6 Jenis Makanan Yang Mampu Meningkatkan Produksi ASI

Menyusui bayi merupakan momentum yang sangat indah dan penting dalam kehidupan ibu dan bayi. Karena pentingnya, untuk itu seorang ibu harus tau berbagai makanan yang mampu untuk meningkatkan produksi ASI.

Dengan meningkatnya produksi ASI, ibu telah memberi kehidupan terbaik bagi bayi.

ASI eksklusif mampu membentuk kekebalan tubuh bayi dengan baik, sehingga mencegah berbagai penyakit menghampiri bayi anda.

ASI eksklusif juga mampu mendukung kemampuan bayi anda untuk tumbuh dan meningkatkan perkembangan fisik dan motorik bayi.

Bagi ibu, menyusui juga sangat bermanfaat karena bisa mencegah kanker payudara dan ovarium.

Proses menyusui juga merangsang produksi hormon oksitosin yang dapat membantu ikatan antara ibu dan bayi.

Agar bayi mendapatkan cukup cairan dan nutrisi dari ASI, ibu harus memenuhi asupan makanannya.

Ibu menyusui tidak harus melakukan perubahan jadwal makan atau jumlah gizi makanannya.

Kunci utama makanan ibu hamil harus mampu mencukupi kebutuhan nutrisinya, baik untuk ibu maupun untuk bayi.

Berikut adalah makanan yang mampu meningkatkan produksi ASI:

1. Bawang putih

Bawang putih memberikan aroma dan rasa yang lezat pada makanan

Beberapa penelitian menunjukkan jika bawang putih digunakan dalam makanan dapat meningkatkan jumlah produksi ASI.

Namun, meningkatnya permintaan ASI juga akan meningkatkan produksi ASI pula.

Dari semua jenis makanan yang mampu meningkatkan produksi ASI, bawang putih merupakan jenis makanan yang paling mudah dimasukkan dalam menu makanan.

Baca juga : Langkah-langkah Memberikan MPASI pada Bayi

2. Bayam

Sayuran hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, telebih untuk ibu hamil dan menyusui.

Tak hanya mengandung gizi yang tinggi, sayuran hijau bersidat mudah dicerna oleh tubuh.

Sayuran hijau seperti bayam memiliki kandungan vitamin B6, protein, thiamin, asam folat, kalsium, kalium dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Vitamin B6 yang terkandung dalam bayam akan membantu menyediakan persediaan produksi ASI.

Selain itu bayam merupakan sumber asam folat yang merupakan nutrisi penting untuk ibu menyusui.

3. Kacang-kacangan

Kacang sangat kaya akan vitamin E
Kacang sangat kaya akan vitamin E | Gambar oleh forwimuwi73 dari Pixabay

Kacang-kacangan merupakan sumber protein yang sehat dan dikenal untuk mendukung produksi ASI.

Bahkan di beberapa negara merupakan camilan wajib  yang sangat baik untuk ibu yang ingin meningkatkan pasokan susu. Almond dan kacang mete adalah kacang terbaik untuk anda yang sedang menyusui.

Anda juga dapat menambahkannya ke hidangan manis dan gurih ketika bosan mengkonsumsi kacangan-kacangan secara langsung setidaknya tidak membuat anda bosan.

Selain itu anda dapat memilih kacang kedelai atau olahan kacang kedelai yang membantu anda dalam menyediakan produksi ASI.

4. Ubi Jalar

Ubi dan makanan oranye atau merah lain seperti wortel dan bit kaya akan beta-karoten yang meningkatkan suplai susu.

Selain itu daun ubi jalar juga mampu meningkatkan produksi ASI.

Di dalam daun ubi jalar terkandung zat zat laktagogum yang dapat membantu anda dalam meningkatkan produksi ASI.

Selain itu ternyata daun ubi jalar mengandung karotenoid dan zat besi.

Anda yang ingin menggunakan daun ubi jalar kami sarankan untuk memilih yang tidak menggunakan pestisida, karena jika termakan akan mengganggu kesehatan bayi anda.

Baca juga : 9 Resiko Susu Formula yang Harus Anda Tahu

5. Daun katuk

daun katuk untuk meningkatkan produksi asi

Daun katuk memiliki kandungan laktagagum yang ternyata berhubungan dengan peningkatan produksi ASI, bahkan telah banyak ibu menyusui yang menggunakannya secara turun temurun.

Selain itu kandungan steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin yang baik untuk kesehatan anda adanya peningkatann kadar hormon dengan cara mengkonsumsi daun katuk yang tepat.

Anda dapat mengolah daun katuk dengan tepat agar gizinya tidak berkurang. Terlalu matang justru anda kehilangan nutrisi yang terkandung di dalam daun katuk.

6. Biji wijen hitam

Biji wijen hitam merupakan sumber kalsium yang sangat baik dan dapat membantu meningkatkan suplai susu.

Dalam wijen mengandung banyak nutrisi bermanfaat lainnya seperti tembaga.

Untuk anda yang ingin meningkatkan produksi asi dengan biji wijen, Anda juga bisa menggunakan dengan cara membuat masker.

Caranya ambil satu sendok biji wijen kemudian campurkan dengan satu ibu jari kencur yang kemudian Anda tumbuk.

Anda bisa mengoleskan di atas kelenjar susu sehingga memperbanyak ASI anda.

Baca juga : 9 Fakta Makanan Terlarang Ibu Menyusui

sumber: bidanku.com

Tinggalkan komentar