Industri Musik

10 Agregator Musik: Membuka Peluang Musisi Go Internasional

10 Agregator Musik: Membuka Peluang Musisi Go Internasional

Agregator musik memiliki peran penting dalam memajukan karier musisi independen, karena dengan ini musisi bisa mendistribusikan musik mereka ke berbagai platform musik digital secara global.

Ini memberikan akses langsung ke jutaan pendengar di seluruh dunia, tanpa perlu mengandalkan label rekaman besar.

Baca juga:  Mendirikan Label Rekaman Independen, Optimis Kamu Bisa

Dengan menggunakan agregator musik, musisi independen dapat mempertahankan kebebasan kreatif dan kontrol penuh atas musik mereka.

Mereka dapat memutuskan kapan dan bagaimana musik mereka akan rilis, serta memilih platform-platform musik yang ingin mereka targetkan.

Agregator musik membantu musisi menghasilkan pendapatan dari musik.

Mereka biasanya memberikan laporan penjualan dan pendapatan yang terperinci kepada musisi, sehingga musisi dapat melacak dan memahami sumber pendapatan mereka.

Agregator musik juga memproses royalti dari platform-platform musik digital dan mengirimkannya kepada musisi.

Perusahaan agregator memainkan peran penting dalam memberdayakan musisi independen dan mendukung pertumbuhan karier musik.

Baca juga : Cara Menjual Lagu, Peluang dan Strategi yang Perlu Kamu Ketahui

Berikut adalah 10 agregator musik populer yang bisa Anda gunakan untuk mendistribusikan karya lagumu:

1. Musicblast – Aggregator dan Publisher

Musicblast merupakan agregator musik

Musicblast merupakan agregator musik digital di Indonesia yang memberikan layanan self service di aplikasi website sehingga band atau musisi dapat merilis karyanya sendiri.

Mereka membantu musisi untuk merilis karyanya di seluruh dunia dengan jalur store digital seperti Itunes, Spotify, Youtube Art Track, Deezer, Google Play, dll, dan juga pengaktivan RBT untuk pengguna selular di Indonesia.

Musicblast juga memberikan layanan promosi di Facebook, Instagram dan youtube.

Selain itu Musicblast juga menyediakan divisi produksi yang bisa membantu musisi untuk memproduksi karyanya menjadi CD/Kaset dan juga merchandise.

Situs Web: musicblast.id

2. Netrilis – Distribusi Musik Digital Indonesia

Merupakan perusahaan agregator musik Indonesia

Merupakan perusahaan agregator musik Indonesia yang menyalurkan lagu dan musik dari para musisi ke digital music platform.

Bukan hanya itu, Netrilis juga melayani produksi rilisan audio secara fisik, seperti CD dan kaset, serta mendistribusikannya juga.

Bahkan, Netrilis juga tengah mengembangkan untuk membuat produk rilisan musik sendiri di kemudian waktu.

Situs Web : netrilis.com

3. DistroKid – Independent Digital Music Distribution

DistroKid

DistroKid adalah sebuah perusahaan distribusi musik digital yang berdiri berkat kerja keras Philip Kaplan pada tahun 2013.

Perusahaan ini berfungsi sebagai perantara antara musisi dan platform-platform musik digital seperti Spotify, Apple Music, Amazon Music, Deezer, dan banyak lagi.

Mereka memungkinkan musisi independen untuk memperoleh akses ke pasar musik digital secara global.

DistroKid telah menjadi pilihan populer bagi banyak musisi independen yang ingin mendistribusikan karya musik mereka secara mandiri dan efisien.

DistroKid juga menawarkan solusi yang terjangkau dan memberikan akses yang luas ke pasar musik digital global.

Situs Web : distrokid.com

4. CD Baby – Release Your Music Everywhere

CD Baby adalah salah satu perusahaan Agregator dan distribusi musik

CD Baby adalah salah satu perusahaan distribusi musik digital terkemuka yang berdiri pada tahun 1998 oleh Derek Sivers.

Mereka menyediakan platform untuk musisi independen untuk mengunggah, mendistribusikan, dan menjual musik mereka secara global.

Berikut adalah beberapa informasi profil tentang CD Baby:

Selain distribusi musik digital, CD Baby juga menyediakan layanan untuk penjualan musik fisik seperti CD dan vinyl.

Musisi dapat menjual produk fisik mereka melalui toko online CD Baby atau melalui platform e-commerce lainnya.

CD Baby juga menjadi pilihan populer musisi independen dalam memasarkan musik mereka secara global.

Mereka menawarkan layanan yang komprehensif, dengan fokus pada kebebasan kreatif dan kepemilikan musik.

Situs Web : cdbaby.com

5. TuneCore – Unlimited Releases

TuneCore adalah perusahaan Agregator dan distribusi musik digital

TuneCore adalah perusahaan distribusi musik digital dari Amerika yang berdiri pada tahun 2006 oleh Jeff Price, Gary Burke dan Peter Wells.

Perusahaa ini menyediakan platform musisi independen untuk mengunggah, mendistribusikan, dan menjual musik mereka di berbagai platform musik digital. Termasuk Spotify, Apple Music, Amazon Music, Deezer, dan platform lainnya.

Musisi dapat mengunggah lagu, album, dan materi musik lainnya ke TuneCore, dan perusahaan ini akan mendistribusikannya secara global.

Selain itu TuneCore juga menawarkan berbagai fitur tambahan untuk membantu musisi mempromosikan dan memasarkan musik mereka.

Mereka menyediakan layanan seperti penayangan video musik, pembuatan ringtone, distribusi fisik, dan banyak lagi.

TuneCore juga menyediakan panduan dan sumber daya untuk membantu musisi memahami industri musik dan mengembangkan karier mereka.

Perusahaan ini menyediakan solusi yang mudah Anda gunakan dan memberikan musisi kontrol penuh atas musik mereka serta potensi untuk menghasilkan pendapatan dari karya musik mereka.

Situs Web : tunecore.com

6. Symphonic – Digital Music Distribution

Symphonic Distribution dan Agregator

Symphonic Distribution adalah sebuah perusahaan distribusi musik digital yang berdiri pada tahun 2006 oleh Jorge Brea.

Perusahaan ini membantu label rekaman, produsen musik, dan artis independen untuk mendistribusikan musik mereka ke berbagai platform musik digital di seluruh dunia.

Mereka memiliki jaringan mitra distribusi yang luas, termasuk Spotify, Apple Music, Amazon Music, Deezer, dan banyak lagi.

Symphonic Distribution juga menyediakan berbagai fitur tambahan yang membantu musisi mempromosikan dan memasarkan musik mereka.

Mereka menawarkan layanan seperti promosi musik, distribusi video musik, pemasaran sosial media, dan layanan sinkronisasi musik untuk film, TV, dan iklan.

Symphonic Distribution juga menawarkan layanan manajemen label rekaman yang komprehensif.

Symphonic Distribution telah dikenal sebagai salah satu perusahaan distribusi musik digital terkemuka yang menawarkan layanan komprehensif kepada musisi independen dan label rekaman.

Mereka memungkinkan musisi untuk mengembangkan kehadiran digital mereka dan memaksimalkan pendapatan dari karya musik mereka melalui berbagai layanan dan kesempatan yang mereka tawarkan.

Situs Web : symphonic.com

7. RouteNote – Sell Your Music Online

RouteNote adalah platform distribusi musik digital dan Agregator

RouteNote adalah platform distribusi musik digital eropa yang berdiri pada tahun 2007.

Mereka menyediakan layanan distribusi musik secara global kepada artis independen dan label rekaman yang ingin memasarkan musik mereka di berbagai platform musik digital.

RouteNote menawarkan model berbasis royalti di mana musisi dapat memilih antara dua opsi: “Gratis” atau “Pro”.

Dalam opsi “Gratis”, RouteNote membagi pendapatan 85% untuk musisi dan 15% untuk RouteNote.

Dalam opsi “Pro”, musisi membayar biaya tahunan atau biaya per rilis, tetapi mereka dapat mempertahankan 100% royalti dari penjualan musik mereka setelah biaya tersebut terpenuhi.

Selain distribusi musik, RouteNote juga menyediakan layanan tambahan seperti monetisasi YouTube, pendaftaran hak cipta, laporan penjualan dan pendapatan, serta promosi musik.

Mereka juga memiliki fitur yang memungkinkan musisi untuk merilis musik dengan pra-order dan menjual merchandise melalui platform mereka.

RouteNote menawarkan opsi level layanan yang berbeda, mulai dari “Gratis” dengan fitur dasar hingga “VIP” dengan fitur yang lebih lengkap, termasuk akses prioritas ke tim dukungan mereka.

RouteNote telah menjadi platform yang populer bagi musisi independen dan label rekaman untuk mendistribusikan musik mereka secara global.

Mereka memberikan akses ke berbagai platform musik digital, memungkinkan musisi untuk mengelola dan mengendalikan pendapatan mereka, serta menawarkan layanan tambahan untuk membantu mempromosikan musik dan memaksimalkan potensi karier musik.

Situs Web : routenote.com

8. EmuBands – Digital Music Distribution

perusahaan distribusi musik digital

EmuBands adalah sebuah perusahaan distribusi musik digital yang berdiri pada tahun 2005.

Mereka adalah platform yang menyediakan layanan distribusi musik independen kepada artis dan label rekaman untuk mendistribusikan musik mereka ke berbagai platform musik digital seperti Spotify, Apple Music, Amazon Music, Deezer, dan banyak lagi.

Mereka memiliki jaringan mitra distribusi yang luas untuk memastikan musik dapat diakses oleh pendengar di seluruh dunia.

EmuBands menggunakan model berbasis biaya tunggal, di mana artis membayar biaya upfront untuk setiap rilis musik mereka.

Setelah biaya tersebut terpenuhi, artis dapat mempertahankan 100% royalti yang mereka hasilkan dari penjualan dan streaming musik mereka.

Selain distribusi musik, EmuBands juga menawarkan layanan tambahan seperti pendaftaran hak cipta, pemindaian musik di YouTube, pemantauan penjualan fisik dan merchandise, serta bantuan dengan administrasi royalti dan pembayaran dari koleksi royalti.

EmuBands telah menjadi pilihan yang populer bagi artis independen yang ingin memperoleh akses ke pasar musik digital secara global.

Dengan model biaya tunggal dan kontrol penuh atas musik mereka, EmuBands membantu artis mengelola distribusi musik mereka dengan efisien, sambil memaksimalkan potensi pendapatan dari karya musik mereka.

Situs Web : emubands.com

9. Ditto Music – Sell Music Online & Keep 100%

Ditto Music adalah sebuah perusahaan distribusi musik digital

Ditto Music adalah sebuah perusahaan distribusi musik digital yang berdiri pada tahun 2005, pendirinya adalah Matt Parsons.

Perusahaan ini menyediakan layanan distribusi musik ke berbagai platform musik digital seperti Spotify, Apple Music, Amazon Music, Deezer, dan banyak lagi.

Selain distribusi musik, Ditto Music juga menawarkan layanan tambahan seperti pendaftaran hak cipta, promosi musik, penayangan video musik, dan bantuan dengan administrasi royalti dan pembayaran dari koleksi royalti.

Dengan model biaya tunggal dan kontrol penuh atas musik mereka, Ditto Music membantu artis mengelola distribusi musik mereka dengan efisien, sambil memaksimalkan potensi pendapatan dari karya musik mereka.

Situs Web : dittomusic.com

10. The Orchard – Music Distribution

The Orchard adalah sebuah perusahaan distribusi musik

The Orchard adalah sebuah perusahaan distribusi musik digital dan label rekaman yang berdiri pada tahun 1997.

Mereka adalah salah satu pemimpin dalam industri distribusi musik independen dan memiliki kemitraan dengan ribuan artis dan label rekaman di seluruh dunia.

The Orchard menyediakan layanan distribusi musik digital kepada artis independen dan label rekaman.

Mereka bekerja sama dengan berbagai platform musik digital seperti Spotify, Apple Music, Amazon Music, Deezer, dan banyak lagi untuk memastikan musik dapat pendengar akses di seluruh dunia.

The Orchard juga berfungsi sebagai label rekaman yang menandatangani dan merilis musik dari artis mereka sendiri.

Selain distribusi musik, The Orchard menawarkan layanan tambahan seperti pemasaran, promosi, dan pengelolaan hak cipta. Mereka memiliki tim yang berdedikasi untuk membantu artis memperoleh lebih banyak eksposur dan kesempatan promosi.

The Orchard memiliki jaringan luas dengan mitra distribusi di seluruh dunia. Mereka memiliki kehadiran global yang kuat dan dapat membantu artis memasarkan musik mereka ke pasar internasional.

The Orchard telah menjadi salah satu pemain utama dalam industri distribusi musik independen.

Dengan kombinasi distribusi musik digital, label rekaman, dan layanan tambahan, mereka membantu artis independen mengelola karier musik mereka dengan lebih efektif dan memaksimalkan potensi kesuksesan di pasar musik global.

Situs Web : theorchard.com

Baca juga : Industri Musik: 17 Contoh Bisnis Kreatif yang Bisa Kamu Coba


Warning: Attempt to read property "term_id" on bool in /home/tumz2839/public_html/wp-content/themes/flex-mag/functions.php on line 999
To Top