Karang Taruna

Bendera dan Panji Karang Taruna, beserta Contoh Penggunaanya

penggunaan Bendera dan Panji Karang Taruna

Bendera dan panji memiliki peran penting dalam mengidentifikasi dan mewakili Karang Taruna, sebuah organisasi pemuda yang berfokus pada pelayanan masyarakat dan pengembangan kepemudaan.

Dalam konteks Karang Taruna, bendera dan panji memiliki desain khusus yang mencerminkan nilai-nilai dan identitas organisasi.

Perbedaan Bendera dan Panji

Perbedaan antara bendera dan panji terletak pada fungsinya, desainnya, dan penggunaannya. Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara bendera dan panji pada umumnya:

1. Perbedaan Fungsi bendera dan panji

Penggunaan panji pada umumnya sebagai simbol atau tanda pengenal suatu kelompok, organisasi, atau negara.

Biasanya sebuah organisasi menggunakan panji dalam berbagai kegiatan seperti upacara, perayaan, atau kegiatan spesifik.

Sementara itu, bendera memiliki fungsi yang lebih luas dan sering kali mewakili identitas dan kedaulatan organisasi maupun suatu negara.

Bendera biasanya dikibarkan di gedung pemerintahan, institusi, organisasi atau digunakan sebagai simbol pada acara resmi.

2. Perbedaan pada Desain bendera dan panji

Perbedaan Fungsi bendera dan panji karang taruna

Desain pada panji umumnya memiliki bentuk yang lebih panjang dan menyempit, namu juga ada yang sama persis dengan bendera.

Desain panji seringkali memiliki ukuran yang tidak terlalu besar sehingga lebih mudah untuk memegang atau mengikatnya dengan tali.

Panji dapat memiliki berbagai warna, logo, tulisan, atau simbol yang mewakili identitas kelompok atau organisasi tersebut.

Bendera, di sisi lain, memiliki desain yang terstruktur dengan proporsi yang baku.

Bendera biasanya terdiri dari warna-warna dan simbol-simbol yang melambangkan atau mewakili sebuah negara atau entitas organisasi.

3. Perbedaan Penggunaan bendera dan panji

Penggunaan panji biasanya dalam acara-acara kecil, seperti upacara sekolah, pertemuan kelompok, atau perayaan komunitas.

Selain itu, penggunaan Panji juga sebagai simbol identitas dalam kegiatan olahraga, seperti pertandingan atau kejuaraan.

Sementara itu, bendera digunakan secara lebih umum dan sering dikibarkan di tempat-tempat penting, seperti gedung pemerintahan, tempat ibadah, atau pada kendaraan militer.

Pengibaran bendera juga sering dilakukan saat perayaan nasional atau acara resmi.

4. Perbedaan Ukuran panji dan bendera

Panji umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada bendera. Panji biasanya memiliki ukuran yang mudah dipegang atau diikat dengan tali, sehingga mudah untuk dibawa atau dipindahkan.

Bendera, di sisi lain, biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dan dikibarkan di tiang atau tiang bendera yang lebih tinggi.

Perbedaan ini menunjukkan bahwa bendera dan panji memiliki peran dan penggunaan yang berbeda tergantung pada konteks dan keperluan penggunaannya.

Baca juga : Arti Logo / Lambang Karang Taruna

Bendera Karang Taruna

Bendera Karang Taruna

 

Bendera Resmi adalah bendera yang menjadi simbol dan perlambang utama organisasi Karang Taruna sebagai identitas tunggal dalam membangun kesejajaran dengan kelembagaan lainnya.

Aturan Bentuk dan ukuran bendera resmi Karang Taruna:

  1. Berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 180cm (seratus delapan sentimeter) dan ukuran lebar 120cm (seratus duapuluh sentimeter);
  2. Terbuat dari bahan terbaik yang agak tebal (2 lapis);
  3. Di tengah-tengah bendera resmi terdapat lambang Karang Taruna di kedua sisinya dengan ukuran garis tengah 60cm (enam puluh sentimeter);
  4. Di bawah lambang terdapat tulisan ´KARANG TARUNAµ dengan huruf kapital di kedua sisinya dengan warna tulisan kuning emas dan ukuran tinggi tulisan 10cm (sepuluh sentimeter);
  5. Warna dasar adalah biru benhur (biru langit) dengan pinggiran berwarna kuning emas yang melingkari warna dasar;
  6. Pada sisi bendera terdapat rumbai warna biru tua, kecuali sisi yang melekat pada tiang;
  7. Ikatkan bendera resmi pada tiang dengan 3 (tiga) buah tali pengikat, tinggi tiang 3m (tiga meter), berbentuk bulat, dan bergaris tengah 4cm (empat sentimeter); dan
  8. Pada puncak tiang bendera terdapat kepala tiang (mustika) berbentuk bunga teratai yang mulai mekar dengan tinggi 20cm (dua puluh sentimeter), bergaris tengah 10cm (sepuluh sentimeter), dan terbuat dari logam.

Baca juga : Mars Karang Taruna Indonesia

Panji Karang Taruna

Panji Karang Taruna

Panji adalah simbol pataka dan kekramatan organisasi Karang Taruna yang menjadi perlambang utama sebagai bagian dari bangsa dan negara.

Aturan Bentuk dan ukuran panji Karang Taruna :

  1. Warna dasar kuning;
  2. Panjang 180cm (seratus delapan puluh sentimeter) dan lebar 120cm (seratus dua puluh sentimeter);
  3. Terbuat bahan terbaik (beludru) dan agak tebal (2 lapis);
  4. Di tengah-tengahnya terdapat lambang Karang Taruna pada kedua sisinya yang bergaris tengah 60cm (enam puluh senti meter);
  5. Di bawah lambang terdapat tulisan ´KARANG TARUNA dengan huruf kapital pada kedua sisinya dengan warna tulisan hitam dan ukuran tinggi tulisan 10cm (sepuluh sentimeter);
  6. Di ketiga sisinya (yang tidak melekat pada tiang) terdapat rumbai warna kuning emas dengan panjang 6cm (enam sentimeter);
  7. Ikatkan Panji pada tiang dengan tiga buah tali pengikat, tinggi tiang 3m (tiga sentimeter), berbentuk bulat, dan bergaris tengah 4cm (empat sentimeter);
  8. Pada puncak tiang panji terdapat kepala tiang (mustika) berbentuk bunga Teratai yang mulai mekar dengan tinggi 20cm (dua puluh sentimeter), bergaris tengah 10cm (sepuluh sentimeter), dan terbuat dari logam;
  9. Pada panji Karang Taruna tidak boleh ada tulisan nama wilayah, hanya boleh ada tulisan Karang Taruna dengan huruf kapital di bawah logo Karang Taruna.

Baca juga : Ini Jenis Seragam Karang Taruna yang Perlu Anda Tahu

Sumber : peraturan.bpk.go.id


Warning: Attempt to read property "term_id" on bool in /home/tumz2839/public_html/wp-content/themes/flex-mag/functions.php on line 999
To Top