektif dalam mengkomunikasikan perasaan dan menambahkan nuansa pada teks.

Mereka juga membantu mencegah kesalahpahaman atau ketidaksesuaian pesan yang bisa terjadi dalam komunikasi tertulis yang sering kali tidak memuat ekspresi wajah dan nada suara.

Contoh Gambar 2 Dimensi Emoticon

4. Contoh Gambar 2 Dimensi Pictogram

Pictogram adalah jenis ikon atau simbol grafis yang berguna untuk menyampaikan informasi atau pesan dengan cara yang mudah tanpa menggunakan kata-kata.

Gambar ini berfungsi sebagai bahasa visual yang universal, karena dapat dimengerti oleh berbagai kelompok bahasa dan budaya tanpa harus bergantung pada kata-kata tertentu.

Pictogram sering digunakan untuk memberikan instruksi, menandakan bahaya, memberikan petunjuk, atau menyampaikan informasi dengan cara yang cepat dan mudah dipahami.

Mereka muncul dalam berbagai situasi, seperti di papan tanda, rambu lalu lintas, buku panduan, peta, papan petunjuk, dan lain-lain.

Ciri khas dari pictogram adalah representasinya yang mudah dan intuitif.

Mereka menggunakan gambar atau simbol sederhana yang mewakili objek atau konsep tertentu secara visual.

Pictogram dapat menggambarkan orang, benda, tempat, aktivitas, dan sebagainya dengan cara yang mudah dikenali dan dipahami oleh banyak orang.

Pictogram memainkan peran penting dalam menyampaikan informasi yang penting secara cepat dan efektif, terutama dalam situasi darurat atau ketika bahasa lisan atau tertulis tidak praktis.

Penggunaan pictogram telah merambah ke berbagai aspek kehidupan sehari-hari dan menjadi sarana komunikasi yang efisien dalam konteks global yang multibahasa dan multikultural.

Contoh Gambar 2 Dimensi Pictogram

5. Contoh Gambar 2 Dimensi Siluet

Gambar siluet adalah representasi dua dimensi dari sebuah objek, manusia, atau benda yang hanya menampilkan kontur atau bentuk luar dari objek tersebut, tanpa detail atau rincian dalam bentuk warna, tekstur, atau cahaya.

Siluet sering kali hanya terdiri dari garis luar hitam yang menandai batas objek, sementara bagian dalam objek di isi dengan warna hitam atau kosong.

Dalam gambar siluet, biasanya tidak ada fitur atau detail yang tampak dari objek, seperti wajah, rambut, atau ciri-ciri fisik yang lain.

Pembuatan bentuk siluet bisa dengan cara memotong atau mengisolasi objek dari latar belakangnya, sehingga menghasilkan kontras antara objek dan latar belakang.

Penggunaan gambar siluet dapat menciptakan efek yang dramatis, misterius, atau artistik, tergantung pada konteks dan gaya penggambarannya.

Gambar siluet sering kita temui dalam seni, desain grafis, poster, iklan, dan media visual lainnya untuk menarik perhatian, mengkomunikasikan ide secara singkat, atau menciptakan karya seni yang estetis.

Sebagai contoh, gambar siluet juga terdapat dalam fotografi, di mana fotografer mengambil gambar objek melawan cahaya yang terang, sehingga menciptakan bentuk siluet yang jelas dari objek tersebut.

Penting untuk Anda catat bahwa gambar siluet merupakan representasi abstrak dari objek aslinya, dan seringkali memerlukan tingkat keterampilan artistik untuk menciptakan bentuk yang jelas dan mudah.

Meskipun tidak menampilkan rincian, gambar siluet mampu menyampaikan pesan atau identitas objek dengan cara yang unik dan menarik.

Contoh Gambar 2 Dimensi Siluet hewan

Contoh Gambar 2 Dimensi Siluet manusia

Contoh Gambar 2 Dimensi Siluet srigala dan pohon

siluet burung dan rembulan

6. Contoh Gambar 2 Dimensi Sketsa

Karya sketsa adalah gambar yang menggunakan garis-garis ringan dan kasar sebagai tahap awal dalam proses menciptakan karya seni yang lebih lengkap atau rinci.

Sketsa sering kali digunakan sebagai kerangka dasar untuk mengembangkan lukisan, ilustrasi, desain, atau karya seni lainnya.

Ciri khas karya sketsa adalah garis-garisnya yang belum halus atau berwarna.

Pembuatan sketsa biasanya cepat dan spontan, dengan tujuan untuk menangkap ide, bentuk, atau komposisi secara kasar.

Oleh karena itu, sketsa seringkali memiliki kesan yang lebih bebas, longgar, dan tidak terlalu detail.

Pembuatan sketsa bisa menggunakan berbagai media, termasuk pensil, pensil arang, tinta, dan bahkan digital menggunakan perangkat lunak desain.

Dalam seni rupa, sketsa menjadi alat yang penting bagi seniman untuk merencanakan dan mempersiapkan ide sebelum menjadi bentuk yang lebih akhir.

Sketsa juga dapat berfungsi untuk mencatat atau merekam gambaran cepat dari objek atau pemandangan.

Gambar sketsa memungkinkan seniman untuk mengekspresikan ide atau emosi dengan cepat dan bebas tanpa terlalu memikirkan detail atau hasil akhir.

Karya sketsa memiliki nilai artistiknya sendiri dan seringkali dapat menjadi karya seni yang menarik dalam dirinya sendiri.

Beberapa seniman bahkan sengaja meninggalkan sketsa mereka dalam bentuk yang kasar dan spontan untuk menunjukkan proses kreatif yang otentik dan sifatnya yang tak terduga.

Contoh Gambar 2 Dimensi Sketsa

contoh gambar sketsa

contoh gambar sketsa pohon kelapa di pantai

7. Contoh Gambar 2 Dimensi Karikatur

Gambar karikatur adalah jenis gambar yang dibuat dengan ciri khas penggambaran yang konyol, berlebihan, atau menggambarkan suatu objek atau individu dengan gaya yang menggelembungkan ciri fisik, ekspresi wajah, atau karakteristik tertentu.

Karikatur sering kali digunakan untuk menyindir, mengolok-olok, atau mengomentari suatu situasi, tokoh terkenal, atau isu-isu tertentu dengan cara yang humoris atau satiris.

Ciri khas utama dari gambar karikatur adalah representasi yang melebih-lebihkan fitur wajah atau karakteristik unik individu tersebut.

Misalnya, seseorang dengan hidung besar mungkin digambarkan dengan hidung yang lebih besar dari ukuran sebenarnya dalam karikatur.

Ekspresi wajah juga sering diperbesar atau dilebih-lebihkan untuk memberikan sentuhan humor.

Dalam membuat gambar Karikatur seringkali dalam gaya yang sederhana.

Biasanya menggunakan garis-garis yang cepat dan ringan, tetapi tetap mengandung esensi dan kesamaan dengan objek atau tokoh.

Menggambar Karikatur bisa dengan teknik tradisional seperti pensil, tinta, dan cat air, atau menggunakan teknologi digital dengan perangkat lunak desain.

Karikatur memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan atau komentar secara kreatif dan humoris.

Selain itu, karikatur juga berguna untuk menghibur dan membuat orang tertawa karena penggambarannya yang kocak dan menggelitik.

Namun, penting untuk  Anda ingat bahwa karikatur juga harus menghormati batas-batas etika.

Selain itu tidak boleh menyudutkan atau menyinggung individu atau kelompok dengan cara yang tidak pantas.

Contoh karikatur abraham lincoln

Gambar Karikatur Barack ObamaGambar Krikatur Joko Widodo

8. Contoh Gambar Komik

Gambar komik adalah bentuk seni naratif yang menggunakan ilustrasi atau gambar-gambar berurutan untuk menggambarkan cerita atau cerita pendek.

Gambar-gambar tersebut biasanya ditempatkan dalam bingkai atau panel-panel yang disusun secara berurutan.

Pada gambar komik juga sering disertai dengan dialog atau teks naratif yang menambahkan konteks dan mendukung alur cerita.

Komik dapat mencakup berbagai genre dan gaya, termasuk komedi, petualangan, drama, fiksi ilmiah, fantasi, dan lain-lain.

Ciri khas dari gambar komik adalah penggunaan kombinasi gambar dan teks untuk bercerita, yang menjadi bentuk seni yang unik.

Beberapa elemen kunci dalam gambar komik adalah:

  1. Panel: Gambar-gambar disusun dalam panel-panel kecil atau besar yang membentuk rangkaian cerita. Setiap panel berisi adegan tertentu dalam cerita.
  2. Isi: Gambar-gambar dalam panel menggambarkan adegan, karakter, atau peristiwa yang terjadi dalam cerita.
  3. Balon ucapan: Balon-balon atau buritan teks di atas atau di sekitar karakter menyajikan dialog, perkataan, atau pemikiran mereka.
  4. Narasi: Teks naratif yang terletak di luar panel, seperti kalimat deskriptif atau narasi, digunakan untuk memberikan konteks atau informasi tambahan dalam cerita.

Komik bisa hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari komik strip hingga buku komik dan novel grafis yang lebih kompleks.

Komik juga sering digunakan untuk menyampaikan pesan, ide, atau pendapat dengan cara yang menarik dan menyenangkan.

Teknik dan gaya seni dalam gambar komik sangat bervariasi dan tergantung pada preferensi seniman atau pembuatnya.

Beberapa komik memiliki ilustrasi yang realistis, sementara yang lain bisa memiliki gaya yang lebih kartun atau karikatur.

Melalui kombinasi gambar dan teks, gambar komik menjadi media yang kuat untuk bercerita, menghibur, atau menyampaikan pesan dengan cara yang unik dan menarik.

contoh karya 2 dimensi komik strip

contoh karya 2 dimensi komik strip

Contoh gambar komik

9. Contoh Gambar Ragam Hias

Ragam hias adalah jenis gambar yang menggabungkan pola-pola geometris, ornamen, dan dekorasi yang berulang secara teratur untuk menciptakan karya seni.

Ragam hias telah digunakan sejak zaman kuno sebagai bentuk seni dekoratif untuk menghiasi berbagai objek lainnya.

Ciri khas dari gambar ragam hias adalah penggunaan motif-motif repetitif yang sering kali bersifat simetris dan geometris.

Motif-motif ini dapat berbentuk bunga, daun, garis-garis, lingkaran, segi empat, segitiga, dan berbagai bentuk geometris lainnya.

Gambar ragam hias sering menonjolkan pola-pola yang indah dan konsisten yang membentuk kesan harmoni dan keseimbangan visual.

Gambar ragam hias dapat ditemukan dalam berbagai budaya di seluruh dunia, masing-masing dengan gaya dan motif uniknya.

Contohnya, ragam hias Islam menampilkan pola-pola geometris yang rumit dan simetris.

Sementara ragam hias Tiongkok sering menampilkan gambar naga, burung phoenix, dan bunga teratai.

Gambar ragam hias adalah ekspresi seni yang kaya dengan keindahan dan makna budaya.

Keberlanjutan penggunaannya di seluruh dunia menunjukkan nilai estetika dan keunikan dari seni dekoratif ini.

Contoh gambar 2 dimensi Ragam Hias Jawa Slobog
Ragam Hias Jawa Slobog

 

Ragam Hias Minangkabau - Siriah Gadang
Ragam Hias Minangkabau – Siriah Gadang

 

Ragam Hias motif batik Kawung

10. Contoh Gambar Kaligrafi

Gambar kaligrafi adalah bentuk seni rupa tulisan tangan yang memperlihatkan keindahan dan estetika huruf-huruf atau karakter-karakter tertentu.

Kaligrafi merupakan seni menulis dengan gaya tertentu yang memperhatikan proporsi, bentuk, irama, dan perpaduan antara karakter-karakternya.

Ciri khas dari gambar kaligrafi adalah ketelitian dan keindahan garis-garis yang membentuk huruf-huruf atau karakter-karakter.

Penggunaan goresan pena atau kuas dapat menciptakan aliran yang khas pada setiap karakter, sehingga menghasilkan karya yang estetis.

Seni kaligrafi telah ada sejak zaman kuno dan memiliki nilai artistik, budaya, dan sejarah yang tinggi.

Ia ada dalam banyak budaya dan peradaban di dunia, termasuk di kalangan peradaban Cina, Arab, Persia, Jepang, dan banyak lagi.

Dalam gambar kaligrafi, selain keindahan bentuk, juga dipertimbangkan tata letak, arah goresan, dan penggunaan ruang kosong atau negatif yang menciptakan keseimbangan visual yang harmonis.

Keindahan estetika kaligrafi sering kali dianggap sebagai bentuk meditasi dan ekspresi diri oleh seniman kaligrafi.

Gambar kaligrafi dapat digunakan untuk menulis teks-teks artistik, ayat-ayat Al-Quran dalam seni kaligrafi Islam, puisi, kata-kata bijak, dan lain-lain.

Selain itu, dalam beberapa budaya, kaligrafi juga digunakan untuk menghias artefak, bangunan, atau benda-benda lainnya.

Ini sebagai bentuk penghargaan terhadap seni tulisan yang indah dan mendalam.

Dalam era digital, seni kaligrafi juga mengalami perkembangan, sehingga gambar kaligrafi bisa dibuat secara tradisional maupun digital.

Meskipun dengan metode berbeda, nilai estetika dan kreativitas kaligrafi tetap dihargai sebagai bentuk seni tulisan yang berkelas.

Kaligrafi arab membentuk buah

 

Tentang Penulis: Joko Narimo

Gambar Gravatar
Blogger kambuhan yang juga aktif mengelola perpustakaan Tumpi Readhouse, pernah sekolah seni dan desain, kadang menjadi pegiat fotografi dan film komunitas.

No More Posts Available.

No more pages to load.