kewirausahaan, pendidikan, pernikahan, ibu hamil, teknologi informasi>

6 Alat Penyeduh Kopi Manual, Bisa untuk Buka Kedai

6 Alat Penyeduh Kopi Manual, Bisa untuk Buka Kedai
Alat penyeduh kopi manual brew/Wikipedia

Alat penyeduh kopi sangat menentukan nikmat kopi. Tidak asal tuang, karena setiap cangkir kopi memiliki prosesnya sendiri-sendiri, tergantung alat penyeduh yang digunakan. Sebab, tidak seperti zaman dulu, kini minum kopi bukanlah sekadar rutinitas. Ngopi telah menjadi bagian dari gaya hidup.

Salah satu metode menyeduh kopi adalah manual brewing atau menyeduh secara manual,  tidak mengandalkan mesin. Hasilnya lebih tergantung dari tangan si peracik. Alat kopi manual banyak digunakan untuk meracik kopi di kedai, warung kopi ataupun kafe. Harganya pun tidak semahal mesin penyeduh kopi.

Berikut ini rekomendasi alat penyeduh kopi manual brew yang bisa digunakan di rumah, atau bahkan untuk membuka usaha kopi:

 

Penyeduh Kopi V60

6 Alat Seduh Kopi Manual, Bisa untuk Buka Kedai
Alat penyeduh kopi V60/pinterest

Disebut V60 karena drip atau cangkir penyeduh kopi ini berbentuk huruf “V” dan memiliki sudut 60 derajad. V60 adalah salah satu cara meyeduh kopi dengan metode pour over. Alat ini terbuat dari plastik, kaca, keramik, dan stainless.

Bentuknya mirip cangkir, di bagian bawah terdapat lubang kecil, sedangkan bagian sisi dalam tedapat motif spiral sebagai jalan aliran air turun. Untuk menggunakan alat penyeduh kopi ini, kalian membutuhkan paper filter atau kertas saring. Lubang V60 berguna untuk mengontrol waktu ekstraksi antara kopi dan air. Hasil seduhan  terasa lebih ringan, jernih, dan cita rasa kompleks.

Tidak hanya di kedai atau kafe, banyak penggemar kopi juga menggunakan alat penyeduh kopi ini di rumah.

Vietnam Drip

6 Alat Penyeduh Kopi Manual, Bisa untuk Buka Kedai
Alay penyeduh kopi Vietnam Drip/pinterest

Vietnam Drip adalah alat seduh kopi asal Vietnam. Cangkir ini memiliki empat bagian, yaitu tatakan di bagian bawah sebaligus penyaring, cangkir untuk tempat bubuk kopi, tutup saringan sebagai tampler sekaligus untuk menuangkan air, dan tutup cangkir di bagian atas.

Bubuk kopi disiram air panas, kemudian kopi akan menetes perlahan lewat filter atau penyaring masuk ke dalam cangkir atau gelas yang diletakkan di bawah tatakan. Sangat sederhana sehingga kalian bisa melakukannya dengan mudah di rumah.

Penyeduh Kopi AeroPress

6 Alat Penyeduh Kopi Manual, Bisa untuk Buka Kedai
AeroPress/majalahotten

AeroPress adalah salah satu teknik seduh kopi secara manual. Sesuai namanya, alat ini memanfaatkan tekanan udara untuk menghasilkan ekstraksi seduhan kopi. Proses penyeduhan kopi ini sangat singkat hanya membutuhkan waktu sekitar satu menit.

Metode penyeduhan AeroPress mirip Vietnam Drip hanya saja jika Vietnam Drip bergantung pada gaya gravitasi, maka AeroPress menggunakan tekanan udara. Hasil seduhan AeroPress terasa lebih kuat.

French Press

6 Alat Penyeduh Kopi Manual, Bisa untuk Buka Kedai
French Press/pinterest

French Press berbentuk pot silinder dilengkapi dengan pompa mini atau plunger dan saringan. Pompa ini digunakan untuk menekan air panas hingga menembus bubuk kopi di bawahnya. Menyeduh kopi dengan french press menghasilkan seduhan mirip kopi tubruk, tapi tanpa ampas.

 

ROK Presso

6 Alat seduh Kopi Manual, Bisa untuk Buka Kedai
Rok Presso/pinterest

Rok Presso merupakan salah satu alat manual brew untuk membuat espresso. Alat ini memiliki dua “sayap” di sisi kanan dan kiri yang berguna untuk menekan, portafilter atau tempat bubuk kopi, tabung air panas, dan tamper untuk memadatkan kopi. Meski manual, namun rok presso mampu menghasilkan espresso yang tidak kalah dengan mesin espresso otomatis.

 

Penyeduh Kopi Moka Pot

6 Alat seduh Kopi Manual, Bisa untuk Buka Kedai
Moka Pot/pinterest

Penggunaan Moka Pot ini sangat mudah dan sederhana. Namun, kalian harus membutuhkan kompor untuk menggunakannya. Moka Pot terdiri dari tiga bagian, yaitu  kontainer di bagian bawah, wadah kopi di tengah, dan kontainer penampung kopi seduhan di bagian atas.

Isi kontainer bawah dengan air kemudian panaskan di atas kompor. Air mendidih akan menguarkan tekanan uap yang menekan bubuk kopi di bagian tengah kontainer, selanjutnya seduhan kopi naik ke kontainer atas. Moka Pot akan menghasilkan seduhan kopi yang strong mirip espresso.

 

Nunggu Tresna – Yeyen Tuminem (Official Video Music)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*