5 Lukisan Termahal Karya Salvador Dali, Asli Bikin Ngiler

oleh
Lukisan Termahal Karya Salvador Dali
The Persistence of Memory

Salvador Dali memiliki nama lengkap Salvador Felip Jacint Dalí Domènech. Ia lahir pada tangga; 11 Mei 1904 lalu di kota Figueres, Empordà, Catalonia, Spanyol.

Ia dikenal karena karya-karya seni surrealisme yang unik dan berpengaruh di blantika seni lukis dunia.

Salah satu lukisan terkenalnya adalah “The Persistence of Memory” (1931), yang orang juga mengenalnya dengan sebutan “Soft Watches” atau “Melting Clocks”.

Lukisan ini menampilkan lanskap yang surreal dengan jam tangan yang melengkung dan leleh di tengahnya.

Salvador Dalí juga menciptakan banyak karya seni lainnya yang memadukan elemen-elemen yang tidak biasa dan imajinatif.

Beberapa contoh lainnya termasuk “The Elephants” (1948), yang menggambarkan gajah-gajah panjang kaki dengan kaki-kaki yang sangat tipis, dan “The Temptation of St. Anthony” (1946), yang menggambarkan penglihatan halusinasi dari Santo Antonius.

Karya-karya Dalí sering kali memiliki elemen-elemen onirik, seperti perubahan bentuk, penggabungan objek yang tidak biasa, dan representasi visual yang aneh.

Ia sering menggunakan teknik lukisan realis yang terperinci untuk menciptakan detail yang presisi, namun menggabungkannya dengan elemen-elemen fantasi yang tidak mungkin.

Selain populer sebagai pelukis beraliran Surialisme yang banyak dipengaruhi oleh karya-karya Renaissance, Salvador Dali juga aktif dalam aktivitas seni visual lainnya seperti film, patung dan fotografi.

Ia terus bereksperimen dengan gaya dan teknik selama sepanjang kariernya, menciptakan karya-karya yang mengejutkan, kontroversial, dan menginspirasi.

Sebagai seniman yang terbuka, Dali menghasilkan banyak karya hasil kolaborasi dengan seniman lain.

Raja Juan Carlos memberikan gelar Marqués de Dalí de Púbol (Marquis of Dalí de Púbol) pada tahun 1982.

Dalí kemudian memberi raja sebuah gambar (Head of Europa, yang ternyata menjadi gambar terakhir Dalí) setelah raja mengunjunginya di ranjang kematiannya.

Sebagai salah satu pelukis aliran surialisme paling populer di dunia, lukisan Dali tentu juga memiliki harga yang cukup fantastis.

Baca juga: 10 Pelukis Terkenal Dunia yang Perlu Anda Tahu

Berikut 7 lukisan termahal karyanya :

5. Night Specter on the Beach – $5.68 Million

Salvador Dalí, Fundació Gala-Salvador Dalí, Figueres, 2007

Ini adalah salah satu lukisan pemandangan misterius karya Salvador Dali, Night Specter on the Beach, atau Spectre du soir sur la plage, dilukis pada tahun 1935 dan merupakan salah satu karya terbaik Surrealistik yang dimiliki Dali.

Dalam lukisan tersebut, banyak orang yang menduga bahwa pantai yang dilukis terletak di Rosas, Costa Bravas, salah satu pantai yang sering dikunjungi Dali saat masih kecil.

Menampilkan sosok-sosok yang jauh di bawah langit misterius yang ditutupi oleh awan kuning berkilauan, dan seorang pria di latar depan yang memandang ke kejauhan.

Night Specter on the Beach dijual oleh Sotheby’s pada tahun 2010 di New York dengan harga $5,68 juta, ini menjadi lukisan Dali yang paling mahal yang pernah terjual dalam lelang Amerika.

4. Study for ‘Honey is Sweeter than Blood’ – $6.8 Million

Salvador Dalí, Fundació Gala-Salvador Dalí, Figueres, 2004

Etude pour ‘Le miel est plus doux que le sang’, atau Study for ‘Honey is Sweeter than Blood’ dalam bahasa Inggris adalah lukisan surealis pertama Salvador Dali yang dilukis pada tahun 1927.

Di latar belakang pemandangan pantai tergeletak keledai yang membusuk, kuda yang dipenggal, kepala yang tertidur, dada yang melayang, dan jarum.

lukisan ini dibuat Dali ketika berusia 23 tahun, dan lukisan ini menjadi salah satu karya yang pada tahun 2011, dijual oleh galeri Christie’s di London seharga $6,8 juta.

3. Enigmatic Elements in a Landscape (1934) – $11 Million

Enigmatic Elements in a Landscape

Dali memiliki banyak sekali karya lukisan, dan ini menjadi sangat wajar ketika tidak semua lukisannya populer.

Namun, semua orang terkejut ketika salah satu lukisan Enigmatic Elements in a Landscape ini terjual seharga $11 juta pada tahun 2011.

Lukisan ini dibuat pada tahun 1934 di Paris, Salvador dali melukisnya dengan menggunakan teknik cat minyak di atas panel.

Seperti yang menjadi ciri khas Dali lainnya, lukisan ini sangat Surrealistik di mana banyak elemen misterius saling terkait di bawah langit yang mempesona.

Di jalanan lebar Port Lligat, pemirsa dapat melihat Jan Vermeer, salah satu idola Dali, sedang bekerja di atas kanvasnya.

Di depannya terdapat menara dan pohon cemara yang umumnya ada di pedesaan Spanyol tempat sang seniman tumbuh dewasa.

Dalam lukisan juga tampak sosok misterius yang terbungkus kain semakin menambahkan keanehan lukisan ini.

Warna hijau absinthe yang menyelubungi pemandangan mimpi adalah salah satu warna favorit pelukis ini.

Enigmatic Elements in a Landscape dibeli oleh Fundacio Gala Salvador Dali dan sekarang dapat dinikmati di Dali Theater-Museum in Figueras.

2. Printemps Necrophilique – $16.3 Million

Printemps Necrophilique

Pemandangan gurun yang tandus dan sepi, inilah jenis lanskap yang sering dipilih Salvador Dali dalam karya-karyanya.

Lukisan Printemps necrophilique, atau Necrophiliac springtime, dibuat pada tahun 1936, menggambarkan seorang pria yang duduk dan seorang wanita berkepala bunga dipisahkan oleh sebuah pohon cemara.

Wanita tersebut menghadap pemirsa, sementara pria tersebut menatap ke pemandangan gurun yang luas dan berdebu.

Tampak dalam lukisan, gurun secara perlahan memudar dari hyperrealistik menjadi halusinasi.

Lukisan ini pada awalnya dimiliki oleh perancang busana dan teman dekat Dali, Elsa Schiaparelli.

Karya ini akhirnya dilelang pada tahun 2012 di London, dan terjual oleh Sotheby’s seharga $16,3 juta.

1. Portrait de Paul Eluard – $22.4 Million

Portrait De Paul Eluard

Pada bulan April 1929, saat syuting Andalusian Dog di Paris, Salvador Dali bertemu dengan salah satu penyair Surrealis Paul Eluard. Dalampertemuan tersebut keduanya langsung klik.

Eluard terkesan dengan lukisan-lukisan dan visi Dali, sedangkan Dali kagum dengan keanggunan dan kemudahan Eluard dalam bergaul dengan wanita.

Portrait de Paul Eluard menunjukkan rasa kagum di antara kedua pria tersebut, di mana sang penyair dikelilingi oleh elemen-elemen gambaran Dali.

Karya ini dilukis pada musim panas tahun 1929, Portrait de Paul Eluard dijual oleh Sotheby’s pada tahun 2011 dalam lelang di London.

Harganya? Sebesar $22,4 juta.

Lukisan tersebut menjadi lukisan Dali yang paling mahal yang pernah terjual hingga saat ini, dan juga karya seni Surrealis paling mahal yang pernah terjual.

Baca juga :30 Lukisan Surealisme: Pelukis Indonesia dan Luar Negeri

 Mona Lisa, Warisan Abadi Lukisan Leonardo da Vinci

Tentang Penulis: Joko Narimo

Gambar Gravatar
Blogger kambuhan yang juga aktif mengelola perpustakaan Tumpi Readhouse, pernah sekolah seni dan desain, kadang menjadi pegiat fotografi dan film komunitas.

No More Posts Available.

No more pages to load.